Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

20+ Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Bahasa Indonesia Dengan Singkat

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Singkat

Contoh teks deskripsi

Deskripsi tentang hewan pada materi kali ini kami sajikan saja contoh-contohnya. Lengkap jelas dan mendalam. Kami sajikan untuk mendukung materi sebelumnya mengenai teks deskripsi. Untuk memudahkan memahami materi teks deskripsi, maka kami sajikan contoh teks deskripsi tentang hewan secara singkat dalam bahasa Indonesia.

Contoh teks deskripsi hewan sapi

Segala Manfaat dari Sapi

Sapi

Sapi merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan yang memiliki kaki empat. Sapi memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Hewan bertanduk ini memang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Biasanya sapi dipelihara untuk dimanfaatkan daging dan susunya. Susu sapi murni dipercaya sebagian masyarakat Indonesia sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.

Umumnya Jenis sapi ada dua, yaitu sapi perah dan sapi pedaging. Sapi perah biasanya dipelihara untuk diambil susunya. Warna sapi perah identik dengan warna corak hitam dan putih. Sedangkan sapi pedaging hanya diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya. Warna sapi pedaging biasanya polos atau terdiri dari satu warna. Tetapi ada juga yang berwarna polang di bagian kepala. 

Tidak hanya daging dan susunya saja yang dimanfaatkan. Tetapi semua bagian sapi dapat diolah dan dimanfaatkan. Tanduk sapi yang keras dapat dijadikan olahan kerajinan tangan seperti hiasan dinding dan lainnya. Kaki sapi bisa dimasak, jeroan sapi juga bisa dimasak untuk dijadikan soto babat. Bahkan tulang sapi juga bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan jam tangan. 

Kulit sapi lumayan tebal. Kulit ini diselimuti bulu halus yang juga lumayan lebat. Kulit sapi sering kali dimanfaatkan sebagai bahan baku bedug atau gendang. Karena terkenal kuat dan awet. Selain itu, kulit sapi juga bisa dimasak loh. Biasanya kulit sapi dimasak menjadi tongseng, sop, dan lain sebagainya. 

Sapi menjadi hewan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sejak dulu sapi sering dimanfaatkan guna memudahkan pekerjaan membajak sawah. Alangkah baiknya jika kita berterimakasih kepada sang pencipta karena telah memberi semua yang manusia butuhkan. Bahkan pada seekor sapi yang memiliki banyak sekali manfaat.

Contoh teks deskripsi hewan kambing

Kambing binatang ternak

Kambing

Kambing dikenal sebagai hewan pemakan tumbuhan atau herbivora. Kambing memiliki dua tanduk di kepalanya. Hewan berkaki empat ini ukurannya memang lebih kecil dari pada sapi. Meski begitu, kambing juga termasuk dalam hewan ternak yang dimanfaatkan daging serta susunya. Daging kambing memiliki banyak khasiat namun untuk penderita darah tinggi tidak disarankan mengonsumsi terlalu banyak daging kambing. 

Jenis kambing begitu banyak, ada kambing jawa atau lokal, kambing etawa, kambing gembel / domba, kambing spanyol, dan masih banyak lagi. Harga dari setiap kambing juga berbeda-beda tergantung jenis, ukuran, dan usia. Untuk ukuran tubuh juga bisa menjadi sebuah ciri tersendiri untuk jenis kambing. 

Umumnya si kambing diberi pakan rumput. Tetapi banyak juga peternak yang memberi pakan ampas tahu sebagai alternatif rumput. Selain itu, biasanya kambing diberi konsentrat agar dapat tumbuh dengan cepat dan berisi. Pertumbuhan kambing juga lumayan cepat jika diberi pakan bernutrisi tinggi. Peternak menjadi cepat panen.

Kambing dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Yang paling sering yakni diolah menjadi sate. Sate kambing sangat empuk dan enak. Tapi harus ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi daging kambing ya.

