Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Dentuman Misterius Dari Gunung Anak Krakatau? Waspada!! Beberapa Gunung Api Ini Mulai Aktif Kembali



Bencana Corona belum usai, kini Indonesia dihantui oleh ancaman beberapa gunung berapi yang mulai aktif kembali. Sebelumnya beberapa minggu yang lalu, gunung Merapi dan gunung Selamet yang ada di Jawa tengah mengalami erupsi setelah beberapa tahun silam ‘tertidur'. Hal ini tentu membuat geger masyarakat lantaran wabah Corona yang menimpa dunia saat ini belum juga usai. Sekarang Indonesia dibayang-bayangi bom waktu berupa letusan gunung berapi yang dapat terjadi kapan saja.


Dari tampilan MagmaIndonesia, terlihat bahwa beberapa gunung berapi Indonesia aktif dan berstatus waspada atau level II. Gunung-gunung berapi tersebut yakni Gunung Anak Krakatau, Gunung Kerinci (Sumbar), Gunung Merapi (Jawa Tengah), Gunung Semeru (Jawa Timur), Gunung Ibu dan Gunung Dukono di Maluku Utara.

Sebelumnya pada Jumat 10 April 2020, terjadi dentuman keras yang terdengar di berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, dan di daerah lainnya. Netizen menganggap bahwa dentuman keras ini adalah suara dari ledakan dari Anak Krakatau. Tetapi menurut Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan membantah jika dentuman keras tersebut berasal dari letusan dari gunung anak Krakatau.

“Bukan dari Gunung Anak Krakatau, karena seharusnya miskin akan gas dan dan pada jarak 2km seharusnya berdesis atau gemuruh kecil,” Ujarnya.

Ia juga berpendapat bahwa dentuman yang terjadi pada Sabtu dini hari tadi bukan berasal dari Gunung Anak Krakatau. Sebab, dari pos pantau juga tidak terdengar adanya suara yang muncul dari erupsi tersebut.

"Letusannya itu kecil. Jadi bayangkan, kalau letusan kecil, dari pos enggak kedengaran, bisa kedengaran sampai Depok-Bogor enggak? Ini cuma sekitar 500 meter letusannya," kata Hendra.

Media-media Indonesia juga sedang menelusuri lebih lanjut mengenai dentuman keras yang terjadi di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Semoga saja bukan menjadi hal buruk karena wabah juga belum usai.


Sumber Referensi: Viva.co.id dan Kumparan.co

Post a Comment for "Dentuman Misterius Dari Gunung Anak Krakatau? Waspada!! Beberapa Gunung Api Ini Mulai Aktif Kembali"