Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Jenis, 20+ Contoh, dan Latihan Soal Lengkap

Teks Deskripsi

Materi lengkap teks deskripsi dengan contohnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Deskripsi artinya penggambaran secara jelas dan terperinci menggunakan kata-kata. Jadi, teks deskripsi pada materi kali ini adalah teks yang berisi deskripsi atau keterangan secara rinci untuk menggambarkan sesuatu.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi (deskriptif teks) adalah teks yang mendeskripsikan atau menggambarkan objek secara lengkap dan detail. Objek yang dideskripsikan akan dijelaskan secara lengkap mulai dari bagian yang paling umum / besar hingga bagian yang paling sempit / kecil. Penggambaran atau pendeskripsian objek bergantung pada sudut pandang penulis. Bisa saja antara si A dan si B dalam mendeskripsikan sebuah rumah akan berbeda hasilnya. Hal ini juga yang menjadi keutamaan teks deskripsi karena sangat mengharapkan pendeskripsian dari berbagai sudut pandang.

Pengertian Paragraf Deskripsi

Teks deskripsi dengan paragraf deskripsi sebenarnya hampir sama. Keduanya sama-sama mendeskripsikan. Bedanya teks deskripsi lebih menjelaskan sesuatu dengan rinci hingga beberapa paragraf. Sedangkan paragraf deskripsi hanya mendeskripsikan dalam satu paragraf saja. Paragraf deskripsi adalah paragraf yang isinya mendeskripsikan suatu objek dalam satu paragraf. Jadi objek yang dideskripsikan tidak akan berlanjut di paragraf berikutnya.

Contoh:

Contoh penulisan paragraf deskripsi

Paragraf A mendeskripsikan tentang bunga mawar, sedangkan pada paragraf B mendeskripsikan tentang bunga sepatu. Jadi kedua paragraf tersebut memiliki objek berbeda untuk dideskripsikan. Paragraf A bercerita tentang detail bunga mawar sedangkan B mendeskripsikan secara rinci mengenai bunga sepatu. 

pengertian karangan deskripsi

Karangan Deskripsi sedikit berbeda dengan teks deskripsi. Karangan deskripsi adalah jenis karangan yang memancing pembaca seolah-olah dapat merasakan apa yang dibaca secara langsung. Pembaca seolah-olah dapat melihat, merasakan, dan mengalami secara langsung kejadian yang ada dalam teks karangan deskripsi.

Tujuan teks deskripsi

Tujuan teks deskripsi adalah untuk menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis. Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/ perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan

Teks Deskripsi Bersifat Apa?

Teks deskripsi bersifat personal, detail, rinci, dan unik. Artinya, pada teks deskripsi menggambarkan objek secara detail dan rinci sesuai dengan pendapat masing-masing individu. Antara siswa satu dengan yang lainnya dalam mendeskripsikan sebuah papan tulis pasti akan berbeda hasilnya. Inilah keunikan dari teks deskripsi.

Sedangkan objek teks deskripsi bersifat khusus dan rinci. Artinya seseorang yang mendeskripsikan objek harus disampaikan secara detail. Mulai dari hal paling umum hingga hal paling khusus. Contoh dalam mendeskripsikan buah semangka, maka harus dideskripsikan mulai dari warna kulit, bentuk, jenis buah, warna daging buah semangka, biji semangka, pohon semangka, dan lainnya. 

Tujuan Menciptakan Teks Deskripsi

Ada beberapa tujuan dalam menciptakan teks deskripsi. Diantaranya yaitu:

  1. Untuk menggambarkan objek
  2. Untuk memberikan informasi selengkap mungkin kepada pembaca
  3. Untuk menjelaskan suatu produk, benda, barang, hingga jasa.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri teks deskripsi yang paling mudah untuk dikenali yakni dari segi penggambaran objek. Ketika kita menggambarkan sebuah pohon pisang, maka dari paragraf awal sampai paragraf akhir hanya menceritakan tentang pohon pisang. 

Ciri-ciri Umum Isi teks deskripsi 

  1. Isi deskripsi teks diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek
  2. Isi teks menggambarkan secara konkret (menggambarkan wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa, menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baik seperti apa). Dengan demikian, teks deskripsi banyak menggunakan kata khusus (warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, oranye)
  3. Isi teks deskripsi bersifat pribadi dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi (ombak menggempur, kemolekan pantai, ibuku yang tangguh)

ciri objek yang dideskripsikan

  1. Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain).
  2. Objek yang dideskripsikan bersifat opini. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu. 

Contoh judul teks deskripsi: Si Bagas Kucingku

Pada judul tersebut, hal yang dibicarakan dengan kucing bernama bagas. Jadi kucing bernama bagas dideskripsikan dan maybe saja kucing bernama bagas memiliki sifat yang berbeda dengan kucing-kucing lainnya.

Contoh judul teks deskripsi: Ibuku Kebanggaanku 

Pada judul tersebut, hal yang akan dibicarakan yakni ibu yang memiliki tanggapan berbeda atau khusus sesuai dengan pendapat penulis tentang ibu. Bisa jadi ibu yang dideskripsikan berbeda dengan ibu yang lainnya

ciri kebahasaan teks deskripsi

1. Menggunakan kata-kata khusus
Contoh: warna dirinci menjadi, ada merah, kuning, hijau, dll. Pisang dirinci menjadi, pisang ambon, pisang emas, pisang ampyang, dll.
2.  Menggunakan kalimat rincian
Contoh: Ibuku orang yang sangat baik. Dia berusaha menolong semua orang. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.
3.  Pada contoh di atas, setiap kalimat merinci sifat-sifat ibu.
Penggunaan kata sinonim dengan emosi kuat
Contoh: indah diungkapkan dengan sinonim yang lebih memiliki emosi kuat yaitu elok, permai, molek, mengagumkan, memukau, menakjubkan.
4.  menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret
Contoh: pasir pantai lembut seperti bedak bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus wajah kita.
5.  Menggun tulis sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan.
6.  Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang.
Contoh: Kucingku, Ibuku, Anda, kami, kamu, mereka, dll.