Contoh teks deskripsi hewan kucing

Boby kucingku

Kucing

Aku memiliki peliharaan kucing di rumah, namanya adalah boby. Setiap hari aku selalu bermain dengan boby. Aku merawat boby sejak boby berusia dua bulan. Saat itu kondisinya sangat memprihatinkan karena saat itu ibu boby meninggal dunia karena tertabrak mobil di jalan. Setiap pagi, aku memberi makan sereal untuk boby. Siangnya aku beri dia nasi dan ikan rebus. 

Boby merupakan kucing jenis persia medium. Sebenarnya ada banyak jenis kucing di dunia ini, mulai dari persia medium, flat, peaknose, rusian blue, mix / mixdom, angora, spyx, dan lain sebagainya. Apapun jenis kucingnya, kita harus tetap menyayangi mereka seperti keluarga sendiri. Boby juga selalu kumandikan setiap hari Minggu dan Rabu. 

Terkadang, boby suka bermain ke rumah tetangga. Karena di sana ada kucing betina. Mungkin boby suka dengan kucing betina tetangga. Aku biarkan saja sampai dia pulang sendiri ke rumah. Kadang jika dia tidak main, boby akan tidur malas-malasan di sofa. Hal ini juga yang membuatku semakin gemes dengan boby. 

Aku sangat menyayangi boby. Ia sudah menjadi bagian dari keluarga kami. Ayah, Ibu, Kakak juga sangat sayang pada boby. Mereka selalu mengelus-elus bulu boby yang lembut. Setiap hari diisi dengan tingkah lucu nan menggemaskan boby. Rasanya ingin sekali selalu seperti ini untuk selamanya. 

Sendi Kucingku

Saya memiliki seekor kucing. Namanya Sendi. Saya memberinya nama itu sebab saya bimbang mau berikan namanya apa. Sudah sering saya mempunyai kucing, namun kucing-kucingku mati terserang penyakit ataupun diracun. Bahkan yang terakhir (Sebelum sendi) mati karena tertabrak mobil.

Sendi mempunyai bulu bercorak gelap, dari kepala sampai ekornya bercorak gelap pekat. Ekornya sangat panjang serta melambai-lambai bila dia berjalan-jalan. Matanya bercorak kuning serta terkesan sangat galak. Sendi memiliki bulu pendek. Namun bulunya sangat halus serta mengkilat. Ia termasuk kucing kampung atau kucing rumahan biasa. Setiap hari saya selalu memberikan dia makan ikan dan sereal agar cepat gemuk.

Saya sangat mencintai sendi. Sendi selalu dimandikan dua kali dalam seminggu. Dia selalu menemaniku sembari menjilati bulu- bulunya ketika saya belajar. Dia sangat manja ketika memohon makan, dia hendak menggigit pelan kaki ataupun tanganku, seolah- olah mengajakku ke tempat makan. Tiap pagi dia senantiasa membangunkanku dengan mengelus-elus kepalanya ke tangan serta kakiku. Oleh sebab seperti itu saya sangat menyayanginya.

Contoh teks deskripsi hewan onta

Onta Sang Penakluk Gurun

Onta

Siapa si yang tidak tahu onta? Hewan berkaki empat ini memang terkenal karena memiliki punuk dan identik dengan hewan gurun. Hewan unik ini menjadi tunggangan di gurun dan menjadi penakluk gurun karena dapat bertahan di bawah terik panas matahari.

Onta memiliki bulu mata panjang yang berfungsi sebagai pelindung mata dari pasir dan sengatan sinar matahari. Selain itu lubang hidung onta dapat ditutup rapat, hal ini berfungsi untuk menghindari masuknya pasir ke dalam hidung. Onta memiliki lapisan penahan berat yang berada di kaki. Fungsinya yaitu agar onta tidak tenggelam ke pasir ketika melakukan perjalanan di atas gurun. Kulit tebal yang dimiliki onta membuat ia tidak mudah untuk berkeringat. Onta sangat jarang buang air kecil, hal ini agar onta tidak kehilangan banyak cairan yang berada dalam tubuh.

Pada Punuk onta terdiri dari lemak yang dapat diubah menjadi air, air ini dimanfaatkan onta sesuai kebutuhannya. Hal inilah yang membuat onta dapat bertahan di padang pasir. Onta juga mampu bertahan selama 15 hari perjalanan tanpa minum air sedikit pun. Ia dapat mengonsumsi air yang sangat cepat dan dalam jumlah besar. Unta dapat mengonsumsi 80 liter air dalam waktu kurang dari 10 menit.

