Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Pengin Suaranya Bagus? Coba Latihan Ini Agar Suara Jadi Bagus Untuk Baca Puisi, Bernyanyi, dan Membaca Al-Qur'an

Siapa si yang tidak ingin suaranya mejadi bagus? Semua orang pasti menginginkan suara yang bagus bukan? Bahkan ada sebuah pertanyaan dari teman saya yang sangat konyol nih.

"Supaya Suara bagus minum apa si?"
"Supaya Suara bagus, harus makan apa si?

Hem, pertanyaan yang cukup menggelitik bagi saya sendiri. Kenapa? Karena kalian mau minum apapun, juga suaramu akan seperti itu jika tidak ada latian khusus. Hah latian khusus?

Iyap, betul banget. Suara bagus itu diciptakan dengan sebuah latihan. Penyanyi profesional saja harus latihan keras agar suaranya makin indah. Walaupun ada sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa Bergurah juga dapat menjadikan suara bagus. Menurut saya ini sedikit keliru. Mengapa? Karena tujuan Bergurah yakni untuk menghilangkan lendir di saluran pernapasan dan tenggorokan. Meski nantinya efek yang dihasilkan suara jadi bagus.

Tapi jangan khawatir sob, pada pembahasan kali ini saya akan berbagi tips mengolah suara agar suara menjadi bagus. Jika nanti sudah kamu menguasai tips atau latihan ini, kalian dapat mempraktikkan suara bagus ini untuk membaca puisi, bernyanyi, ataupun untuk membaca Al-Qur'an.


Tips Mengolah Suara Agar Menjadi Bagus

Sebelum itu, saya ingin menyampaikan informasi bahwa latihan ini juga sudah saya praktikkan. Saya merasakan perbedaan dengan pelatihan yang sudah saya jalani. Jika kalian penasaran, nanti akan saya upload video berupa membaca puisi serta Tilawatil Quran. Hehe.

Perlu saya sampaikan juga, bahwa saat melakukan latihan dari awak hingga akhir sebaiknya dengan berdiri. Hal ini untuk memaksimalkan udara yang masuk ke dalam paru-paru dan perut, sehingga nafas jadi bagus.

Teknik Pernafasan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan latihan pernafasan. Tujuannya apa? Agar perut dan paru-paru kuat sehingga nafas menjadi lebih panjang. Latihannya sebagai berikut:
  1. Tarik Nafas
  2. Simpan dalam perut
  3. Tahan antara 8 - 10 detik
  4. Keluarkan melalui mulut secara perlahan.
Lakukan sampai beberapa kali. Kemudian dilanjutkan ke tahap berikutnya, yakni tahap vokalisasi.


Vokalisasi

Vokalisasi? Apa si itu? Yakni teknik mengeluarkan bunyi vokal dengan skema pernafasan. Tujuannya apa? Agar nanti pengucapan vokalnya jelas. Vokal a ya diucapkan a dan seterusnya. Lalu bagaimana caranya?
  1. Lakukan teknik pernafasan sampai beberapa kali.
  2. Tarik nafas
  3. Simpan dalam perut
  4. Tahan beberapa detik (biasanya 8 sampai 10 detik) 
  5. Keluarkan vokal a (gantian antara a rendah, a sedang, dan a tinggi) sampai nafas habis.
  6. Biasanya akan berbunyi seperti ini: aaaaaaaaaaaaaa...........aaaaa......aaa
  7. Untuk vokal i, u, e, dan o tahapannya sama seperti di atas. Kalian tinggal mengulangi tatacaranya saja, cukup mengganti vokal.
Lakukan vokalisasi secara terus menerus. Biasanya saya melakukannya antara satu sampai satu setengah jam untuk latihan pernafasan hingga vokalisasi ini. Kok lama si? Tentu saja, hasil yang maksimal memang perlu latihan yang keras. 

