Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kata-kata Bijak Tentang Meminta Maaf Dan Terima Kasih

Setiap manusia pasti memiliki kesalahan kepada orang lain. Tidak ada seorang pun yang hidup di dunia ini tanpa kesalahan. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kita untuk meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Maaf berarti mengakui dan menyadari kesalahan yang telah diperbuat serta berjanji untuk tidak mengulanginya.
 
Orang yang dimintai maaf, wajib hukumnya untuk memberikan maaf agar hubungan baik dengan sesama dapat terjaga dengan baik. Memang benar jika memaafkan itu berat, tetapi kita harus berusaha ikhlas ketika memaafkan. Bagi orang yang telah dimaafkan, hendaknya ia berterimakasih atas ampunan yang diberikan kepadanya.

Meminta maaf juga bukan perkara mudah. Hal ini karena banyak faktor serta hambatan seperti malu, gengsi, tidak percaya diri, dan lain sebagainya. Tentu saja sifat seperti ini harus kita hindari guna menjaga hubungan baik yang sudah dibangun. Manfaat dari meminta maaf dan berterimakasih tentu sangat banyak. Begitu banyak faedah meminta maaf, sampai-sampai ada kata-kata bijak tentang meminta maaf dan berterimakasih.

Maaf dan Terima kasih


Kesalahan adalah racun. Sedangkan meninta maaf adalah penawarnya. Selama kata maaf tidak keluar dari lisanmu, maka selama itu pula racun itu akan menggerogoti kesehatan jiwa dan mentalmu.

Memaafkan kesalahan orang lain sama dengan menghapus kotoran. Seseorang yang tak pernah mau memaafkan, berarti ia lebih suka menimbun kotoran dalam dirinya, dalam hatinya.

Dengan meminta maaf, kita telah berusaha melepaskan belenggu kekhawatiran dan kecemasan. Seseorang yang sudah lepas dari kekhawatiran dan kecemasan, maka tidak ada lagi Yang pantas ia rasakan selain kebahagiaan dan ketenangan.

Jika Tuhan mau memaafkan, mengapa kita tidak? Orang Yang mau memaafkan, ia akan berada di dalam naungan cahaya kasih sayang. Sebaliknya, orang yang tidak mau memaafkan dia akan berada di lembah dendam dan permusuhan. Kasih sayang adalah air, sementara dendam adalah batu. Antara air dan batu, apa di antara keduanya yang lebih mudah dihancurkan?

Darah bisa saja tumpah. Air mata bisa saja membanjiri Raungan dan tangis penderitaan bisa saja tercipta oleh sebuah permusuhan yang pada dasarnya hal itu bisa dihentikan oleh kata maaf dan memaafkan.

Dengan meminta maaf, berarti kita mengetahui dan menyadari kesalahan diri. Orang Yang sadar dan mengetahui letak kesalahan dirinya, ia akan lebih mudah memberikan harga yang pantas untuk kehidupannya.

Kebencian dan dendam hanya membuat jalan hidup kita makin terjal. Karena itu, minta maaf dan maafkanlah sehingga kita bisa melangkah dengan mudah. Maafkanlah kesalahan orang lain tapi jangan lupakan nama-nama mereka.

Berterima kasihlah. Sebab dengannya engkau menyempurnakan kebaikan yang diterima.

Seseorang yang tidak pandai berterima kasih bagaikan mengusir orang lain yang datang mendekat untuk menawarkan makanan dan minuman lezat.

Berterima kasih adalah cara kita memperoleh penghargaan atas diri sendiri. Hanya orang bodoh yang selalu berharap dihargai orang lain, sementara ia tak mau mengenakan penghargaan yang sudah ada di depan matanya.

Seseorang yang pandai berterima kasih, bagaikan orang yang menyodorkan wadah besar untuk menampung air hujan. Semakin besar wadah yang ia sediakan, semakin besar pula kesejukan air hujan yang bisa ia dapatkan.

Nah itulah kata-kata bijak tentang meminta maaf dan berterimakasih yang dapat kita teladani di kehidupan sehari-hari. Manfaat dan faedah dapat dirasakan oleh setiap insan yang melaksanakan dua kata ajaib ini. Ya, maaf dan terimakasih merupakan kata luar biasa yang dapat membuat seseorang lebih bersahaja. 

Orang yang meminta maaf bukan berarti hina. Justru ia lebih terlihat berwibawa karena mengakui kesalahannya. Sedangkan berterimakasih membuat seseorang terlihat santun dan sopan. Orang yang mengucapkan terimakasih berarti ia menghargai seseorang yang telah memberikan sesuatu kepadanya. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua sob. Apabila ada kesalahan dan saran untuk saya, silahkan komentar di bawah ya. Terima kasih sudah berkunjung. 

Post a Comment for "Kata-kata Bijak Tentang Meminta Maaf Dan Terima Kasih"