Onta termasuk dalam hewan yang istimewa. Karena kemampuannya yang luar biasa, ia dapat menaklukkan gurun pasir yang panas dan gersang. Sungguh luar biasa dapat bertahan lama tidaj minum tidak makan di tengah gurun.

Contoh teks deskripsi hewan kuda

Kuda Sang Pekerja Keras

Kuda

hewan berkaki 4 ini merupakan hewan herbivora. kuda mempunyai kaki yang besar dan panjang. biasanya hewan ini dipakai untuk kereta kuda pada zaman dahulu. tapi sekarang kuda dipakai untuk lomba pacuan kuda, diternakkan dan lain-lain. kecepatan kuda saat berlari inilah yang membuat hewan ini dijadikan lomba.

kuda memiliki empat kaki. kuda memiliki rambut yang biasanya berwarna hitam, coklat, putih, dan lain-lain. Tinggi kuda bisa mencapai hampir dua meter. Bahkan ada juga kuda yang bisa mencapai tinggi dua meter. 

Di Indonesia jenis kuda yang paling terkenal adalah kuda Sumbawa. Kuda jenis ini sudah terkenal seantero jagat karena ketangguhannya dalam melewati berbagai medan. Kecepatan kuda saat berlari bisa mencapai 88 km/jam loh. Larinya memang sangat kencang. Maka tak heran, pada zaman dahulu kuda menjadi alat transportasi para sultan dan raja. 

Kuda memang menjadi hewan yang pekerja keras. Hal ini karena kuda dapat melakukan aktivitas berat seperti menarik kereta kencana hingga berlari jauh di bawah terik matahari. Hal ini juga yang membuat kuda masih eksis di masa sekarang. 

Contoh teks deskripsi hewan kelinci

Kelinci si Telinga panjang

Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui. Kelinci mempunyai 2 pasang kaki belakang yang lumayan panjang. Sedangkan dua pasang kaki depannya agak pendek. ia mempunya telinga panjang, sehingga pendengaran yang dimiliki kelinci sangat bagus. Kelinci mempunyai satu keunikan dari binatang darat lainnya, kelinci mempunya cara jalan yang unik dengan cara melompat, begitulah cara kelinci berjalan.

Jenis kelinci di dunia ini sangat banyak. Yang paling besar seperti anak kambing yakni kelinci Flamish Giant dan German Giant. Selain itu ada juga kelinci New Zealand dan Himalaya yang sering dijadikan bahan daging. Ada juga jenis Rex yang memiliki bulu super halus dan corak warna yang indah. Yang menjadi warna favorit jelinci jenis rex adalah broken black. 

Biasanya kelinci dipelihara untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan atau hewan hias. Tetapi pada beberapa kasus, kelinci diternak untuk dimanfaatkan dagingnya. Daging kelinci sangat empuk dan lezat. Daging kelinci juga sangat lezat untuk dijadikan sebagai sate dan tongseng. 

Hewan bertelinga panjang ini memang sangat imut untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Tingkahnya yang menggemaskan membuat pemilik menjadi betah di rumah. Kelinci juga bisa diajak bermain layaknya kucing loh. Yang penting dilatih terus menerus agar ia semakint.

Contoh teks deskripsi hewan zebra

Si belang Zebra
Zebra

zebra adalah hewan mamalia yang banyak hidup di Afrika. zebra memiliki warna kulit tubuh yang cukup unik dan berbeda dari hewan lain. Zebra berwarna putih bercorak hitam putih. sekilas semua zebra bercorak sama, namun sebenarnya antara satu zebra dan zebra lainnya coraknya berbeda. corak di kulit tubuhnya ini, seperti sidik jari, selalu berbeda. Sekilas bentuk fisik zebra menyerupai kuda. Kita dapat melihat zebra secara langsung di kebun binatang. 

