Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Korban PHK Dapat Memanfaatkan Dua Hal Ini Untuk Mendapatkan Bantuan Uang Tunai

Korban PHK 2020 Dapat Memanfaatkan Dua Hal Ini Untuk Mendapatkan Bantuan Uang Tunai


Jafarull.com - Pandemi corona telah memporak-porandakan dunia saat ini. Banyak yang telah menjadi korban akibat ganasnya virus yang disebut Covid-19 ini. 

Salah satu yang sangat terasa dampak dari pandemi ini adalah sektor ekonomi. Saat ini Indonesia merasakan ekonomi yang begitu turun drastis. Tenaga kerja juga banyak yang dirumahkan atau PHK (Pemberhentian Hubungan Kerja).

Tercatat ada 2 juta karyawan di Indonesia yang harus terkena PHK. Tentu saja hal ini membuat jumlah pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Bahkan pekerja harian juga terkadang harus rela seharian penuh tidak mendapatkan uang.

Sebenarnya pemerintah sudah menyedian solusi untuk karyawan yang terkena PHK. salah satunya yakni dengan dibukanya Kartu Pra Kerja. 

Kartu Prakerja

Kartu prakerja adalah program untuk pengembangan kompetensi dan skill dalam bentuk bantuan pelatihan. Target dari kartu prakerja adalah karyawan yang terkena PHK, Masyarakat pencari kerja, dan pekerja yang membutuhkan tambahan skill. 

Keuntungan mengikuti program kartu prakerja apa si? Kalian bisa mendapatkan sertifikat dan intensif (biaya penunjang untuk kebutuhan mencari kerja atau mengembangkan usaha).

Nantinya peserta program pakerja mendapatkan intensif 600 ribu setiap bulan selama empat bulan. Bagi kalian yang belum daftar, kalian dapat mendaftar di website resmi prakerja. 

Sertifikat yang sudah diperoleh juga dapat dimanfaatkan untuk menambah nilai plus di mata perusahaan yang akan kita lamar. Kalian tinggal melampirkan fotocopyan sertifikat tersebut bersama dengan dokumen lainnya. 

Bagi kalian yang belum mendaftar program pra kerja, silahkan dafat di https://www.prakerja.go.id. Sebelumnya gelombang satu, dua, dan tiga sudah melakukan tes serta ada yang intensifnya sudah cair. Sementara Pembukaan gelombang empat, lima, enam, tujuh masih menunggu info dari pihak prakerja.

Diaspora

Diaspora merupakan warga negara Indonesia yang berada di kuar negeri. Nantinya kalian akan mendapatkan uang dari Diaspora yang memiliki kelebihan harta. Kabar yang beredar untuk setiap orang akan mendapatkan uang senilai US$ 50 atau setara dengan 700 ribu/ bulan (kurs Rp.14.000). 

Bantuan ini nantinya dikhususkan untuk pekerja yang sudah kehilangan pekerjaannya. Jadi untuk yang masih bekerja atau para pencari kerja tidak dapat mendapatkan bantuan ini. 

Cara mendapatkannya bagaimana? Seperti yang dilansir dari Detik.com (19/5/20) mekanisme bantuan akan disalurkan secara online. Nantinya calon donatur akan memilih sendiri calon penerima donatur dengan cara melihat profil calon penerima melalui laman www.diasporapeduli.id

Nantinya, data base prakerja akan dimanfaatkan sebagai acuan untuk penerima bantuan. Jadi, penerima bantuan akan jelas, siapa saja yang memang berhenti karena PHK dan yang paling membutuhkan.

Penyaluran bantuan dilakukan melalui BNI ke rekening masing-masing penerima bantuan. Pemilihan BNI karena BNI memiliki 2000 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Nah itulah beberapa bantuan yang dapat dimanfaatkan bagi kalian yang terkena PHK. semoga memberikan manfaat dan pandemi ini cepat berlalu agar aktivitas dapat kembali normal. 

Bagi kalian yang memiliki kritik, saran, dan masukan, silahkan komentar di bawah ya. Kami akan merasa sangat senang jika kalian semua memberikan masukan demi laman ini dapat berkembang. 

Source:


  • https://www.prakerja.go.id/
  • www.diasporapeduli.id
  • Detik.com

Post a Comment for "Korban PHK Dapat Memanfaatkan Dua Hal Ini Untuk Mendapatkan Bantuan Uang Tunai"