Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Ingin memelihara Kucing Ras? Simak Dulu Nih Perbedaan Kucing Anggora dengan Persia Agar Kamu Tidak Tertipu!


Kucing jenis Anggora dan Persia sangatlah populer di Indonesia. Banyak masyarakat yang memelihara untuk dijadikan teman bermain ataupun sekedar hobi.

Kedua jenis ini tentu berbeda ya, namun sayangnya di Indonesia khususnya untuk orang awam banyak yang menyederhanakan ras kucing. Banyak yang menyebutkan jika bulunya lebat dan panjang berarti jenis Anggora. Hal ini sangat salah kaprah, karena silsilah dari keduanya sangat berbeda.

Perbedaan Ras Kucing Anggora vs Persia

Ras Kucing atau dalam bahasa keseharian kita disebut dengan jenis, dapat kita ketahui dengan melihat beberapa ciri-ciri yang muncul pada anggota tubuh kucing.

Contohnya saja kucing hutan, ia memiliki ciri totol-totol disekujur tubuhnya. Badannya juga ramping dan lebih lincah.

Nah, bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membedakan kucing anggora dengan persia, kami berikan ulasannya berikut ini.

1. Bentuk Wajah

Persia : Wajah bulat, hidung pesek. Jika dilihat dari samping maka dahi, hidung, dan dagu tampak datar.
Anggora : Memiliki wajah berbentuk segitiga, mirip kucing domestik. Hidung mancung, telinga runcing memanjang, kadang terdapat bulu memanjang di ujung telinga.

2. Bentuk Tubuh

Persia : Tubuh pendek, kaki pendek, terlihat bulat dan gendut karena bulunya yang tebal.
Anggora : Tubuh langsing ideal, tinggi dan memanjang, tidak terlalu berotot.

3. Bulu

Persia : Bulu tebal dan panjang, merata di seluruh tubuh dan terlihat mewah.
Anggora : Memiliki bulu yang tebal dan panjang (walau biasanya tidak setebal Persian), terutama pada bagian surai dan ekor.

4. Bentuk kaki

Persia : Kaki kucing Persia pendek, maka terkesan lucu saat berjalan.
Anggora : Memiliki kaki yang lebih panjang, ideal dengan bentuk tubuhnya dana kalau berjalan terlihat anggun seperti model catwalk.

5. Ekor

Persia : Bulu ekor lebat, sama panjang dengan bulu pada bagian tubuh yang lain.
Anggora : Anggora memiliki bulu ekor yang lebih panjang daripada bulu di bagian tubuh yang lain, mirip dengan ekor musang.

6. Karakter

Persia : Kucing Persia cenderung kurang aktif, kalem atau malas bergerak. Penurut dan lebih manja.

Anggora : Kucing Anggora lebih aktif, senang bermain, mudah dilatih dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mudah beradaptasi dan ramah dengan hewan lain atau manusia.

7. Pedigree

Persia : Kucing ras Persia mudah ditemukan di petshop atau dari tempat peternakan kucing. Keturunan kucing Persia yang dikawinkan dengan kucing lokal juga mulai banyak tersebar di perumahan penduduk, terutama di kota-kota besar.

Anggora : Kucing Anggora asli sulit ditemukan karena kebijakan pemerintah Turki melarang ekspor Anggora demi menjaga keasliannya. Jika pun kita menemukannya, kemungkinan besar adalah Anggora hasil kawin campur.

8. Harga

Persia : Harga kucing Persia ras murni mulai 8 jutaan.

Anggora : Kucing Anggora lebih mahal dari Persia, di negara asalnya harganya minimal 12 juta. Kalau di Indonesia jelas lebih mahal, mungkin bisa dua atau tiga kali lipatnya karena breedernya tidak sebanyak Persian.

Kucing Persia dan Anggora yang dijual di luar breeder atau cattery bersertifikat, kemungkinan besar sudah dimix dengan ras lain, sehingga harganya jauh lebih murah.
Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Ingin memelihara Kucing Ras? Simak Dulu Nih Perbedaan Kucing Anggora dengan Persia Agar Kamu Tidak Tertipu!"