Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Cara Bergurah Menggunakan Daun Sirih Merah Dengan Mudah



Bergurah
Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar kata bergurah? Suara jadi bagus? Suara jadi keren? Yap itu hanyalah secuil dari manfaat bergurah. Gurah adalah cara pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan menggunakan ramuan herbal. Lendir yang terdapat di saluran pernapasan dan tenggorokan akan terangkat keluar. Tentu hal ini sangat baik bagi kesehatan sob, karena kita tidak mudah terserang flu.

Manfaat Bergurah
Bergurah memiliki berbagai manfaat untuk kita, diantaranya adalah:

1. Membuat suara lebih merdu
Terapi gurah telah banyak dirasakan manfaatnya oleh para penyanyi dan qari. Hal ini dikarenakan manfaat gurah dapat membuat suara menjadi lebih merdu karena dahak dan lendir yang mengganggu sudah banyak terbuang.

2. Menjernihkan suara
Manfaat gurah juga dapat membuat suara menjadi lebih jernih. Selain jernih, suara Anda juga akan semakin nyaring dan lantang. Jangan heran jika para penceramah, reporter, guru, atau pembawa acara banyak yang melakukan terapi gurah.

3. Memperpanjang napas
Ramuan dari tanaman sirgunggu yang dapat mengeluarkan dahak dan lendir berdampak positif terhadap volume paru-paru. Volume paru-paru menjadi lebih banyak sehingga membuat napas lebih panjang.

4. Mencegah dan mengobati berbagai penyakit
Gurah juga memiliki manfaat kesehatan karena manfaat gurah bisa mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit. Beberapa penyakit yang bisa dicegah dan diobati adalah sinusitis, asma, sesak napas, sakit kepala, migrain, batuk berkepanjangan, alergi, flu, dan beberapa gangguan pernapasan lainnya.

Bagian-bagian Yang Dapat Digurah
Ada beberapa bagian tubuh yang dapat digurah, tetapi karena fokus kita ke bagian pernapasan maka akan saya bagi menjadi dua:

1. Gurah hidung
Dilakukan dengan cara meneteskan langsung ramuan gurah ke lubang hidung lalu pasien diminta tengkurap agar lendir kotor mengalir keluar. Jenis ini paling efektif dilakukan untuk membersihkan saluran napas termasuk untuk mengatasi gejala asma.

2. Gurah mulut
Untuk membersihkan lendir dan dahak di sekitar pita suara, ramuan gurah juga bisa diteteskan lewat mulut. Cara ini sama ampuhnya dengan gurah hidung karena di sekitar pangkal lidah terdapat percabangan antara saluran pernapasan dengan saluran pencernaan.

Umumnya bergurah dilakukan dengan dampingan ahli agar dapat maksimal. Tapi tenang, untuk kalian yang kebingungan mencari ahli gurah di tempat kalian, sekarang kalian dapat mencobanya sendiri di rumah. Kalian dapat mencoba bergurah menggunakan air rebusan Daun Sirih Merah. Tanaman ini dikenal karena memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan merupakan salah satu tanaman herbal atau tanaman obat.



Bahan-bahan Untuk Bergurah
1.  sepuluh lembar daun sirih merah
2.  Siapkan juga air putih (mentah) satu liter

Cara Pembuatan Ramuan
1. Masukkan daun sirih ke dalam air
2. Remas daun sirih sampai air berubah warna menjadi kehijauan
3. Jika air sudah menjadi hijau, langsung rebus hingga airnya agak berkurang (jika tadi airnya 1 liter, maka setelah direbus airnya akan sedikit menyusut)
4. Saring air rebusan daun sirih ke dalam gelas / mangkuk.

Cara bergurah
1. Berbaring menghadap ke atas (telentang)
2. Kemudian perlahan-lahan, masukkan ramuan gurah ke hidung secara perlahan-lahan menggunakan sendok.
3. Tahan sebentar, lalu tengkurap untuk mengeluarkan kotorannya (lendir dan lain sebagainya)
4. Paksa lendir lendir
5. Ulangi sampai beberapa kali agar lendir yang ada di jalur pernapasan keluar secara total.
6. Untuk bergurah bagian tenggorokan, kalian dapat mencobanya dengan berkumur tetapi agak dimasukkan ke bagian tenggorokan.
7. Setelah itu paksa keluar seluruh lendir
8. Dan ulangi lagi sampai beberapa kali.

Nah itulah tadi cara bergurah dengan Segudang manfaat bagi kesehatan. Semoga menambah pengetahuan kalian dan semoga bisa bermanfaat ya. Kami mohon maaf jika ada kesalahan. Jika ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan, kalian bisa tanyakan lewat kolom komentar.

Sumber Referensi: Channel YouTube Semangat Lima Zaman

Post a Comment for "Cara Bergurah Menggunakan Daun Sirih Merah Dengan Mudah"