Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

8 Ide Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Di Masa Pandemi Corona 2020 Ini

8 Ide Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Di Masa Pandemi Corona 2020 Ini


Membuka usaha sampingan memang perlu kita lakukan guna memberikan tambahan pemasukan. Semua orang membutuhkan uang untuk membeli semua kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, diperlukan bekerja dan membuka usaha agar dapat mendatangkan uang.

Tetapi membuka usaha di masa pandemi seperti sekarang ini memang tidak mudah. Banyak kendala yang harus dihadapi mulai dari biaya produksi, hingga pemasaran. Namun jika kita membuka usaha sampingan, risiko menelan kerugian sangat lah minim. Hal ini karena usaha sampingan bukan menjadi sumber pendapatan utama.

Ada beberapa usaha sampingan yang sangat cocok untuk kita tekuni. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Jika usahanya dijalankan dengan sungguh-sungguh, bukan tak mungkin dapat menjadi besar. Apa saja si ide usaha sampingannya? Simak ulasan berikut ini.

1. Berkebun dengan sistem Hidroponik


Hidroponik sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Yap betul sekali, ini adalah sistem menanam tumbuhan dengan media air yang dicampur dengan unsur hara. Bagi pemula tak perlu khawatir, karena sistem ini sangat mudah untuk dilakukan.

Sistem hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas. Hanya bermodalkan lahan sepetak kalian dapat menerapkan sistem ini. Medianya juga bisa menggunakan botol minum bekas. Umumnya tanaman yang dapat ditanam yakni sayur-sayuran.

2. Beternak Kelinci

Kelinci memang sudah mulai populer di Indonesia. Biasanya kelinci dijual untuk dimanfaatkan dagingnya maupun untuk dijadikan hewan peliharaan. Beternak kelinci memang bisa menjadi alternatif buat kalian yang bingung mau usaha apa. Dari pada duit disimpan akhirnya habis tak tersisa mendingan dibuat usaha bukan?

Harga indukan kelinci sekarang ini antara 100 sampai 200 ribu. Semua tergantung dari peternak dan negosiasi yang dijalankan. Untuk sekali beranak, indukan kelinci bisa menghasilkan anakan 5 sampai 10 ekor. Perkembangbiakannya juga sangat cepat, ketika memasuki usia 5 bulan lebih, kelinci sudah bisa dikawinkan. Hanya butuh waktu 30 hari untuk kelinci bisa lahir.


Kalau mau untuk jangka panjang, lebih baik beli anakan kelinci untuk pembesaran. Sebaiknya beli dengan jumlah betina lebih banyak dari pada jantannya. Kenapa? Karena harga betina lebih mahal dari pada pejantan. Untuk biaya pakan sebisa mungkin ditekan sampai titik minimum. Kalian bisa memanfaatkan rerumputan hijau ampas tahu, dan pelet yang dibuat sendiri. Hal ini guna menekan ongkos produksi.

Kebetulan saya juga menekuni usaha ini. Di kandang saya kelinci-kelinci biasa makan ampas tahu dan daun pisang. Untuk pelet saya memakai pelet pabrikan karena tidak punya alat dan waktu untuk membuatnya. Jadi jika ada pertanyaan seputar kelinci, silahkan komentar di bawah ya.

Baca Juga: Coba Introspeksi Diri! Beberapa Kebiasaan Yang Membuat Kita Tidak Produktif

3. Beternak Ayam kampung sistem umbaran

Ayam kampung dikenal dengan ketahanan tubuhnya terhadap penyakit. Oleh karena itu banyak yang memelihara sebagai simpanan. Siapa tahu suatu saat butuh uang bisa dijual kan tuh ayamnya.
Ada beberapa sistem yang dapat dilakukan untuk beternak ayam kampung, salah satunya adalah sistem umbaran. Sistem ini sering diterapkan di pedesaan. Selain itu juga tidak memerlukan biaya yang besar untuk memelihara ayam kampung ini. Pakan yang bisa diberi yakni bekatul. Harganya memang murah meriah.