Di alam bebas, zebra memakan tumbuhan hijau dan rerumputan. Zebra memiliki dua mata yang letaknya di kanan dan kiri. Posisi mata hampir sama dengan kuda. Bahkan ada yang mengatakan jika zebra masih satu darah atau keturunan dengan kuda. Zebra juga memiliki kecepatan luar biasa saat berlari. Kecepatannya bahkan setara dengan kuda. Mungkin saja kecepatan ini didapat karena ia sering menjadi mangsa singa ataupun harimau di alam liar.

Contoh teks deskripsi hewan semut

Si mungil Semut

Semut

Semut tergolong filum Arthropoda dan famili Formicidae. Semut memiliki keunikan spesial yang membedakannya dengan hewan yang lain. Semut mempunyai struktur badan yang terdiri dari kepala, dada serta perut. Pada bagian kepala, ia mempunyai mulut yang terdiri dari mandibula, maksila, serta palpi. Ia mempunyai badan yang berkerangka luar yang berikan proteksi serta bagaikan tempat buat melekatnya otot- otot badan, kepala semut memiliki banyak organ sensor serta antena yang bermanfaat sebagai perlengkapan berbicara dengan semut lain. Ia juga memiliki alat peraba yang berguna mendeteksi bahaya ataupun ancaman. Pada bagian kepala, terdapat rahang yang kuat dan dapat digunakan untuk membawa makanan yang beratnya 10x lebih berat dari badannya. Selain itu, rahang kuat juga digunakan untuk membuat sarang dan sebagai pertahanan diri dari predator atau musuh.

Semut dapat bertahan hidup di berbagai wilayah, termasuk dengan wilayah yang sangat ekstrim. Namun umumnya kita menemukan semut di lorong-lorong atau dalam tanah. Hal ini karena lorong-lorong dapat digunakan sebagai tempat paling aman untuk menaruh telurnya. Semut merupakan hewan yang hidup berkelompok, dalam kelompoknya ada ratu ataupun raja semut yang mengendalikan kehidupan mereka. Semut kerap bersembunyi pada daun- daun (baik itu daun kering ataupun masih hijau) yang telah mereka rubah menjadi lorong atau gumpalan untuk tempat persembunyian.

Ketika mengunyah makanannya, semut akan menggunakan maksila. Maksila yang ada pada semut dapat digunakan untuk menghancurkan atau melunakkan makanan yang sangat keras. Mereka cenderung menggemari cairan yang manis. Contohnya saja madu, cairan gula, ataupun cairan yang berasal dari nektar bunga. Sebagian koloni semut, menggunakan kutu daun untuk dijadikan makanannya. Kutu daun tersebut hidup dengan metode menghirup cairan embun yang manis. Metode semut memperoleh cairan embun tersebut dengan metode menggelitik bagian ujung abdomen kutu sehingga kutu- kutu tersebut menghasilkan cairannya.

Sahabat semua pasti sudah tahu, jika semut berkembang dengan cara bertelur. Telur tersebut nanti akan dibuahi, setelah itu telur akan berkembang menjadi larva. Setelah menjadi larva, maka proses selanjutnya yakni menjadi pupa. Perlu diketahui juga, larva semut sangat rentan untuk jadi santapan predator. Selain itu, larva juga sering dimanfaatkan untuk hewan ternak. Oleh karena itu, semut-semut lain akan senantiasa menjaga larva dan memberi makan larva agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Cara semut memberi makan larva dinamakan dengan trophallaxis.

Contoh teks deskripsi hewan lebah

Lebah sang Penghasil Madu

Lebah Madu

Lebah mempunyai rambut-rambut tipis yang dapat melindungi mata majemuk yang panjang serta berdiri. Fungsi bulu tersebut yaitu untuk menjaga mengambil polen. Lebah madu memiliki scutellum (bagian balik dari dada/ thorak serangga) yang sangat cembung. Selain itu ada juga danada lobus pada bagian sayap. Tubuh lebah memiliki organ bercorak hitam gelap dengan 4 buah garis-garis kuning di bagian perutnya. Antara Ratu Lebah, Lebah Pekerja serta Lebah Jantan memiliki perbedaan tersendiri.

