Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Grogi Berbicara di Depan Orang Banyak? Simak Nih Beberapa Tips Jitu Mengatasi Grogi Saat Berbicara di Depan Orang Banyak!


Hai sobat semua, kali ini saya akan bagikan tips agar kalian dapat berbicara dengan lancar tanpa mengalami grogi. Yap, semua orang pasti pernah mengalami grogi ketika berada di depan orang banyak ya. Namun kali ini saya akan bahas agar grogi kalian tidak menghantui ketika kalian perform di depan orang banyak.

Oh iya, kalian ga perlu minder atau kecewa dengan dirimu sendiri sob, kalian ga sendirian. Nih orang sekelas Bill Gastes juga dulu pernah mengalami grogi ketika pertama kali berbicara di depan orang banyak. Yap, dia dapat berbicara dengan lancar dan menarik karena sering melakukannya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kalian praktikkan ketika pertama kali berbicara di depan orang banyak untuk agar tidak merasa grogi.

1. Atur pernafasan sebelum berbicara

Ketika kamu berada di depan orang banyak, kamu tidak dapat membohongi dirimu bahwa yang ada di depanmu adalah batu. Mungkin guru atau orang tua kita dulu pernah bilang bahwa ketika berada di depan, anggaplah audien hanya sebuah batu. Hal ini sangatlah tidak logis dan sangat aneh jika diterapkan. Ketika kamu menganggap audien adalah batu, sama saja kamu berbicara dengan tembok.

Kamu harus sadar bahwa kamu sekarang ada di depan orang banyak. Pertama-tama jangan langsung berbicara, tetapi atur pernafasan terlebih dahulu. Hal ini agar kamu dapat tenang. Dan fokus atau konsentrasi kamu akan terjaga. Usahakan ulangi beberapa kali, ambil nafas lewat hidung dan keluarkan lewat mulut.

2. Fokus pada kondisi di sini dan saat ini

Sebelum mengungkapkan apa yang ingin kalian ucapkan, baiknya fokus dengan kondisi saat ini dan di sini. Kalian harus sadar bahwa sekarang berada di depan untuk menyampaikan pikiran kalian.

Kenali lingkunganmu. Fokus pada Benda yang dapat kamu rasa. Fokus pada Benda yang dapat kamu cium baunya. Fokus pada Benda yang dapat kamu dengar. Fokus pada Benda yang dapat kamu sentuh. Hal ini untuk memudahkan adaptasi tubuhmu dengan kondisi dan lingkungan saat ini. Ketika panggung sudah dapat dikuasai maka selanjutnya adalah mulai berbicara.

3. Mulailah berbicara dengan tegas

Nah ketika kalian mulai berbicara, sebaiknya langsung yang tegas. Tunjukan bahwa dirimu ini punya kualitas. Awal ucapan akan sangat berpengaruh pada pertengahan dan ujung ucapan. Ketika kamu memulai pembicaraan dengan nada tegas, maka seterusnya kamu akan tegas hingga akhir. Beda lagi jika kalian ragu-ragu memulainya dengan lembek, hal ini justru akan semakin menurunkan kepercayaan dirimu untuk berbicara.

4. Tatap mata audien secara bergantian

Nah ketika kalian sudah berani berbicara dengan tegas, selanjutnya untuk menatap mata audien. Pertama rasanya memang tidak enak, tapi setelah beberapa detik juga kita akan menikmati panggung. Menatap mata audien jangan hanya satu arah, tetapi dari ujung, ke depan, tengah, pojok kanan, kiri, dan ujung lagi. Hal ini agar audien merasa dihargai keberadaannya. Dan audien juga akan menilai bahwa dirimu jauh lebih berwibawa.

Oke itulah sekilas tips dari saya untuk kalian yang baru memulai berbicara di depan umum. Semoga membantu kegalauan kalian dan menginspirasi kalian sobat. Hal semacam ini akan membantumu lebih cepat beradaptasi dan berbicara di depan umum sob. Kalian hanya perlu latihan dua kali tiga kali juga pasti langsung bisa. Karena saya juga sudah mengalami sendiri.

Post a Comment for "Grogi Berbicara di Depan Orang Banyak? Simak Nih Beberapa Tips Jitu Mengatasi Grogi Saat Berbicara di Depan Orang Banyak!"