Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Pemula Wajib Tau! Rekomendasi Pensil 2B Terbaik untuk Latihan Menggambar

Pensil merupakan alat yang wajib kita miliki untuk menggambar. Benda mungil yang satu ini juga pernah menemani masa-masa sekolah dasar kita dulu. Pensil memiliki beberapa jenis, mulai dari H, Hb, 2B, hingga 8B. Sebenarnya masih banyak lagi jenis pensil lainnya, tetapi karena fokus kuta adalah belajar menggambar, kita hanya perlu memiliki salah satunya saja.

Bagi kalian yang ingin belajar menggambar, wajib memiliki benda satu ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan merivew pensil 2B. Kita akan membandingkan dan nantinya akan direkomendasikan pensil 2B terbaik untuk belajar menggambar.

Jenis Pensil 2B


Sebenarnya di pasaran sangat banyak jenis pensil 2B, mulai dari yang termurah hingga yang termahal. Namun saya lebih merekomendasikan 3 Jenis pensil di bawah ini untuk belajar menggambar. 

1.  Pensil 2B 9000 Faber-Castell


Faber-Castell terkenal dengan pensilnya yang berwarna hijau tua. Goresan dari pensil ini juga lumayan hitam. Oleh karena itu, dulu sangat banyak yang memakainya untuk ujian (alat koreksinya pakai scan komputer). Pensil ini sangat cocok juga untuk menggambar. Kita dapat memakinya untuk mengarsir bagian-bagian yang gelap. 
Selain ketebalan warna yang dihasilkan begitu hitam pekat, pensil ini juga memiliki harga cukup terjangkau. Kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 3500 saja. Cukup terjangkau bukan? Harga tersebut bisa saja berbeda di daerah lain ya. 

2.  Pensil 2B Staedler 


Pensil yang satu ini mungkin sangat populer ketika masa SD dulu ya. Rata-rata memang memaki pensil ini untuk menulis ataupun menggambar. Kualitas Staedler memang cukup baik, karena mampu menghasilkan warna yang agak pekat. Oleh karena itu pensil ini juga digunakan untuk ujian pada scan komputer. 
Untuk harga yang ditawarkan yakni sekitar Rp. 2000 hingga Rp. 3000 saja. 

3.  Pensil 2B Joyko P-88


Pensil Joyko memiliki beberapa varian yang ditawarkan. Namun saya lebih merekomendasikan tipe p-88 karena harga yang murah dan kualitas juga lumayan. Untuk sekedar menggambar sudah sangat cocok kok, warna yang dihasilkan juga hampir sama dengan Staedler. 
Harga pensil ini juga cukup murah, yakni sekitar Rp. 1500 hingga Rp. 2500 saja per item. Lumayan terjangkau bukan?
 
Nah itulah beberapa pensil yang sangat cocok untuk latihan menggambar. Pensil apa saja sebenarnya bisa digunakan untuk menggambar, tetapi kalian akan merasakan kenyamanan yang berbeda ketika menggambar dengan pensil lain. 
Mulailah berlatih menggambar dengan alat seadanya dulu, ketika sudah mahir baru coba upgrade alat untuk menggambar. 

Percuma juga tools lengkap tetapi skill tidak mendukung. Ada kata-kata yang bisa kalian jadikan motivasi, yakni “tools without skill = nul, skill without tools = KREATIF”.

Maksudnya apa? Agar kita selalu bisa kreatif dan berpikir kreatif. Tidak mengandalkan alat untuk improve. Sekian untuk artikel kali ini sob, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung. Jika ada saran dan masukan silahkan komentar di bawah ya. 

Post a Comment for "Pemula Wajib Tau! Rekomendasi Pensil 2B Terbaik untuk Latihan Menggambar"