Ratu Lebah mempunyai badan yang lebih besar daripada Lebah Pekerja, sebab organ reproduksinya besar. Lebah Pekerja mempunyai organ bonus berbentuk “pemencet polen” pada kaki belakangnya guna mengangkat polen, serta organ “penyengat” yang berfungsi menyimpan telur. Sedangkan Lebah Jantan mempunyai mata yang besar, tidak terdapat organ penyengat serta wujud perut lebih tumpul.

Lebah Madu dapat ditemukan di daerah Asia Selatan serta Asia Tenggara, contohnya saja di Korea, Jepang, Cina, Pakistan, India, Nepal, Bangladesh, Malaysia, Indonesia serta Papua Nugini. Lebah madu ini telah lama dimanfaatkan oleh warga sebagai penghasil madu, pollen wax, larva serta pupanya bisa disantap. tidak hanya itu lebah madu juga turut membantu menyebarkan atau menyuburkan tanaman. 

Lebah madu memang sangat banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia. Sejak zaman dahulu hingga sekarang ini, lebah madu menjadi hewan paling diminati karena manfaatnya yang luar biasa banyak. 

Contoh teks deskripsi hewan kura-kura

Rumah Keras Kura-kura

Kura-kura

Hewan kura-kura tergolong reptil yang dikenal dengan tempurung di punggungnya. Habitat aslinya berada di perairan. Kura-kura tergolong hewan herbivora, namun ada juga yang karnivora dan omnivora. Namun umumnya kura-kura hanya memakan hijauan. Perkembangbiakan kura-kura dilakukan dengan cara bertelur. Telur-telur yang jumlahnya ratusan ditanam oleh indukan di dalam pasir. Telur ini akan menetas berkat bantuan dari panas sinar matahari yang menyoroti pasir. Lama telur dapat menetas sekitar 50 sampai 70 hari.

Temperatur pasir sangat berpengaruh pada jumlah telur yang menetas. Jika suhunya lumayan panas, maka keberhasilan penetasan bisa 100% tetapi jika suhunya di bawah rata-rata maka kemungkinan besar banyak telur yang tidak dapat menetas.

Yang tidak kalah menarik, rentang hidup kura-kura sangat lama. Kura-kura dari Kepulauan Seychelles tercatat sempat mempunyai umur panjang sampai 152 tahun, ia hidup dari tahun 1766 sampai tahun 1918.

Kura-kura tidak mempunyai gigi. Namun, hewan berkaki 4 ini mempunyai moncong yang keras. Ia bahkan sanggup meremukkan makanan berkeping-keping. Meski tanpa gigi, kura-kura tetap dapat makan dengan baik karena organ pencernaannya yang memungkinkan makanan dapat tercerna dengan baik.

Umumnya ukuran tubuh kura-kura begitu kecil, tetapi jenis kura-kura yang memiliki tubuh besar. Ukuran bawah kura-kura selalu mengikuti panjang dari tempurungnya. Bentuk tempurung kura-kura mirip seperti sisik. Demikian pula dengan plastron ataupun bagian dasar perut kura-kura. Baik tempurung ataupun plastron, mempunyai 2 susunan, susunan dalam serta susunan luar. Susunan luar merupakan susunan yang sangat keras. Sedangkan susunan dalam merupakan susunan tulang yang rapat. Oleh karena itu, kura-kura sangat keras sekali bahkan buaya tidak dapat menembus cangkang kura-kura.

Hewan yang masuk ke dalam kura- kura terdapat 3 tipe penyebutan. Awal, kura- kura yang cenderung lebih banyak hidup di darat serta mempunyai kuku. Kedua, bulus yang cenderung mempunyai tempurung lunak serta hidup di air tawar. Ketiga, penyu yang hidup di laut serta mempunyai kaki semacam dayung.

Contoh teks deskripsi hewan angsa

Galaknya Angsa

Angsa

Di Indonesia, kita dapat dengan mudah menemukan angsa. Hewan ini termasuk dalam unggas dan masih satu jenis dengan bebek. Hanya saja ukuran angsa jauh lebih besar dibandingkan dengan bebek. Angsa terkenal galak karena dapat mengejar semua yang dirasa mengganggunya atau mengancamnya. 

