Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

6 Tips Meningkatkan Motivasi Bekerja Di Rumah Saja Selama Pandemi Covid-19

6 Tips Meningkatkan Motivasi Bekerja Di Rumah Saja Selama Pandemi Covid-19


Work From Home (WFH) atau biasa disebut Bekerja Dari Rumah memungkinkan karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi. Dengan kata lain, kegiatan bepergian ke kantor atau tempat kerja digantikan dengan hubungan non fisik melalui teknologi. 

Bekerja dari rumah di Indonesia memang sudah diterapkan sejak Maret Lalu. Tentunya hal ini memberikan kebosanan yang luar biasa. Keseharian di rumah saja membuat beberapa orang harus rela stay at home dari bangun hingga tidur. 

Hal ini sangat dikhawatirkan karena dapat membuat mood dan motivasi untuk bekerja menjadi menurun. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga motivasi dalam bekerja di rumah. Karena Motivasi dapat merubah sifat kerja seseorang, dari cara kerja, tanggung jawab dalam bekerja, dan melakukan pekerjaan lainnya.

Berikut ini kami paparkan tips untuk menjaga dan meningkatkan motivasi selama bekerja dari rumah. Tips ini sangat direkomendasikan oleh para ahli. Apa saja si? Berikut ulasannya.

1. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri (Me Time)

Profesor Manajemen Monique Valcour merekomendasikan untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk diri sendiri. Rencanakan langkah-langkah kecil untuk diri sendiri. Misalkan merencanakan sesuatu kegiatan kecil yang dapat membuat mood balik, atau sesuatu yang menyenangkan bersama keluarga.

Sebaiknya luangkan waktu selama 30 menit setiap pagi. Hal ini guna memaksimalkan otak agar selalu fresh sehingga motivasi untuk bekerja menjadi baik. Jika demikian, maka akan mengurangi risiko terkena stres.


2. Cari Pekerjaan yang Kamu Sukai

Mencatat daftar pekerja dan mengerjakan pekerjaan yang kamu sukai terlebih dahulu akan memberikan motivasi yang baik. Hal ini karena ketika kita melakukan pekerjaan yang kita sukai, maka tidak ada rasa paksaan dari hati untuk melakukan hal tersebut.

Diskusikan dengan atasan kamu untuk menegosiasi pekerjaan yang dapat meningkatkan nilai di diri Anda dan perusahaan. Hal tersebut dapat membantu Anda memaknai dan menghargai pekerjaan dengan baik.

3. Evaluasi Pekerjaan Setiap Hari

Mengevaluasi pekerjaan yang sudah dilakukan akan menjadikan kamu semakin terlatih dalam menanggapi sebuah pekerjaan. Cobalah evaluasi pekerjaan dari hal-hal yang sudah dikerjakan dan masih berjalan. Kenali pekerjaan yang sedang dilakukan sebagai pengingat atas pencapaian yang sudah diraih.

4. Bangun Komunikasi dengan Atasan

Para ahli sepakat bahwa bersikap jujur dengan bos kamu merupakan hal yang penting. Cobalah untuk diskusikan apa yang menurut mu penting dalam membantu dan membangun pekerjaan serta gagasan dari bos kamu. 

Selain itu, kamu bisa menawarkan diri kamu sendiri untuk berkontribusi lebih terhadap perusahaan. Cara ini akan membantu untuk membangun motivasi, relasi, dan komunitas dengan bos sekaligus memberikan nilai positif bagi kamu dan perusahaan.

5. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Bekerja dari rumah membuat aktivitas tubuh menjadi sedikit. Apalagi Bekerja dari rumah di Jakarta, pasti susah untuk keluar untuk sekedar lari pagi. Tapi tenang, kamu dapat mencoba berolahraga yang sifatnya ringan. Contohnya seperti push-up, sit-up, pemanasan ringan selama beberapa menit, dan lari di tempat.

Menjaga kesehatan fisik di tengah pandemi dan harus di rumah saja memang sedikit sulit. Tetapi bukan berarti tidak bisa. Dengan terjaganya kesehatan fisik, maka kondisi mental juga akan baik.

6. Berlatih Perhatian pada Diri Sendiri

Bekerja dari rumah memungkinkan kita bisa melakukan pekerjaan dalam satu waktu ya. Tetapi hal ini tidaklah baik. Tubuhmu bukan robot, kamu perlu istirahat untuk relaksasi. Hal dapat kamu coba yakni meluangkan waktu untuk sekedar bermain game, ngobrol dengan keluarga, ataupun merencanakan liburan ketika wabah sudah usai.

Nah itulah 6 Tips Meningkatkan Motivasi Bekerja Di Rumah Saja Selama Pandemi Covid-19. Meskipun pekerjaan di lakukan di rumah dan kadangkala membuat mood hancur. Tetapi dengan melakukan tips ini maka kamu akan terhindar dari stres yang menghantui. Ciptakan rasa senang dan suasana bahagia guna memberikan kehidupan yang positif terhadap diri sendiri dan pekerjaan yang sedang dijalani. 

Jangan lupa untuk selalu berolahraga di rumah agar tubuh terasa prima dan psikis tidak terganggu. Sesekali meluangkan waktu untuk diri sendiri dan keluarga juga dapat meningkatkan mood kamu dalam menghadapi pekerjaan yang dilakukan di rumah saja. 

Semoga tips di atas dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita semua. Apabila ada kritik, saran, dan masukan silahkan komentar di bawah ya. Kami akan sangat terbuka dan sebagai bahan evaluasi diri kami. Terima kasih.

Post a Comment for "6 Tips Meningkatkan Motivasi Bekerja Di Rumah Saja Selama Pandemi Covid-19"