Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Tutorial Cara Menggambar Ular 3D Mudah dan Simpel Untuk Pemula

Hai sobat semua? Bagaimana kabar kalian kali ini? Semoga selalu sehat ya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial menggambar ular 3D (tiga dimensi). 

Perlu kalian ketahui, bahwa menggambar 3D agak sedikit berbeda dengan menggambar objek pada umumnya. Karena pada gambar 3D akan lebih memanfaatkan sudut pandang seseorang untuk menciptakan kesan nyata dan hidup pada sebuah gambar. 

Berbeda dengan menggambar objek yang tergolong flat atau datar atau kurang terlihat hidup. Pada gambar 3D seseorang akan berpikiran bahwa gambar tersebut nyata dan muncul di dunia nyata. Kalian dapat membuat sebuah objek seakan-akan hidup. Nah dari pada kelamaan, lebih baik kita mulai saja tutorialnya. 

Menggambar Ular 3D dengan Pensil

Contoh gambar ular 3D

Langkah pertama

Siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat yang saya pakai yakni:
  • Kertas A4
  • Pensil (2B, HB, 3B, 5B, dan 7B). Jika tidak ada, kalian cukup gunakan pensil 2B saja.
  • Penggaris
  • Gunting / cutter
  • Papan / meja
  • Kopi hehe

Kedua


Buatlah sketsa, karena kita akan membuat ular yang sedang naik di batang pohon, jadi kita gambar batang pohon dengan huruf S sebagai sketsanya. Sesuaikan saja dengan selera kalian. Kalian dapat mencobanya dengan sudut pandang yang lain. 

Ketiga 


Selanjutnya kita buat sketsanya nih. Bentuk ular dan batang pohon mulai terlihat. Tebali secara tipis-tipis saja, jangan terlalu tebal. Yang paling penting sudah mulai terlihat tuh gambar ular dan batang pohon.

Keempat


Pada tahap ini, kalian mulai membuat pola sisik ular. Kalian dapat menggunakan pola segi enam ataupun segi lima untuk membuat sisik ular. Kalau yang saya gunakan ini adalah pola segi enam. 

Kelima


Untuk selanjutnya yakni menebalkan sketsa. Terserah kalian mau pakai pensil apa, yang penting sketsa dan corak sisik ular bisa tebal. Jangan lupa juga arsir bagian sisik ular untuk mendapatkan hasil yang lumayan. Karena akan memberikan kesan nyata ketika dilihat. 

Oh iya, gunakan penggaris untuk memotong kertasnya ya. Hah dipotong? Iya, kita akan memotong kertasnya agar kepala ular terlihat pisah dengan kertas gambar. Sehingga gambar akan terlihat nyata dan hidup.

Keenam


Setelah kertas dipotong, hasilnya akan seperti di atas. Oh iya jangan lupa tambahkan bayangan ya. Arah bayangan harus sesuai dengan sudut pandang kalian sob. Arsir juga bagian pohon dan tambahkan akarnya agar lebih terlihat nyata.

Ketujuh


Gambar Ular 3D siap untuk difoto dan dipajang di media sosial. Hehe hasil foto juga mempengaruhi hidup tidaknya sebuah gambar sob, jadi usahakan saat memfoto menggunakan berbagai sudut pandang ya. Ketika nemu yang pas, baru deh bisa ambil sebanyak-banyaknya.


Ya itulah tutorial kali ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk kalian semua. Gambar yang saya buat juga masih sederhana karena saya masih seorang pemula. 

Bagi kalian yang memiliki kritik, saran, dan masukkan, silahkan komentar di bawah ya. Saya akan sangat menerima masukan dan keritikan dari kalian. Karena dengan begitu, saya dapat memperbaiki kualitas gambar dan menggambar. Samapai ketemu di postingan berikutnya sobat. 

Post a Comment for "Tutorial Cara Menggambar Ular 3D Mudah dan Simpel Untuk Pemula"