Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

12 Manfaat Meminta Maaf yang Wajib Kamu Ketahui

Meminta maaf merupakan hal yang kecil namun sangat besar maknanya. Walaupun terlihat sepele, tetapi dampaknya begitu besar. Biasanya orang akan meminta maaf ketika ia memiliki kesalahan kepada orang lain. Entah kesalahan tersebut disengaja ataupun tidak, orang akan tetap meminta maaf. 

Orang yang berani mengakui kesalahannya dan berani meminta maaf, maka ia sama seperti kesatria. Ia berani merendah dan tidak memiliki jiwa sombong. Orang yang seperti ini biasanya memiliki hati yang lembut dan kesabaran yang tinggi. Baca Juga: kata-kata ajaib yang harus kamu tahu

Bagi sebagian orang, meminta maaf terlebih dahulu mungkin dirasa tidak enak atau 'gengsi'. Jika orang tersebut mengetahui manfaat meminta maaf, pasti banyak orang yang akan meminta maaf terlebih dahulu. Pada kesempatan kali ini saya akan paparkan beberapa nilai positif atau manfaat dari sebuah hal kecil yang bernama meminta maaf. 
Maaf

Manfaat Meminta Maaf

1. Mengontrol Menuju Kebaikan

Sadar atau tidak, hanya dengan meminta maaf terlebih dahulu kepada orang lain, akan lebih mengontrol diri kita. Kita akan lebih berhati-hati untuk melakukan kesalahan yang sama dan kita lebih waspada dengan kesalahan-kesalahan yang mungkin dapat diperbuat kepada orang lain. Baik itu kesalahan kecil, maupun besar.

2. Membuat Kita Tahu Diri

Berbuat salah kepada orang lain, tentu sangat tidak mengenakkan. Apalagi jika diri kita yang disalahi, pasti kita akan marah bukan? Oleh sebab itu, meminta maaf dapat mencairkan suasana dan membuat kita lebih tahu diri untuk tidak sombong dan angkuh.

3. Mengerti Siapa Kita Sebenarnya

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk yang lemah. Ya, hal ini memang benar. Oleh karena itu, sebagai manusia patutnya kita tidak boleh sombong. Salah satu bentuk kesombongan adalah tidak mau mengakui kesalahan dan tidak mau meminta maaf.

4. Sebuah Jalan Memperbaiki Kesalahan

Meminta maaf sama saja mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Orang yang telah melakukan kesalahan yang sama tentu akan berpikir ulang untuk melakukannya lagi. Maka sebagian besar orang akan memperbaiki diri agar tidak melakukan kesalahan yang sama pada orang lain.

5. Membuat Pikiran Tenang

Apa yang kamu rasakan ketika melakukan kesalahan? Pasti gugup, takut, dan tidak percaya diri bukan? Pikiran rasanya seperti bercabang-cabang. Berbeda jika kita mengakui kesalahan dan berani meminta maaf. Pikiran akan menjadi tenang dan tentram.

6. Cermin Pribadi Bersahaja

Orang yang berani meminta maaf akan lebih terlihat mulia bak kesatria. Keberanian meminta maaf tentu menjadi cermin bahwa orang tersebut memang benar-benar orang baik dan memiliki hati yang lembut. 

7. Membangun Rasa Hormat

Apa yang kamu rasakan ketika melihat orang lain meminta maaf dan mengakui kesalahannya? Wah pasti akan terkesan bukan? Meminta maaf tidak akan menghinakan atau merendahkan diri kita. Justru dengan meminta maaf kita akan dipandang lebih terhormat.

8. Menciptakan Progresivitas Diri

Orang yang senantiasa meminta maaf ketika berbuat kesalahan, sama saja ia selalu mengupgrade diri untuk menjadi lebih baik lagi. Jika hal ini terus dilakukan maka semakin hari ia akan menjadi berkembang lagi menuju kebaikan yang tiada tara. 

9. Membangun Pondasi Hubungan yang Kuat

Membuat kesalahan merupakan hal yang wajar. Tetapi kita wajib meminta maaf agar tetap bisa menjaga tali silaturahmi. Tanpa meminta maaf, maka hubungan baik dengan seseorang akan menjadi renggang. Hal ini justru menimbulkan ketidakharmonisan dalam hubungan bertetangga atau bermasyarakat.

10. Menjaga Integritas

Nilai yang paling penting dari meminta maaf yakni kita tetap menjaga kesantunan dan kewajiban untuk saling menjaga hubungan baik antar sesama. Hasil akhirnya akan memberikan kewibawaan yang tinggi pada diri kita. 

11. Memupuk Ketulusan

Berani meminta maaf berarti berani untuk bertanggungjawab. Orang yang senantiasa meminta maaf, ia juga belajar untuk tulus dalam meminta maaf. Hal ini pula yang terus dipupuk hingga meminta maaf tumbuh dengan kesadaran dirinya. Bukan karena kewajiban. Baca Juga: Kata-kata bijak Jack Ma untuk Pemuda

Nah itulah beberapa manfaat dari meminta maaf. Tidak ada hal negatif dari meminta maaf. Oleh karena itu, jika kita memiliki kesalahan kepada orang lain, maka minta maaflah. Kita tidak akan dipandang rendah karena meminta maaf terlebih dahulu. Justru kita akan dipandang lebih berwibawa karena bernai meminta maaf. 

Sekian untuk artikel kali ini sobat. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan wawasan pada kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung. Jika memiliki kritik, saran, dan masukkan silahkan komentar di bawah ya. 

Post a Comment for "12 Manfaat Meminta Maaf yang Wajib Kamu Ketahui"