Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

10 Kata-kata Ajaib Yang Digunakan Agar Sukses Negosiasi

Sukses Negosiasi Dengan 10 Kata Ajaib


Negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak lain. Negosiasi juga dapat berarti penyelesaian secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa.

Negosiasi sering dilakukan di dunia bisnis. Negosiasi bisnis berarti melakukan tawar menawar mengenai barang atau kesepakatan dengan konsumen. Contohnya seorang pedagang buah memberikan harga Rp. 10000 untuk 1 kg Salak. Ketika ada konsumen yang ingin membeli salak, dan dirasa harganya terlalu kemahalan maka konsumen tersebut melakukan penawaran terhadap pedagang buah. Hasil akhir dari negosiasi ialah tercapainya sebuah kesepakatan bersama yang dianggap saling menguntungkan.

Memulai proses negosiasi tidaklah langsung mengajukan penawaran, tetapi ada pendekatan yang harus dilakukan. Pendekatan ini biasanya dilakukan melalui lisan dan perkataan. Ada 10 kata ajaib yang memiliki pengaruh tinggi yang dapat melancarkan negosiasi sehingga kita dapat memenangkan negosiasi tersebut. 10 kata ini dituliskan oleh Jayson DeMers, seorang Founder dan CEO AudienceBloom yang saya rangkum dari buku Sukses Memengaruhi dan Negosiasi ala Jack Ma karya Laura Pohan.

1. Karena

Karena adalah kata penting yang harus Anda gunakan untuk menjelaskan motivasi dari permintaan Anda. Dalam bukunya tentang pengaruh, Robert Cialdini menggambarkan dengan kombinasi antara permintaan dan alasan. Dia membuktikan bahwa kombinasi ini dapat meningkatkan pemenuhan permintaan Anda sebagai kewajiban.

Misalnya, perhatikan perbedaan kalimat ini: "Boleh saya memotong antrean ? " dengan, "Boleh saya memotong antrean karena saya sudah ada janji sebelumnya?" Dengan penggunaan kata karena, orang akan lebih terpicu untuk mengabulkan permintaan kita.

2. Terima kasih

Terima kasih merupakan kata yang baik untuk membuat orang Iain merasa dihargai. Jika Anda memulai atau mengakhiri sebuah percakapan dengan kata "terima kasih", maka bisa dipastikan Anda akan mendapat feedback yang positif dari orang tersebut. Semisal, Anda dapat menyampaikan, "Terima kasih karena sudah datang untuk rapat hari ini." Atau, "Terima kasih untuk semua usulan yang sudah diberikan. Ditunggu lagi untuk pertemuan berikutnya ya."

3. Kamu

Sebagian besar orang selalu membicarakan dirinya dan motivasi pribadinya dalam meminta sesuatu kepada orang Iain. Semisal, "Saya mau menginginkan barang itu karena saya membutuhkannya." Mereka menjelaskan motivasi pribadi dan alasan logis kenapa mereka membutuhkannya. Cobalah mengubah percakapan ke dalam perspektif orang yang Anda ajak bicara. Semisal, "Penawaran ini bisa membantu Anda dalam mencapai target penjualan dalam jangka waktu yang panjang." Perkataan ini menjadikan pendengar Anda sebagai pusat percakapan yang membuat pendekatan yang lebih positif.

4. Jika / bila

Kata jika memberikan banyak kesempatan untuk memecahkan suatu masalah bila Anda memakainya. Kata itu lazim dipakai setelah Anda melakukan suatu riset atau survei sehingga Anda tidak sembarangan memakai kata tersebut. Sebagai contoh, "Jika Anda memakai opsi A akan besar kemungkinan peningkatan produktivitas berjalan lancar. Jika memakai opsi B, Anda memerlukan biaya tambahan untuk bahan bakunya, tapi kemungkinan profit kembali akan lebih besar dari opsi A."

