Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh Teks Ceramah Tentang Tempat Prakerin atau PKL


Teks ceramah biasanya digunakan untuk menyampaikan suatu informasi yang kita miliki. Biasanya informasi yang digunakan bahan untuk teks ceramah dari kegiatan-kegiatan yang memberikan pengalaman dan manfaat yang luar biasa.

Misalnya saja teks ceramah mengenai kegiatan selama PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Yang diceritakan mengenai informasi kegiatan selama berada di tempat pkl. Nah kali ini kami akan sajikan teks ceramah yang tentang tempat PKL.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Puji syukur, marilah kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. Yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat pada kita semua, sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini kita masih diberi kenikmatan untuk berkumpul dengan keadaan sehat tak kurang apapun.

Selawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan pada junjungan kita Nabi agung Muhammad Saw. Yang telah membawa kita semua dari zaman jahiliah menuju ke zaman Islamiyyah seperti sekarang ini.

Bapak, Ibu yang saya hormati. Saya akan menyampaikan sedikit mengenai kegiatan prakerin di LPPI (Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam) Universitas Muhamadiyah Purwokerto. LPPI sendiri merupakan lembaga profesional yang mampu memberdayakan dan menyelenggarakan pengkajian, pengajaran Islam dan kemuhammadiyahan di lingkup Universitas Muhamadiyah Purwokerto dan masyarakat sekitar. Kantor LPPI berada di gedung J lantai dua.

Sebagai lembaga, tentu terdapat kegiatan administrasi di dalamnya. Salah satu contohnya adalah adanya surat menyurat ataupun kegiatan penyusunan dokumen.

Surat menyurat biasanya dilakukan ketika ada mahasiswa yang membutuhkan untuk administrasi lain ataupun untuk kegiatan dari LPPI. Sedangkan penyusunan dokumen lebih ke melayani mahasiswa yang ada keperluan, seperti legalisir sertifikat, penyusunan berkas keperluan dosen ataupun lembaga.

Selain membantu keperluan administrasi, kami juga ditugasi untuk membantu mengelola perpustakaan LPPI. Perpustakaan ini terletak di Gedung J lantai satu. Kami ikut membantu melayani peminjaman, merawat buku, dan menjaga buku. Perawatan dan menjaga buku, kami lakukan dengan cara membersihkan koleksi setiap hari dan memberi sampul bagi buku yang belum tersampul.

Jam kerja untuk siswa/ siswi PKL pada hari Senin sampai Kamis mulai pukul 07:00-1400 WIB. Sedangkan pada hari Jum’at kami berangkat pukul 07:00 dan pulang pukul 11:00 WIB. Dan hari Sabtu berangkat pukul 07:00-13:30. Kami menjalani hari-hari dengan menyenangkan. Tak lupa ketika waktu Dzuhur tiba, kami ikut salat di masjid K.H. Ahmad Dahlan UMP.

Suasana islami begitu terpancar di tempat PKL kami, terlebih banyak sekali dosen-dosen yang notabenenya adalah ustadz. Setiap hari senantiasa berbincang dan dengan bernafaskan Islam. Kami memandang pemandangan demikian begitu sejuk, tak pernah merasa setenag ini di tempat lain.

Banyak hal yang bisa kami dapat dari kegiatan PKL ini. Diantaranya kami belajar mengenai dunia kerja yang sesungguhnya, bahwa bekerja tak seindah apa yang dibayangkan. Banyak tekanan dan tuntutan yang harus diselesaikan tepat waktu. Tetapi kami mampu membuktikan pada semua orang bahwa kami mampu menjalankan tugas dengan baik, cepat dan tanggap.

Hal yang paling berkesan adalah ketika waktu salat tiba. Semua dosen atau pegawai LPPI meninggalkan pekerjaannya dan bergegas menuju masjid. Hal ini yang perlu kami contoh, bahwa salat jauh lebih penting dari pada pekerjaan yang sifatnya duniawi.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan. Saya mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan baik tindak tanduk saya maupun ucapan saya.

wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Demikianlah teks ceramah tentang gambaran tempat PKL. Semoga memberikan manfaat dan menambah edukasi buat kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung. 

Post a Comment for "Contoh Teks Ceramah Tentang Tempat Prakerin atau PKL"