Melenturkan Organ Artikulasi

Terkadang kita sangat susah melafalkan suatu huruf ataupun suatu kata. Pernah juga mengucapkan sesuatu terbata-bata tidak jelas? Hem ini juga pernah saya alami sob. Salah satu jalan untuk mengatasinya yakni dengan latihan artikulasi.

Apa hubungannya latihan artikulasi dengan suara bagus? Suara yang bagus berasal dari pengucapan yang jelas. Jika pengucapannya tidak jelas, terbata-bata, maka yang ada malah suaranya dicap jelek. Oleh karena itu, artikulasi perlu dilatih agar pendengar yang mendengarkan suara kita bisa terkagum-kagum.

Manfaat latihan artikulasi ini juga untuk mengaktifkan bibir, rahang, dan lidah. Ketiga bagian ini jadi tidak kaku jika dilatih terus-menerus. Lalu bagaimana latihannya?
  1. Latihan Artikulasi Bibir: kalian cukup mengucapkan Ma Ba Ta
  2. Latihan Artikulasi Rahang: kalian cukup mengucapkan Ta Na Da
  3. Latihan Artikulasi Lidah: kalian dapat mengucapkan La Li Lu
  4. Latihan Artikulasi Hidung: kalian dapat mengucapkan Hong Kong Song
Lakukanlah secara berulang-ulang. Misalkan kalian ingin melenturkan artikulasi bibir, ucapkan Ma Ba Ta dengan pengulangan sampe beberapa kali. Jika dirasa cukup dan ingin lanjut ke artikulasi rahang, maka ucapkan Ta Na Da secara berulang-ulang.

Biasanya saya melakukannya sampai 20x untuk setiap artikulasi. Setelah 20, baru pindah ke artikulasi lainnya dan hitung hingga 20x lagi. Terus begitu sampai artikulasi hidung. Rasa pertamakali yang didapat yakni mulut akan capek, tapi di hari berikutnya akan lancar. Untuk membaca dan bernyanyi juga mulai terasa lentur.


Melatih Diafragma

Melatih Diafragma dilakukan untuk menghasilkan suara yang bergema. Nantinya kalian akan mendapatkan suara yang tinggi dan rendah yang dapat diatur sesuai dengan kemauan.

Untuk melatihnya kalian dapat melakukan langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Tarik nafas
  2. Simpan dalam perut
  3. Tahan sampai 10 detik
  4. Keluarkan bunyi "Pha" secara spontan. Mengeluarkan nafas bersamaan dengan bunyi pha dengan cara mendorong nafas dari perut. 
Latihan ini berfungsi untuk membuka Diafragma, sehingga Diafragma menjadi lebar. Selain itu, nafas yang dihasilkan juga akan menjadi lebih dalam. 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengolah suara agar menjadi bagus untuk membaca puisi, bernyanyi, ataupun membaca Al-Qur'an. Kalian dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebisa mungkin selalu sediakan air putih ya, untuk menjaga tenggorokan agar tidak kering. 

Lakukan latihan ini denagn urutan yang sesuai ya. Jangan sampai terbalik, nanti malah mempengaruhi hasilnya hehe. Saya sendiri melakukannya sekitar 4 bulan secara terus-menerus. Dan hasilnya memang berbeda dengan sebelumnya. Suara jadi belih keras dan jernih. Kita juga dapat mengatur ketinggian nada. 

Latihan-latihan ini dapat kalian lakukan setiap hari. Tidak perlu berjam-jam karena akan membosankan. Lebih baik setiap hari 15 menit untuk latihan. Pasti nanti hasilnya akan jauh lebih maksimal.

Sekian dulu artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Apabila ada kritik, saran, dan masukan, silahkan komentar di bawah ya. Terima kasih.

Post a Comment for "Pengin Suaranya Bagus? Coba Latihan Ini Agar Suara Jadi Bagus Untuk Baca Puisi, Bernyanyi, dan Membaca Al-Qur'an"