5. Dapat

Kata dapat menyiratkan sesuatu yang positif, tidak seperti kata tidak akan atau tidak pernah memungkinkan Anda untuk bisa mengeksplorasi perkiraan untuk aktivitas yang akan datang bila teman bicara Anda memiliki argumentasi yang lain ataupun permintaan terhadap Anda. Anda bisa menjawab, "Saya dapat mengerjakan pekerjaan tambahan itil, akan tetapi saya lebih memilih bila ada fleksibilitas waktu untuk tenggang waktu yang ada. "

6. Kita

Kata kita memberikan kesan bahwa Anda bukanlah orang yang egosentris. Kata kita juga menunjukkan bahwa Anda dan teman bicara Anda merupakan satu kesatuan dan bahwa manfaat positif untuk Anda juga merupakan manfaat positif untuk dia juga. Semisal, "Anda tahu bahwa proyek yang baru ini merupakan kesempatan untuk kita semua. Bagaimana kita bisa melewatkan ini?"

7. Bersama

Kata bersama memiliki makna yang sama dengan kita. Hal ini menyiratkan makna kebersamaan dan kerja sama. Kata bersama mempermudah kita untuk meminta bantuan dari orang Iain karena tampak seperti peluang bersama. Semisal, "Ayo, kita lakukan karena semua ini untuk kepentingan bersama."

8. Fakta

Perkataan fakta dapat membantu upaya persuasif yang Anda lakukan dalam memengaruhi orang, karena sifatnya yang akurat. Syaratnya fakta yang Anda klaim harus aktual, dan didukung dengan data empiris, serta dari sumber yang kredibel. Menggunakan fakta yang ada dalam dialog akan memperkuat posisi Anda dan mengamankan sudut yang lebih persuasif untuk diskusi Anda. Semisal, "Berdasarkan fakta yang didapat dari survei kemarin, 85% orang lebih menyukai sistem organisasi yang terbaru.”

9. Terbuka

Dalam setiap percakapan yang dilakukan, belum tentu apa yang dikatakan orang lain akan cocok dengan kita. Dan belum tentu juga kita akan menyetujui penawaran (lari orang lain. Tetapi, menjawab permintaan dengan kata tidak adalah negatif dan karang efisien. Sebaliknya, berikan pernyataan bahwa Anda "terbuka" dengan gagasan tersebut. Hanya saja, perlu negosiasi lebih lanjut tentu mengetahui efektivitas dari penawaran yang diajukan tersebut.

10. Akan

Akan merupakan perkataan yang biasa digunakan untuk mengacu ke masa depan. Dan perkataan itu mengandung unsur yang kuat karena menyiratkan apa yang terjadi setelah percakapan selesai dengan kepastian. Menyatakan bahwa Anda "akan" melakukan sesuatu sebagai tindakan yang langsung memberikan Visi yang jelas dan mengurangi kemungkinan kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Negosiasi menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan. Baik itu Pihak A ataupun pihak B akan merasa saling diuntungkan. Melakukan negosiasi juga bisa dilakukan di mana saja. Hal ini karena negosiasi bersifat perundingan yang praktik dan juga sangat bermanfaat.

Sepuluh kata ini bukanlah kata yang ajaib ataupun mengontrol alam bawah sadar pendengar seseorang untuk menyetujui setiap perkataan yang Anda ucapkan. Namun, bila kata-kata ini digunakan dalam konteks yang tepat, perkataan-perkataan ini dapat membantu Anda membuka pintu kesempatan menuju negosiasi yang baik. Anda akan tampil dengan lebih terbuka, cerdas, dan persuasif, yang berarti itu akan menjadi kelebihan Anda saat melakukan negosiasi.

Referensi:


  • Pohan, Laura. 2019. Sukses Memengaruhi dan Negosiasi Ala Jack Ma. Yogyakarta: Psikologi Corner.


Post a Comment for "10 Kata-kata Ajaib Yang Digunakan Agar Sukses Negosiasi "