Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Orang Tua Harus Tau, Inilah 5 Manfaat Menggambar Bagi Anak!


 Menggambar merupakan kegiatan yang bersifat kreatif. Proses kreatif ini melahirkan sebuah karya berupa seni dua dimensi (dalam bentuk gambar). Saya rasa semua orang suka menggambar ya, tetapi untuk mahir menggambar sangatlah susah. Dibutuhkan waktu yang lama untuk melatih keterampilan ini.

Banyak yang bilang kalau kemampuan menggambar merupakan bakat dari lahir. Menurut saya ini salah kaprah. Kenapa? Karena saya rasa semua orang juga dapat menggambar dengan bagus. Yang membedakan dengan yang punya bakat adalah mereka menggambar dengan hati yang ceria. Kinerja otak kanan begitu mendukung sehingga kebanyakan orang menganggap itu bakat alami.

Yah terlepas dari hal itu, kegiatan menggambar merupakan kegiatan yang mengasyikan sob. Kita bisa berkreasi semau kita tanpa ada yang melarang. Kegiatan ini juga memberikan banyak manfaat untuk anak-anak yang berada di fase pertumbuhan. Terkadang orang tua lebih senang melihat anaknya diam dengan gadget. Mulai sekarang cobalah mengajak anak dengan kegiatan yang lebih melatih psikomotor mereka.


Berikut ini saya akan paparkan beberapa manfaat yang akan didapat anak dari proses menggambar.

1. Meningkatkan kinerja otak kanan

otak kanan lebih berperan untuk proses intuitif dan visual. Semua imajinasi dan proses kreatif dipengaruhi oleh otak kanan. Jadi ketika seorang anak menggambar dengan kreatif maka otak kanan akan bekerja lebih dominan dibandingkan dengan otak kiri.

Sebenarnya tidak hanya kegiatan menggambar saja yang mempengaruhi kinerja otak kanan. Banyak kegiatan lain seperti bermain musik, menari, dan lain sebagainya.

2. Imajinasi terbentuk dengan baik.

Kegiatan menggambar memang memerlukan imajinasi yang lebih. Melalui imajinasinya, seorang anak dapat menuangkannya melalui gambar. Yah, kalau kalian melihat anak kalian mempunyai imajinasi yang tinggi, sebaiknya tingkatkan lagi dengan cara melatihnya.

3. Meningkatkan Psikomotorik anak

Semua kegiatan kreatif pasti akan melatih psikomotor anak. Hal ini tentu sangat baik sebagai bekal anak untuk lebih aktif. Ketika si anak beranjak dewasa juga ia akan lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya.

4. Bisa ditekuni sebagai hobi yang menghasilkan

Nah untuk yang point ke empat ini, saya rasa sangat diidamkan oleh semua orang di dunia. Tidak bohong lah ya semua orang butuh duit Hehe. Jika seorang anak sudah terlihat kemahirannya dalam menggambar, sebaiknya asah terus skilnya. Jadikan menggambar sebagai hobi. Jika sudah bisa membuat karya yang bagus kan bisa dijual. Harga untuk satu karya sketsa hitam putih bisa mencapai 200 ribu loh. Bahkan jika sudah profesional bisa dibanderol dengan harga jutaan. Cukup lumayan bukan?

5. Hati menjadi senang.

Pada dasarnya seni merupakan kegiatan yang menyenangkan. Semua unsur melebur menjadi satu. Hal ini juga bisa kita rasakan ketika menggambar. Ada perasaan senang, suka, lelah, harus fokus, dan lain sebagainya. Apalagi memainkan kinerja otak kanan yang notabenenya memang lebih bekerja aktif ketika melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Itulah beberapa manfaat dari menggambar sob, buat kalian yang sudah punya anak atau punya adek bisa tuh diajal menggambar. Banyak manfaat dan menjauhkan dari ketergantungan gadget. Sehingga masa depan anak bisa terjaga. Oke sobat ku, sekian dulu. Terima kasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Orang Tua Harus Tau, Inilah 5 Manfaat Menggambar Bagi Anak! "