Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Persiapkan Ini Untuk Menghadapi Kekhawatiran Masa Depan di Usia 20-25 Tahun

Usia 20 hingga 25 tahun merupakan usia yang membuat manusia bingung, bimbang, dan khawatir dengan masa depannya. Yang paling merasakan hal ini adalah laki-laki. Yah, saya sendiri juga merasakan hal ini. Sumpah tidak enak banget.

Setiap hari dihantui rasa gelisah dengan tak menentu. Takut juga jika kedepannya mengecewakan orang tua yang telah membiayai hingga sekarang. Ada juga perasaan resah jika nanti malah membuat seluruh keluarga kecewa. 

Sob, hal ini wajar! Semua orang mengalami hal ini. Ya semua orang, termasuk orang yang terlihat bahagia. Mereka merasakan rasa khawatir juga, resah, bingung, dengan masa depannya. 

Yang membedakan mereka dengan kita atau diri saya sendiri adalah aktifitas yang digeluti. Ya, perasaan yang sama tetapi aktifitas yang dilakukan berbeda. Mereka melakukan aktifitas sesuai yang mereka bisa dan inginkan. Saya sendiri melakukan apa yang saya bisa dan saya inginkan. Yang tentunya menunjang untuk masa depan kita nanti.

Ilustrasi kegundahan

Sebaiknya apa si yang perlu dilakukan di usia 20 hingga 25 tahun? Dan apa yang perlu dipersiapkan bagi mereka yang belum menginjak usia tersebut?

Menurut saya sendiri, kija kita sudah menginjak usia tersebut sebaiknya fokus dengan apa yang kita bisa lakukan. Misalkan kamu kuliah nih, JANGAN hanya mengejar IP tinggi dan cepat lulus. Percuma sob, kalau kamu tidak punya keahlian lain atau skill lain. 

Sebaiknya tanya dulu pada dirimu sendiri. Kamu bisa apa? Apa yang kamu suka? Apa yang kiranya paling kamu dalami? Jika jawabannya sudah ada, maka tekunilah. Sudah buang semua yang kiranya tidak kamu perlukan. Pengorbanan itu perlu untk sebuah kesuksesan sob. Sekalipun mengorbankan sebuah hobi, materi, tenaga, pikiran, dan lainnya.

Sebagai contoh, saya suka menggambar dan menuli. Kebetulan saya juga lumayan bisa dalam menggambar maupun menulis. Jadi saya juga sudah niatkan untuk lebih mendalami dan mematangkan kedua skill & keterampilan ini. Apa yang dikorbankan? Jujur saja banyak, tapi tidak mungkin saya sebutkan satu-persatu. Yang jelas si materi, tenaga, waktu, hobi bermain bola dan game. 

Kebetulan saya masih menjalani pendidikan di salah satu universitas di jawa tengah. Niat saya memiliki skill diluar bidang ilmu yang saya dalami. Oleh karena itu saya ingin menjadikan menggambar dan menulis sebagai skill yang saya miliki. Siapa tau suatu saat ada orderan untuk melukis kan? Hehe. 

Oh iya, karya-karya gambar saya juga akan saya terbitkan di blog ini. Kalian bisa mencarinya dengan kata kunci gambar. Siapa tahu tertarik untuk dibuatkan gambar berupa nama ataupun sketsa. 

Selain mendalami dua skill tadi, saya juga sudah lama belajar untuk beternak. Perjalanannya lumayan panjang sob, suatu saat saya ceritakan. Untuk saat ini, saya sedang beternak kelinci. Untuk sampiangan lumayan lah, dari pada membebani orang tua terus. 

Jangan lupa libatkan tuhan dalam setiap urusan sob. Karena kita hanya manusia biasa yang tak berdaya. Usahakan selalu niatkan dan berdoa jika melakukan sesuatu. Usaha kita pacu, hasilnya tuhan yang menentukan. 

Yakinlah suatu saat kita akan sukses. Yakin dengan apa yang kita jalani. Dan tetap semangat menata masa depan. 

Ya, mungkin ini hanya sebatas cuitan dari seorang Jafarull. Atau bahkan malah sebuah ocehan tak berguna. Ya ga papa lah. Niat saya hanya berbagi dan memotivasi semua orang. Niat saya ingin bisa memberikn yang terbaik untuk semua orang. Oke sekian dulu perjumpaan kita sob, terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk mendengarkan saya. 

Post a Comment for "Persiapkan Ini Untuk Menghadapi Kekhawatiran Masa Depan di Usia 20-25 Tahun"