Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

13 Tips Memulai Binis Yang Mudah dan Simpel Bagi Pemula

Memulai bisnis bukanlah perkara yang mudah. Tetapi juga bukan perkara yang sulit pula. Berbisnis memerlukan kesabaran yang sangat tinggi karena seseorang yang menekuni bisnis harus rela melewati semua rintangan yang ada.

Berani membuat bisnis dan menjalankannya adalah ciri-ciri pebisnis sukses. Tak perlu khawatir dengan kerugian yang bisa jadi akan diderita. Belum melangkah tapi sudah khawatir dengan kerugian, sama saja Anda berjiwa pengecut.

Untuk itu, sebelum menjalankan sebuah bisnis, ada baiknya kamu mengerti terlebih dahulu tentang bisnis itu sendiri. Kemudian lakukanlah riset dan survei yang akan menambah keyakinan kamu untuk menjalankan bisnis.

Dari riset yang sudah kamu lakukan, kemudian buatlah perencanaan bisnis yang akan membantu kamu melihat dasar, langkah awal, proses kerja, dan hasil kerja yang hendak dicapai.

Untuk lebih jelasnya, akan kami uraikan mengenai tips-tips memulai bisnis yang baik dan benar untuk pemula agar bisnisnya berjalan dengan lancar dan akan menjadi sukses di kemudian hari.

Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula

1. Semangat dan kemauan adalah modal yang paling utama

Memang benar jika materi merupakan modal dalam memulai sebuah usaha, tetapi yang paling penting adalah semangat dan kemauan. Percuma saja punya uang banyak tapi tidak mau dan tidak ada semangatnya dalam berusaha. Jadi mulai sekarang, rubah pandangan mu, modal utama bukan hanya uang. Tapi kemauan dan semangat, karena pepatah juga pernah bilang, dimana ada kemauan di situ ada jalan.

2. Berikan penawaran unik dan menarik

Mulailah melakukan bisnis dengan memberikan penawaran unik dan menarik sehingga akan memicu minat orang mengenal produk kamu. Orang akan cenderung lebih suka dengan penawaran yang tidak biasa. Kamu bisa saja menggunakan label diskon ataupun potong harga. Dengan begitu, bisnis kamu akan rame dan mulai terkenal.

3. Yakin terhadap bisnis mengenai untung dan ruginya

Menjalankan bisnis tidak serta merta langsung sukses. Pasti akan mengalami yang namanya gagal, merugi, dan untung. Untuk itu, yakinkan dirimu sebelum memulai bisnis yang kamu geluti.

4. Riset pasar

Mengetahui pasar dari produk kamu sangat penting. Hal ini agar produk yang kamu miliki bisa terjual dan habis, jangan sampai produk yang dimiliki menumpuk. Tanpa meriset pasar, kamu akan kewalahan dalam memasarkan produk yang kamu miliki.

5. Kenali bisnis yang kamu geluti

Mengenali bisnis yang kamu dalami sangatlah perlu, agar nantinya kamu tidak tertipu. Selain itu, kamu juga akan memiliki cakupan materi tentang produk yang dimiliki. Sehingga ketika menjelaskan pada pembeli, kamu dapat menjelaskannya dengan baik.

6. Cari lokasi usaha yang strategis

Lokasi yang strategis akan memudahkan pembeli berkunjung ke tempat usahamu. Selain itu, tempat bisnis kamu juga akan mudah dilihat dan diingat orang jika lokasinya strategis. Jika lokasinya di tikungan, maka akan kurang mendapat sorotan orang lain karena susah untuk berhenti.

7. Jaga kepercayaan produk yang dimiliki

Dalam bisnis ada trust atau kepercayaan harus kita jaga. Jika sudah tidak ada kepercayaan yang bisa dipegang, maka kehancuran pun mulai menggerogoti, perlahan namun pasti.

8. Kolaborasi dengan orang lain / partner

Partner bertujuan agar dapat memberikan kontribusi seimbang. Kamu dan partner kamu dapat saling mengisi dan saling mengoreksi. Dengan begitu, bisnis akan dapat berkembang dengan cepat.

9.  Biasakan untuk selalu disiplin

Perilaku disiplin tentu memberikan dampak yang baik bagi usaha. Perusahaan besar akan selalu menerapkan kedisiplinan. Kita dapat mencontohnya agar bisnis yang kita miliki juga berkembang menjadi besar pula.

10.  Pilihlah bisnis sesuai passion

Menekuni bisnis sesuai dengan passion kita, akan membuat kita dapat meraih puncak kejayaan dengan cepat. Mengapa? Karena yang kita tekuni sesuai dengan apa yang kita inginkan dan tujuan hidup kita.

11.  Jadikan bisnis sebagai kebutuhan

Menjadikan bisnis sebagai kebutuhan, akan memacu diri kita untuk terus menekuni bisnis yang digeluti. Kita harus memapi menjadikan bisnis untuk kebutuhan kita, bukan hanya keinginan belaka.

12. Teruslah belajar

Seorang pebisnis pasti selalu mencari perubahan, mempelajarinya, dan kemudian melaksanakannya menjadi sebuah kesempatan. Hal ini karena rasa haus terhadap ilmu pengetahuan tentang bisnis. Dengan senantiasa belajar, kita juga akan berkembang dengan sendirinya.

13.  Menentukan segmen pasar

Ketika memiliki sebuah produk, kita harus menentukan produk yang kita miliki nantinya untuk siapa? Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis alangkah baiknya kamu merencanakan terlebih dahulu mengenai segmen pasar yang menjadi target.

Nah itulah 13 tips memulai bisnis yang baik untuk pemula. Sebuah bisnis akan mengalami pasang surut dan kerugian. Kita harus siap dengan hal itu. Yang harus kita ubah sekarang adalah bahwa modal bukan tentang uang, tetapi Modal yang paling utama adalah semangat dan kemauan.

Bob Sadino juga pernah berkata, “selagi masih punya dengkul, itu sudah cukup untuk dijadikan modal.” Kutipan ini memberikan saya semangat untuk terus maju dan berkembang. Tentu saja perjalanan yang dihadapi tidaklah mudah, tapi yang penting tetap semangat.

Sekian dari kami, jika ada kritik, saran, dan masukan silahkan komentar di bawah ya. Kami akan merasa senang jika kalian ikut berpartisipasi untuk memberikan masukan dan opini kalian terhadap kami ataupun konten kami.

Post a Comment for "13 Tips Memulai Binis Yang Mudah dan Simpel Bagi Pemula"