Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Tips Berbuka Puasa Agar Tubuh Selalu Sehat Dan Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Tips Berbuka Puasa

Berbuka puasa menjadi waktu yang paling dinanti oleh umat islam yang menjalankan ibadah puasa. Berbuka menjadi sangat spesial karena banyak makanan dan minuman bisa kita santap bersama keluarga. Berbeda dengan waktu-waktu biasa yang terkadang jarang ada moment untuk makan bersama dengan keluarga karena kesibukan masing-masing.

Ketika berbuka puasa, seringkali kita melahap semua hidangan yang ada tanpa menghiraukan kebutuhan nutrisi tubuh. Hal ini memang wajar karena perut sudah merasa lapar dan nafsu makan juga naik.
Hal inilah yang harus kita hindari agar kita dapat merasakan manfaat dari puasa. Jika kita sering makan banyak makanan ketika berbuka, maka yang terjadi adalah rasa lemas dan penumpukan kolesterol. Siang harinya merasa lemas masa malam harinya juga ikutan lemas? Kan rasanya tidak enak banget.

Nah berawal dari hal tersebut, kami mencoba untuk memberikan tips berbuka puasa agar kita dapat merasakan manfaat yang terkandung di bulan yang suci. Apa saja si?

Pilih Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa sepanjang hari, makanan dan minuman manis memang dianjurkan saat berbuka puasa, tapi jangan asal manis. Menu berbuka puasa yang biasa kita jumpai seperti kolak, es campur, es cendol, es teh manis, dan es sirup, sebenarnya keliru.

Sebaiknya ketika berbuka kita mengonsumsi Jus buah, buah utuh, jus sayur, yoghurt, biji-bijian dan kacang-kacangan, susu, hingga daging. Hal ini bertujuan agar semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi.

Baca juga : Cara Bergurah Menggunakan Daun Sirih Merah

Takjil Buka Puasa

Sebaiknya pilih takjil yang tidak mengandung gula terlalu banyak. Makanan yang mengandung gula terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh merasa lebas, selain itu kita juga akan terancam dengan diabetes. Oleh karena itu pilihlah makanan yang kiranya tidak mengandung gula terlalu banyak.

Kalian dapat menggunakan buah utuh yang manis seperti kurma, apel, dan yang lainnya. Menyantap takjil juga tidak boleh berlebihan ya sobat, karena jika berlebihan nanti tidak bisa makan makanan utama.

Makanan Berat Buka Puasa

Kebanyakan dari kita mungkin langsung menyantap makanan berat ketika berbuka puasa. Bahkan ada juga yang setelah menyantap takjil, langsung makan makanan berat. Hal ini tentu kurang baik karena tidak ada jeda di perut. Sehingga kerja pencernaan jadi lebih ekstra dan ini yang membuat puasa menjadi lemas.

Sebaiknya setelah memakan takjil, kita beri jeda beberapa saat untuk sholat. Setelah sholat, barulah bisa menyantap makanan berat. Tapi porsinya jangan terlalu banyak ya karena dapat mengakibatkan lelah dan lemas ketika tarawih.

Kesalahan saat berbuka puasa

Setelah mengetahui tips makanan sehat untuk berbuka puasa, kini kita bahasa beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat berbuka puasa yang sebenarnya tidak disadari seperti berikut ini:

Porsi makanan besar

Kita semua dianjurkan agar makan secukupnya. Apalagi ketika berpuasa, selama berpuasa seharusnya bisa mengontrol nafsu makan. Jika terlalu banyak makan segera saat berbuka puasa, ini bisa mengganggu pencernaan. Akibatnya, perut menjadi kram, mual dan muntah.

Makan dan minum terburu-buru

Memang berbuka puasa tidak boleh ditunda, harus segera mungkin membatalkan puasa. Namun, makan dan minum secara terburu-buru malah membuat kinerja pencernaan menjadi eksta dan melambat. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan. Untuk menghindari gangguan kesehatan, berbukalah secara perlahan-lahan dan konsumsi makanan dengan porsi secukupnya sebelum melaksanakan salat.

Minum kopi

Minum kopi saat berbuka puasa tidak disarankan, karena kafein menyebabkan hilangnya cairan tubuh, yang akan meningkatkan rasa haus. Minuman bergula seperti kopi dicerna dengan sangat cepat. Hal ini bisa membuat Anda merasa lapar lebih cepat.

Baca Juga : Manfaat Bawang Untuk Menangkal Virus Mematikan

Minum kopi setelah beberapa saat berbuka puasa juga dapat mengencerkan Asam Lambung, menyebabkan kembung, dan gangguan pencernaan.

Makanan pedas

Makanan pedas memang sangat disukai masyarakat Indonesia, namun makanan yang mengandung capsaisin ini perlu dihindari saat berbuka puasa, karena konsumsi cabai yang berlebihan akan merangsang kambuhnya sakit mag. Bahkan pada sebagian orang akan menyebabkan diare.

Nah itulah beberapa tips berbuka puasa agar kita dapat merasakan manfaat dari ibadah puasa. Jika tips ini dilaksanakan dengan baik dan benar, insyaallah dapat memberikan manfaat untuk tubuh dan kebugaran tubuh juga terjaga. Tentu saja hal ini bisa menjadi upaya untuk menangkal berbagai macam penyakit dan virus-virus yang mematikan.

Akhir kata, semoga bisa menambah wawasan dan memberikan manfaat bagi kita semua sob. Jangan malas untuk menjaga kesehatan tubuh ya. Sehat itu mahal oke.


Referensi

https://doktersehat.com

Post a Comment for "Tips Berbuka Puasa Agar Tubuh Selalu Sehat Dan Terhindar Dari Berbagai Penyakit"