Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

9 Cara Mudah Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

Daging kambing memang terkenal memiliki bau prengus yang sangat menyengat. Hal ini karena pada daging kambing mengandung zat feromon. Biasanya zat feromon ini paling banyak ditemukan pada kambing jantan. Bau prengus inilah yang kurang disukai masyarakat. Karena setelah kita menyantapnya, baunya justru masih ada dan agak susah untuk dihilangkan. 

Sebenarnya banyak artikel yang mengulas tentang Cara Menghilangkan Bau Prengus Pada Masakan / Olahan Daging Kambing. Hanya saja terkadang masih kurang begitu sempurna, baunya masih tetap ada. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan sajikan ulasan lengkap Tips Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing. 

Apalagi jika musim Iedul Adha seperti sekarang ini. Iedul Adha 2020 Jatuh pada Jum'at 31 Juli 2020. Biasanya Masyarakat akan melakukan puasa arafah sebelum hari raya Iedul Adha. Pada momen yang ini, banyak sekali hewan kurban yang disembelih. Stok daging di masyarakat menjadi melimpah. Orang yang tadinya tidak dapat menikmati daging, pada Iedul Adha dapat menikmatinya. Baca Juga: Manfaat Daging Kelinci yang harus kamu ketahui

Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Daging kambing

1. Jangan Mencuci Daging Kambing

Mencuci daging kambing hanya akan menambah bau prengus semakin kuat. Tentu kita tak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu, kalian dapat melakukan dua cara sebagai pengganti mencuci daging nih. Pertama kalian dapat mengelap daging hingga kering menggunakan tisu atau lap yang bersih. Kedua kalian dapat merebus daging dengan air mendidih. Biarkan daging mengeluarkan banyak buih, jika sudah terlihat banyak buihnya, daging dapat diangkat. Pada proses ini, kotoran dan bau pada daging akan ikut keluar, jadi daging lebih bersih dan sehat. 

2. Menghilangkan Lemak

Lemak pada daging kambing sangat mudah dibedakan dan ditemukan. Bagian lemak biasanya berwarna putih. Jika susah untuk menghilangkan dalam kondisi normal, kalian dapat menghilangkan lemak ketika dagingnya dalam kondisi beku (masukan freezer). Gunakan pisau tajam untuk menghilangkannya, tetapi harus berhati-hati agar tidak melukai tangan. 

3. Bungkus dengan Daun Pepaya

Daun pepaya dapat digunakan sebagai penghilang bau prengus. Selain itu, daun pepaya juga akan melunakkan tekstur daging. Kalian cukup membungkus daging dengan daun pepaya selama beberapa saat. Jika tidak ada daun pepaya, kalian dapat menggunakan daun jati ataupun daun jambu. Kedua daun ini fungsinya sama seperti daun pepaya tadi. 
Mengolah daging kambing

4. Menggunakan Nanas

Nanas dikenal sebagai buah yang dapat melunakkan tekstur daging. Biasanya Masyarakat memasak daging dengan nanas yang dipotong agar daging menjadi lunak dan amoh. Untuk menghilangkan bau prengus, kalian dapat memarut nanas dan melumasinya ke daging. Pastikan parutan nanas melumuri seluruh daging. Diambkan beberapa saat hingga bau mulai memudar. 

5. Merebus dengan Rempah-rempah

Rempah-rempah yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing yakni jahe, kunyit, daun jeruk, serei, dan rempah lainnya yang beraroma harum. Kalian dapat merebus hingga warnanya mulai berubah menjadi coklat dan kotoran pada daging keluar. Setelah itu, angkat daging. Dan daging siap untuk diolah. 

6. Lumuri dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis terkenal dengan baunya yang harum dan kuat. Oleh karena itu, dapat digunakan untuk menghilangkan bau prengus. Caranya yakni dengan melumuri permukaan daging dengan perasan jeruk nipis ataupun jeruk limau. Pastikan diratakan hingga benar-benar terserap. Kemudian diamkan sampai 30 hingga 60 menit. 

7. Rebus dengan Lobak

Lobak memiliki kadar kolin yang dapat mengurangi bau prengus pada daging kambing. Caranya yakni dengan memotong lobak kecil-kecil dan rebus bersama daging kambing. Rebus sekitar 30 menit kemudian angkat. Dan daging kambing siap untuk diolah menjadi makanan lezat. 
Olahan daging kambing

8. Rebus dengan Kacang Hijau

Kacang hijau sering dimanfaatkan untuk olahan makanan yang enak ya sob. Tetapi ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau loh. Caranya rebus 1kg daging kambing dengan 5gram kacang hijau selama 15 menit. Jika dagingnya 2kg maka kacang hijaunya ada 10 gram. Gunakan takaran tersebut supaya hasilnya bisa lebih terasa. Setelah itu, daging siap diolah sesuai selera masing-masing. Baca juga: Segudang Manfaat Bawang Putih Yang Jarang Diketahui

9. Menggunakan Garam

Garam dipercaya mampu menetralkan bau dan darah dari kambing. Kalian hanya perlu menaburkan garam pada permukaan daging kambing. Diamkan hingga 60 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin dan daging kambing siap untuk dimasak. 

Bagaimana? Mudah bukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing? Cara di atas dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah juga untuk ditemukan. Jadi kalian tidak perlu khawatir dengan bau daging yang menyengat, karena sekarang sudah tahu cara untuk menghilangkannya. 

Sekian 9 Cara Untuk Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing. Semoga tips ini bermanfaat. Jika dirasa bermanfaat, silahkan share ke teman-teman kalian agar mereka juga tahu apa yang kalian tahu. 

Post a Comment for "9 Cara Mudah Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing "