Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Ini Yang Harus Disiapkan Untuk Hadapi New Normal Agar Kita Tetap Sehat dan Terhindar Dari Virus Corona

Setelah tiga bulan pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap di rumah saja, kini pemerintah mempersiapkan new normal. Sebenarnya apa si new normal itu?

New normal merupakan kondisi atau budaya baru yang akan dijalankan oleh masyarakat karena adanya suatu hal (dalam hal ini karena adanya pandemi virus corona atau Covid-19). Budaya baru yang lahir dan akan dijalankan masyarakat yakni budaya untuk jaga jarak, memaki masker, selalu mencuci tangan, hingga menghindari kerumunan. 

Mengapa new normal harus dilakukan? New normal dilakukan karena untuk menjaga stabilitas ekonomi negara. Selama tiga bulan di rumah saja, kegiatan ekonomi lumpuh sehingga dari sektor ekonomi, Indonesia mengalami penurunan. Sebenarnya tidak hanya Indonesia saja yang mengalami krisis ekonomi. Tetapi juga negara-negara di dunia yang telah menerapkan kebijakan lockdown juga mengalaminya. 

New normal memungkinkan masyarakat beraktivitas seperti biasanya. Hanya saja yang membedakan adalah harus sesuai dengan protokol kesehatan. Hal ini guna meminimalisir terjadinya penularan virus Covid-19.

Untuk menghadapi new normal, tentu saja kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya agar semua bisa lancar terkendali. Dan yang paling penting yakni kita dapat terjaga dari virus Corona. Lantas, apa saja si yang harus diperhatikan untuk menghadapi new normal ini?

Persiapan Menghadapi New Normal

1. Selalu bawa hand sanitizer sendiri

Hand Sanitizer berguna untuk membersihkan bakteri yang ada di tangan. Jika bepergian, pasti menyentuh permukaan benda. Nah kita tidak tahu benda tersebut steril atau tidak kan? Oleh karena itu, lebih baik selalu bawa untuk berjaga-jaga.

Biasanya si di tempat-tempat tertentu sudah disediakan tempat cuci tangan. Namun tetap saja, untuk lebih menjaga diri harus bawa hand sanitizer. Ketika hendak makan atau selesai dari suatu tempat juga sebaiknya kita mencuci tangan.

Bukankah kebersihan sebagian dari iman? Maka alangkah baiknya jika kita selalu menjaga diri kita agar selalu bersih. Terutama pada bagian tangan yang selalu menyentuh dengan benda-benda lain.

2. Berolahraga setiap hari

Olahraga harus selalu dilakukan setiap hari. Jika kemarin-kemarin jarang berolahraga karena di rumah saja, maka sekarang wajib banget untuk selalu olahraga nih.

Berolahraga juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Rata-rata orang yang selalu berolahraga minim untuk terserang penyakit. Secara alami juga olahraga membentuk daya tahan tubuh untuk menghalangi penyakit masuk ke dalam tubuh. 

3. Makan makanan yang bergizi

Makanan nergizi bukan berarti hatus mahal ya. Jangan disalah artikan loh. Makanan bergizi dapat kita jumpai dari sayur-sayuran, buah-buahan, tahu, tempe, telur, dan yang lainnya.

Kebutuhan gizi untuk tubuh harus selalu terpenuhi guna menjaga tubuh selalu prima. Makanan bergizi membantu meningkatkan kekebalan tubuh juga loh. Apalagi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C dan D.

Sebaiknya hindari makanan cepat saji. Mengapa? Karena makanan cepat saji mengandung lemak yang sangat banyak. Jika hal ini terus dikonsumsi, maka tak mungkin akan mudah bagi tubuh terserang penyakit.

Menurut pengamatan saya sendiri, rata-rata orang kota yang jarang berolahraga dan senang dengan makanan cepat saji sangat mudah terkena penyakit berat. Seperti jantung, diabetes, dan lainnya. Hal ini berbeda dengan masyarakat yang tinggalnya di desa dan dipegunungan. Mereka lebih mengonsumsi hasil bumi berupa sayur dan terhindar dari makanan cepat saji. Dan Masyarakat yang tinggal di desa justru lebih jarang terkena penyakit kronis seperti masyarakat kota. 

4. Hindari berbicara dengan orang lain di tempat-tempat umum

Penyebaran virus Corona dikarenakan adanya percikan droplet atau lendir. Droplet ini bisa tercipta jika kita berbicara dengan orang lain dan secara tidak sengaja keluar tuh lendirnya. Kalau orang jawa bilang "nek ngomong muncrat" (kalau berbicara hujan atau liurnya keluar.

Dengan tidak berbicara dengan orang lain, maka akan mengurangi risiko tertularnya virus corona. Tempat umum yang biasanya rawan yakni di Halte, Mall, Stasiun, Bandara, dan tempat lainnya yang menimbulkan kerumunan. 

5. Mencuci baju setelah bepergian 

Sebaiknya cuci baju jika telah bepergian jauh ya. Hal ini guna menjaga dan menghindari terjadinya penularan akibat virus yang nempel di baju atau pakaian kita.

Jika hanya pergi dari rumah ke kantor menggunakan transportasi pribadi, saya rasa ganti pakaian dua hari sekali sangat perlu. Lebih baik selalu menjaga dari pada harus telat menjaga dan berujung penyesalan. 

Nah itulah beberapa hal yang harus kita persiapkan untuk menghadapi New Normal. Kesimpulan yang dapat diambil yakni menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan harus selalu dilakukan. Meskipun terasa ribet tetapi demi kesehatan hal ini wajib dilakukan. 

Meskipun kita akan menjalani kehidupan yang mungkin agak ribet, tetapi hal ini juga demi kesehatan kita semua. Jangan sampai mengabaikan peraturan dan berujung sesal. Menjaga kondisi tubuh agar selalu prima juga perlu dilakukan. Kita bisa berolahraga, makan makanan bergizi, dan selalu mengutamakan gerak tubuh untuk menghindari menurunnya daya tahan tubuh. 

Post a Comment for "Ini Yang Harus Disiapkan Untuk Hadapi New Normal Agar Kita Tetap Sehat dan Terhindar Dari Virus Corona"