Telur angsa juga lebih besar dibandingkan dengan telur bebek. Oleh karena itu, keberhasilan telur untuk menetas juga semakin kecil. Pasti ada telur yang tidak menetas ketika dierami oleh induknya. Induk angsa akan jauh lebih galak ketika ia sedang mengerami atau menjaga anaknya. Ia memiliki moncong atau paruh atau mulut berbentuk pipih. Namun moncong yang dimiliki angsa jauh lebih keras dan bergerigi (gigi kecil).

Angsa dikenal karena merupakan hewan penyayang. Ia kan menjaga dan merawat anaknya dan selalu waspada dengan bahaya yang mengancam. 

Contoh teks deskripsi hewan bebek

Bebek si Pandai berbaris

Bebek

Bebek merupakan salah satu hewan unggas yang memiliki bulu tebal. Bulu bebek mengandung minyak yang dapat membuatnya tidak basah dan tenggelam ketika berenang di air. Bebek masih satu keluarga dengan angsa, entok, dan belibis. 

Bebek termasuk hewan omnivora atau pemakan segalanya. Kaki bebek terdapat selaput yang membantunya dapat berenang dengan cepat dan baik. Bebek berkembang biak dengan cara bertelur. 

Telur bebek sering dikonsumsi dan dijadikan olahan pangan seperti telur asin dan telur bakar. Selain itu, daging bebek juga terkenal empuk dan nikmat. Banyak orang Indonesia yang suka dengan olahan daging bebek ataupun telur bebek.

Contoh teks deskripsi hewan ayam

Alarm Subuh Dari Ayam

Ayam

Ayam merupakan sejenis unggas berkaki 2 yang banyak dipelihara oleh orang Indonesia. Ayam sering berkokok ketika menjelang fajar terbit. Saat subuh biasanya ayam sudah mulai membunyikan suara emasnya untuk membangunkan manusia dan menjadi penanda fajar telah tiba. 

Ayam jantan biasanya memiliki jalu, jengger dan badannya jauh lebih besar. Sedangkan ayam betina tidak memiliki jengger serta tidak memiliki jalu. Ukuran tubuh betina juga lebih kecil. 

Ayam termasuk hewan yang bersayap namun tidak dapat terbang. Hewan ini sangat gampang menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan. Yang terpenting adalah ketersediaan pakan melimpah. Ayam umumnya memakan biji–bijian, pur, nasi dan lain sebagainya.

Berdasarkan kegunaannya, ayam terbagi menjadi dua jenis yaitu ayam konsumsi dan ayam hias. Ayam konsumsi biasanya ayam yang dimanfaatkan telur dan dagingnya. Sedangkan ayam hias biasanya untuk kontes dan hanya hiasan saja di rumah.

Contoh teks deskripsi hewan jerapah

Jerapah si Hewan tertinggi di dunia

Jerapah

Jerapah merupakan hewan endemik asal Afrika yang unik. Ia memiliki tinggi tubuh yang luar biasa. Bahkan bisa setara dengan tinggi pohon. Jerapah memiliki leher yang panjang, yang dapat dimanfaatkan untuk meraih dedaunan yang ada di pohon. Dia sangat menyukai memakan daun segar yang berasal dari pohon dimana dia berada. Karena ukuran tubuhnya begitu tinggi dan besar, ia juga membutuhkan asupan gizi yang banyak. Oleh karena itu jerapah dapat memakan  63 kilogram dedaunan ataupun tumbuhan dalam waktu satu hari.

Jerapah memiliki warna corak coklat. Ia juga memiliki kuku berwarna hitam yang keras serta tanduk kecil di kepalanya. Tanduk ini tidaklah runcing. Menjadi hewan tertinggi di dunia, membuat jerapah dapat berpindah-pindah tempat dengan cepat. Ia akan berpindah ke tempat yang memiliki pohon subur dengan dedaunan yang hijau.

