Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kata-kata Bijak Jack Ma dengan Bahasa Inggris yang Memotivasi Beserta Arti dan Penjelasannya

Kata-kata Bijak Jack Ma dengan Bahasa Inggris yang Memotivasi Beserta Arti dan Penjelasannya


Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Jika ada seseorang yang menginspirasi dengan perkataan ataupun tindakannya, maka orang tersebut dinamakan motivator.

Seorang motivator tentu bisa datang dari mana saja. Tetapi tak jarang banyak orang yang termotivasi dari orang lain yang lebih dulu sukses. Hal ini memang wajar, karena rata-rata orang yang sukses telah melalui jutaan rintangan yang membuat mereka merasakan titik puncak dari usahanya.

Sebagai contoh, Jack Ma. Ia merupakan orang yang sukses di bidang E-commerce. Kesuksesan Jack Ma tentu tidak didapat dengan mudah, banyak hal pahit yang harus dilaluinya. Jack Ma juga pernah ditolak di Universitas Harvard. Ia bahkan pernah ditolak bekerja di KFC. Namun karena sikap pantang menyerahnya ia bisa merasakan kesuksesan.

Jack Ma sering memberikan doroangan atau Motivasi kepada semua orang. Hal ini juga yang membuat ia diidolakan. Motivasi dari Jack Ma penduh dengan makna yang mendalam. Seperti artikel ini yang akan menyajikan kata-kata motivasi Jack Ma beserta Penjelasannya agar mudah dipahami banyak orang.

1. Cobalah

"Once in your life, try something, work hard at something. Try to change. Nothing bad can happen. "
- Jack Ma -

Artinya:
"Sekali dalam hidupmu, cobalah sesuatu, bekerja keras pada sesuatu. Cobalah untuk berubah. Tidak ada hal buruk yang bisa terjadi."

Dari kutiapn tersebut kita dapat belajar bahwa kita harus mencoba hal baru. Memang sangat susah dan berat untuk beradaptasi, namun jika kita serius menekuninya maka akan mendapatkan manfaat dikemudian hari.

2. Jangan Berhenti Bermimpi

"We lack people of dreams , who can die for those dreams . "
-  Jack Ma-

Artinya:
"Kita kekurangan orang yang bermimpi, yang bisa mati untuk mimpi itu."

Jack Ma merupakan orang yang bermimpi besar sejak kecil. Ia bahkan pernah dibilang gila karena menceritakan mimpinya itu kepada orang lain. Namun sekarang ia benar-benar "gila" karena menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Jika kita ingin menggapai sesuatu, mulailah dari mimpi. Jaga mimpimu, tak peduli orang mengejek ataupun mentertawakan. Teruslah jaga mimpimu sampe mati dan tetap realisasikan mimpimu hingga mati.

3. Utamakan Team Work (Kerja Tim)

"If we are a good team and know what we want to do, one of us can defeat ten of them. "
- Jack Ma -

Artinya:
"Jika kami tim yang bagus dan tahu apa yang ingin kami lakukan, salah satu dari kami dapat mengalahkan sepuluh dari mereka."

Sekarang adalah eranya kolaborasi. Kita tidak bisa mencapai puncak kesuksesan tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu kita wajib untuk bekerja sama dengan orang lain. Kekuatan kerja tim sangatlah besar, karena terdiri dari beberapa orang yang memiliki latar belakang dan pendapat yang berbeda. Jika disatukan maka akan menghasilkan sebuah "berlian".

4. Jangan Menyerah

“If you don't give up, you still have a chance. Giving up is the greatest failure. "
-  Jack Ma -

Artinya: 
 "Jika Anda tidak menyerah, maka Anda masih memiliki kesempatan. Menyerah adalah kegagalan terbesar. "

Pernah dengar bahwa kegagalan merupakan sukses yang tertunda? Betul banget, kita belajar dari kegagalan agar di watu yang akan datang bisa lebih baik lagi. Tidak ada kegagalan yang sia-sia, yang ada hanya meratapi kegagalan tanpa mau mencoba lagi.

Kehidupan ini semakin sulit, maka dari itu benturkan tubuhmu agar terlatih menahan cobaan dan kegagalan yang ada. Kita harus kuat melewati semua hingga kita benar-benar berada di puncak. So, jangan menyerah!

5. Temukan Solusi

"If there's no solution, don't complain. "
- Jack Ma -

Artinya: 
"Jika tidak memiliki solusi, jangan mengeluh."

Semua orang ketika mendapatkan apa yang tidak diinginkan pasti akan mengeluh. Hal ini tentu saja tidak baik karena mengeluh hanya akan memperburuk keadaan. Kita yang tadinya siap dan tahan banting malah menjadi lembek karena mengeluh. 

Sebaiknya kita mencari solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Selain itu juga harus menyadari bahwa kegagalan yang telah kita terima, akan berbuah manis di kemudian hari. Mencari solusi jauh lebih penting dari pada merenung dan mengeluh tak jelas. 

6. Fokus Pada Satu Tujuan

"If there are nine rabbits on the ground and if you want to catch one, just focus on one. "
- Jack Ma -

Artinya:
"Jika ada sembilan kelinci di tanah dan kamu ingin menangkap satu, fokus saja pada satu kelinci."

Fokus pada satu tujuan dapt mempermudah kita menuju target pencapaian. Bila kita memiliki beberapa target, maka lebih baik fokuskan pada satu target terlebih dahulu. Setelah satu bisa didapat, barulah beralih ke target berikutnya.

Fokus yang tertuju pada satu target juga memberikan ruang untuk kita berkembang dan mendalami tujuan. Dengan begitu, kesempatan kita dalam meraih kesuksesan dapat lebih terarah dan lebih mudah.

7. Teknologi Tidak Dapat Menggantikan Manusia 

"I believe it's not the technology that changes the world. It's the dreams behind the technology that change the world . "
- Jack Ma -

Artinya:
"Saya percaya bukan teknologi yang mengubah dunia. Mimpi di balik teknologi yang mengubah dunia."

Era industri 4.0 memang banyak yang menyebutkan bahwa manusia bersaing dengan teknologi. Banyak orang yang khawatir dengan hal tersebut. Namun Jack Ma dengan tegas mengungkapkan bahwa teknologi tidak dapat menggantikan Manusia. Mengapa? Karena teknologi tidak memiliki emosional dan rasa empati. 

Teknologi hanyalah mesin yang diprogram. Sekalipun teknologi sangat canggih dan cerdas, tetapi kemampuan mereka hanya bisa sebatas program yang diperintah. Maka dari itu, jangan khawatir dengan isu tersebut. Tetaplah berjuang hingga mencapai puncak kejayaan.

Nah itulah beberapa kutipan kata-kata Bijak Jack Ma yang kiranya bisa memotivasi kita semua. Teruslah bermimpi dan berjuang hingga orang lain berkata "Wah kamu hebat" tanpa mereka mengetahui tetes keringat perjuangan yang telah kita lalui. 
Mungkin sekian dari kami, apabila banyak kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf. Oh iya, kalian juga bisa memberikan kritik saran dan pendapat di kolom komentar loh. Jadi jangan sungkan-sungkan memberikan saran ya. 

Source:

Pohan, Lura. 2019. Sukses Memengaruhi dan Negosiasi Ala Jack Ma. Yogyakarta: Psikologi Corner.

Post a Comment for "Kata-kata Bijak Jack Ma dengan Bahasa Inggris yang Memotivasi Beserta Arti dan Penjelasannya"