4. Beternak Lele


Kalau usaha di bidang bahan makanan memang tidak ada matinya. Contohnya saja ikan lele, salah satu ikan berkumis ini memang banyak peminatnya di Indonesia. Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang dijual dengan harga terjangkau. Meskipun begitu, lele memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dalam 100 gram ikan lele mengandung 240 Kkal, 14,5 gram lemak, 8,5 gram karbohidrat, dan 17,5 gram protein.
Jika lahan di rumah terasa kurang, Anda dapat menerapkan budidaya lele dengan kolam terpal. Langkah ini sangat efektif mengingat tak harus menggali tanah untuk membuat kubangan. Jika ditekuni dengan baik, ternak lele bisa menghasilkan keuntungan berlipat.

5. Menjadi Konten Kreator

Kalau anak sekarang ditanya apa cita-citanya, pasti ada yang menjawab “Jadi YouTubers”. Tapi konten kreator bukan hanya tentang YouTubers saja. Anda dapat menjadi konten kreatif Facebook dengan cara membuat fans page atau halaman. Selain itu Anda juga dapat menjadi konten kreator blog dengan menulis artikel. Tentu saja langkah yang harus ditempuh memang tidak mudah dan tidak bisa cepat. Butuh waktu berbulan-bulan agar bisa mendapatkan keuntungan.


Di masa sekarang, sepertinya memang sangat cocok untuk menjadi konten kreator. Kegiatan membosankan di rumah akan terisi menyenangkan. Modal yang harus dikeluarkan juga tak sebesar membuka usaha baru. Tetapi yang perlu menjadi catatan adalah konsistensi. Yap, terkadang ada saja hambatan yang bikin kita berhenti di tengah jalan dan enggan membuat konten.

6. Menjadi Reseller


Untuk usaha yang ini kalian hanya bermodalkan wani, nekat, percaya diri, dan promosi. Kalian dapat meminta ijin untuk bergabung menjualkan barang orang lain. Promosi yang umumnya dilakukan di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.
Menjadi reseller tidaklah memiliki risiko yang besar. Karena barang yang dijajakan milik orang lain. Yang terpenting jaga komunikasi dengan konsumen agar mereka bisa balik lagi. Sekalipun orang tak kenal, sebisa mungkin bisa bersikap profesional. Jangan membeda-bedakan, mentang-mentang orang kurang dikenal kita seenaknya saja menaikan harga.
Baca Juga: Motivasi Dari Meraih Mimpi Jack Ma Untuk Generasi Milenial

7. Menjadi Dropshiper


Bisnis dropship yaitu bisnis yang tidak perlu memiliki stok barang. Barang yang ada dikirim / diambil ketika ada pesanan. Kalian hanya bertugas sebagai perantara saja. Tugas kalian hanya lah mempromosikan barang melalui media sosial, blog pribadi, forum atau toko online.
Umumnya Dropshiper dijalankan di toko online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya. Yang perlu ditekankan yakni kemampuan komunikasi dalam promosi untuk menarik pembeli. Kalian bisa mempelajari ilmu Dropshiper dari tutorial YouTube ataupun di google.

8. Menjadi Jasa pengisian pulsa, token listrik, tiket pesawat, kereta api, dll.

Pulsa menjadi kebutuhan primer untuk sekarang ini. Tanpa adanya pulsa, hp menjadi sepi karena kuota juga dibeli melalui pulsa. Nah memanfaatkan hal ini, kalian dapat membuka usaha kecil-kecilan ini.
Agar bisnis ini bisa sukses, usahakan setiap pembelian dibayar kontan oleh konsumen. Catat semua arus keuangan dan strategi promosi yang kalian terapkan. Tujuannya agar kalian dapat meninjau kembali, strategi mana yang bekerja untuk bisnis ini.
Oh iya, kelemahan bisnis ini yaitu ketika diutang. Uang tidak dapat diputarkan kembali. Jadi sebisa mungkin konsumen membayar diawal ya. Sekalipun teman, sahabat, ataupun keluarga, sebaiknya jangan diutangkan.

Nah itulah 8 Ide Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Di Masa Pandemi Corona 2020 Ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan serta ide untuk memulai sebuah usaha. Kami berharap Pandemi corona cepat berlalu agar kita semua dapat beraktivitas seperti biasa.

Di rumah saja mungkin membosankan, namun ide usaha sampingan ini mungkin bisa menjadi jawaban kegalauan kalian yang bingung mau usaha apa. Apabila ada kritik, saran, masukan, silahkan komentar di bawah ya. Kami tidak akan dapat berkembang tanpa adanya feedback dari kalian semua.

Post a Comment for "8 Ide Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Di Masa Pandemi Corona 2020 Ini"