Contoh teks deskripsi hewan gajah

Gajah si Hewan terbesar di dunia

Gajah

Sekarang ini, gajah merupakan hewan terbesar di dunia. Gajah memiliki dua gading yang tajam dan panjang serta belalai yang dapat digunakan untuk mengambil air ataupun mengambil rumput. Gajah berwarna abu-abu dan daun telinga gajah juga besar dan lebar. Kulit gajah sangat keras, ada bulu-bulu halus yang tumbuh di beberapa area kulit gajah.

Saat ini gajah termasuk hewan yang dilindungi karena keberadaannya di alam liar semakin sedikit. Kita dapat menjumpai gajah di kebun binatang. Hewan dengan kaki besar dan kuku besar ini semakin sedikit karena perburuan liar yang menangkap dan mengambil gading gajah secara paksa. 

Contoh teks deskripsi hewan Buaya

Kulit Baja Buaya

Buaya

Buaya merupakan hewan karnivora atau pemakan daging. Buaya dapat hidup di darat dan di air, namun ia lebih sering menghabiskan hidupnya di air. Buaya berkembang biak dengan cara bertelur. Induk yang sedang mengerami atau menjaga telurnya akan menjadi sangat galak. 

Buaya memiliki moncong panjang dan gigi yang tajam serta kuat. Buaya memiliki empat kaki disertai kuku yang tajam. Ekor buaya berfungsi untuk mendayung ketika ia berenang di air. Kulit buaya juga terkenal sangat keras, bahkan saking kerasnya ia takan bisa tembus digigit buaya lain. Gigitan buaya terkenal sangat kuat, ia takan melepaskan mangsanya yang sudah tergigit.

Contoh teks deskripsi hewan harimau

Buas di Alam, Harimau

Harimau

Harimau merupakan hewan mamalia atau hewan yang menyusui. Kucing besar Ini adalah hewan buas di alam dan pemakan daging. Tinggi Harimau bisa mencapai 1,5 meter, sedangkan panjangnya sampai 3,3 meter, dan berat tubuhnya mencapai 300 kilogram. Ia juga memiliki bulu berwarna putih dan cokelat ke emas-emasan disertai belang atau loreng berwarna hitam. 

Harimau memiliki taring yang panjang dan tajam untuk merobek mangsanya. Ia juga dibekali kaki yang kuat untuk memburu mangsa serta cakar yang tajam untuk melumpuhkan mangsanya. Harimau dapat dengan mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau bisa hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia sendiri, harimau bisa ditemukan di hutan-hutan. Yang jumlahnya masih dan terkenal yakni ada di hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.

Harimau merupakan hewan penyendiri, Ia juga lebih suka berburu sendirian. Harimau juga memiliki wilayah kekuasaan diantara hewan lain dan harimau lain. Harimau termasuk hewan yang dilindungi karena jumlahnya di alam liar yang makin sedikit akibat perburuan liar. 

Contoh teks deskripsi hewan singa

Sang Raja Hutan, Singa

Singa

Singa termasuk hewan karnivora atau pemakan daging. Di alam liar, ia memakan daging rusa, zebra, musang, kijang, kelinci, dan lainnya. Singa jantan terkenal pasif, menghabiskan harinya dengan tidur-tiduran. Sedangkan urusan berburu diserahkan pada singa betina. 

Singa berkembang biak dengan cara melahirkan. Singa betina akan menjalani masa kehamilan sekitar 105 hari. Dalam sekali melahirkan ia dapat melahirkan bayi singa sebanyak 2-3 sekaligus. 

Singa dikenal sebagai raja hutan. Ia memiliki tubuh yang berotot dan pendek. Warna bulu singa yakni cokelat keemasan. Sedangkan bagian bawah perut singa akan berwarna lebih muda atau cokelat muda.

Ukuran tubuh singa jantan jauh lebih besar ketimbang singa betina. Singa jantan memiliki bulu lebat dan panjang di sekitar lehernya. Singa dapat bertahan hidup di alam liar sekitar 20-30 tahun. Kita dapat melihat singa secara langsung di kebun binatang. 

Itulah beberapa teks deskripsi yang sekiranya dapat dijadikan sebagai referensi untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung, apa bila ada kritik saran dan tanggapan silakan tulis di kolom komentar.

Post a Comment for " 20+ Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Bahasa Indonesia Dengan Singkat"