Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Mau Memulai Usaha? Simak Tips Bisnis Modal Kecil Untung Besar Ala Bob Sadino

Tips Bisnis modal kecil untung besar ala Bob Sadino


Memulai sebuah bisnis merupakan pilihan yang sangat membingungkan. Kita dihadapkan dengan pilihan untuk bisa mengembangkan bisnis harus fokus pada pekerjaan atau bahkan meninggalkan pekerjaan.

Menjalankan sebuah bisnis harus dimulai dengan rencana dan tips agar prosesnya bisa lancar. Tips bisnis biasanya dilakukan untuk pemula yang baru pertama kali menjalankan bisnis. Tanpa sebuah rencana dan tips pasti akan mendapatkan kesulitan untuk memulainya.

Oleh karena itu, kami akan mencoba sajikan beberapa tips bisnis modal kecil dengan keuntungan yang besar. Tips ini terinspirasi dari Almarhum Bob Sadino, seorang pebisnis asal Indonesia yang bergerak di bidang pangan dan peternakan. Apa saja si? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pilih bisnis yang kamu kuasai

Memilih usaha berdasarkan apa yang disukai sangat membantu untuk terus berkembang menjadi besar. Ketika bidang usaha itu sudah kamu pahami, itu berarti kamu tidak bakal repot-repot lagi dalam melakukan riset. Tanpa butuh waktu lama, kamu pasti bisa mengeksekusi bisnis ini. Dan kamu juga bisa lebih mudah dalam melakukan analisa laba rugi buat masa depan.

Jadi, cobalah mencari ide kiranya bisnis apa yang ingin digeluti. Pelajari detailnya dan terus bekerja keraslah pada bisnis yang disukai tersebut.

2. Beritahu bisnismu teman-teman

Memberitahu bisnis yang kita jalani kepada teman-teman akan memberikan efek yang baik. Kemungkinan besar teman kita akan menjadi pelanggan pertama dari produk bisnis kita sendiri. Selain itu, teman juga dapat menjadi promosi gratis ke orang lain.

Oleh karena itu, jangan malu memberitahu bisnis yang kamu jalani sekarang. Relasi dan hubungan dengan orang lain sangat bagus karena dapat meningkatkan nama dari bisnis kita sendiri.

3. Jangan gunakan pihak ketiga buat promosi

Ketika kamu memutuskan buat menggunakan jasa pihak ketiga, otomatis bakal ada biaya yang kamu keluaran bukan? Semurah-murahnya jasa mereka, tentu lebih murah lagi kalau kamu sendiri yang merancang strategi promosinya. Itulah sebabnya mengapa om Bob memberi nasihat biar kamu memperdalam ilmu komunikasi pemasaran.

4. Gunakan media sosial

Sekarang ini merupakan era digital dengan perkembangan sosial media yang begitu pesat. Cobalah manfaatkan hal tersebut untuk promosi. Ingat, jangan malu untuk melakukan promosi.

Kamu dapat promosi lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Intinya usaha saja dulu, hasilnya biar tuhan yang mengatur. Percaya bahwa suatu saat kamu akan menjadi sukses.

5. Jangan buru-buru meminjam uang ke bank

Buat mendirikan usaha modal kecil untung besar, kamu tidak perlu buru-buru pinjam dana ke bank. Bob Sadino menyarankan biar kamu mengajak saudara atau teman buat berinvestasi di bisnismu. Ketika bisnis itu sudah menguntungkan, jangan lupa buat membaginya dengan mereka. Dengan mekanisme ini, sama saja dengan memberikan mereka saham buat usahamu.

6. Jangan bosan

Bisnis memang tidak selamanya berjalan mulus dan untung terus. Bisnis ibarat roda yang berputar, kadang kamu ada di atas dan kadang ada kalanya kamu di bawah. Jangan menyerah ketika kamu diterjang masalah, apalagi sampai pindah ke usaha lain. Pindah usaha sama saja kamu harus memulai dari awal lagi, dan ini sangat memerlukan waktu, tenaga, pikiran lagi.
Untuk itu, coba untuk fokus dan cari terobosan buat menghadapi masalah itu. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Yang diperlukan hanyalah Ketenangan dan kesabaran dalam menjalankannya.

7. Modal pas-pasan + usaha keras = memuaskan

Artinya adalah, tidak ada cara lain buat meraup keuntungan besar tanpa kerja keras. Bayangkan, bagaimana bisa om Bob membangun sebuah raksasa bisnis saat dia mengalami musibah? Itu bisa terealisasi karena kerja keras.

Mulai sekarang, lakukan apa yang kamu bisa untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Tidak ada kata terlambat selagi nafas masih ada dalam tubuh. Tetaplah berjuang sampai usaha yang kita miliki menjadi besar.

Nah itulah 7 tips bisnis modal kecil untungnya besar yang dapat diterapkan. Kesimpulan yang dapat diambil yakni untuk memulai usaha dapat dilakukan dengan memilih usaha yang kita sukai terlebih dahulu. Dengan dasar suka, pasti akan lebih mudah menghalau dan mengantisipasi kendala yang ada.

Modal usaha jangan bergantung pada hutang. Memang benar ada seorang yang sukses buka usaha dengan modal berhutang, tetapi kan tidak semuanya.
Lebih baik nikmati dulu proses yang ada sembari menyiapkan modal untuk membesarkan usaha.

Intinya si cuma satu, jangan malu untuk action dan tetaplah kerja keras tanpa mempublikasikan ke media sosial / orang lain. Biarkan orang lain menilai hasil dari jeri payah kita selama ini tanpa mereka mengetahui proses sulit yang sudah kita alami.

Post a Comment for "Mau Memulai Usaha? Simak Tips Bisnis Modal Kecil Untung Besar Ala Bob Sadino"