Struktur teks deskripsi

Struktur teks deskripsi terdiri dari tiga bagian, yaitu: (1) Identifikasi, (2) Deskripsi Bagian, dan (3) Simpulan. 

Struktur teks deskripsi

Untuk memudahkan kalian dalam memahami struktur teks deskripsi, maka kami akan sajikan Struktur Teks Deskripsi Beserta Contohnya.

Identifikasi/ gambaran umum Objek yang Dideskripsikan

Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.

Contoh: Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. 

Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah setiap pengunjung yang datang.

Deskripsi bagian Objek yang Dideskripsikan

Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis). Perincian juga dapat berisi perincian apa yang didengar (mendengar suara apa saja, seperti apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian juga dapat berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.

Contoh: 

Rumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada sekujur badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. 

Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis-garis lengkung yang harmonis. Rumah adat yang berjenis rumah panggung ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan plitur, kayu rumah Tongkonan tetap awet hingga ratusan tahun. 

Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja. Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau

Simpulan Mengenai Objek yang Dideskripsikan

Berisi kesan dan pesan penulis terhadap objek yang telah dideskripsikan. 

Contoh:

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan warisan budaya yang perlu kita jaga.

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi

perbedaan utama teks laporan dan teks deskripsi adalah pada sifatnya. Jika teks laporan berisi fakta dari sebuah peristiwa sedangkan teks deskripsi bersifat subjektif. Artinya teks deskripsi memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu objek sesuai dengan pemahaman penulis. Sedangkan teks laporan menyampaikan informasi kepada pembaca berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan. Untuk lebih jelasnya simak beberapa perbedaan antara teks laporan dengan teks deskripsi sebagai berikut:

  1. Objek teks deskripsi dijelaskan secara rinci. Sedangkan pada teks laporan menjelaskannya sesuai data dan fakta yang ada.
  2. Teks laporan menyampaikan informasi sesuai pengamatan dan data yang diperoleh. Sedangkan pada teks deskripsi penyampaian informasi berdasarkan pada pemahaman penulis mengenai objek yang dideskripsikan.
  3. Objek Teks laporan berupa peristiwa atau kejadian. Sedangkan objek teks deskripsi dapat berupa benda, kejadian, peristiwa, hingga makhluk hidup.
  4. Penyusunan teks laporan mengedepankan tata bahasa yang baik sesuai kaidah kebahasaan. Sedangkan pada teks deskripsi dapat dibumbui dengan penggunaan majas atau bahasa kias.
  5. Struktur teks laporan berisi poin-poin untuk menjelaskan hasil pengamatan pada sebuah kejadian dan peristiwa. Sedangkan struktur pada teks deskripsi berisi gambaran umum, deskripsi bagian, dan simpulan.

Jenis Teks Deskripsi Ditinjau Dari Bentuknya

Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi  bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).

Cara membuat teks deskripsi

  1. Menentukan Objek untuk dideskripsikan
  2. Membuat Kerangka (menyiapkan struktur)
  3. Membuat judul teks deskripsi
  4. Mendeskripsikan pengenalan objek
  5. Mendeskripsikan bagian-bagian objek
  6. Membuat simpulan dan kesan 

Contoh Kalimat Deskripsi Bagian

  1. Bunga Melati memiliki warna putih, baunya sangat harum, biasanya digunakan sebagai bahan parfum.
  2. Kelinci memiliki gigi depan yang agak panjang, telinga panjang, ekornya pendek, dan juga memiliki bulu yang tebal.
  3. Harimau adalah binatang buas berkaki empat yang memiliki taring tajam dan berwarna belang.
  4. Gajah merupakan hewan terbesar di dunia saat ini yang memiliki gading panjang dan belalai yang panjang.
  5. Gelas atau cawan merupakan alat rumah tangga yang terbuat dari kaca, kayu, aluminium, dan digunakan untuk minum.
  6. Satu buku terdiri dari beberapa kertas yang memiliki ukuran, memiliki garis tepi dan garis untuk menulis, dan digunakan untuk menulis.

Baca juga: Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam Indonesia Singkat

Keindahan Alam Indonesia

Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Berjajar pulau-pulau dan dikelilingi lautan luas. Daratannya dipenuhi dengan gunung-gunung yang memberikan kesuburan pada tanahnya. 

Ada kata-kata yang mengatakan bahwa tanah Indonesia adalah tanah surga. Sebatang kayu yang tergeletak dapat tumbuh dengan baik. Lautan yang luas dan pegunungan yang banyak menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Bahkan turis dari negara lain sangat menyukai Indonesia yang memiliki pesona alam indah.

Kita sebut saja pulau Bali. Pulau yang satu ini bahkan sudah terkenal hingga seantero jagat. Keindahan di pulau bali memang tak bisa diragukan lagi, pantainya yang menyuguhkan ombak tenang memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Ada lagi raja Ampat, yang berada di Papua. Keindahan laut dan daratan yang masih sangat alami membuat masyarakat lokal maupun mancanegara terpesona dengan keindahannya. Lautannya yang biru nan jernih, hutannya yang menyembulkan pepohonan hijau membuat kealamian alam Indonesia sangat terasa. 

Persawahan Indonesia yang menyajikan hamparan padi membentuk pesona alam yang indah pula. Air mengalir menyusuri tanah-tanah berpadu dengan bebatuan menjadikan daya tarik tersendiri bagi setiap orang. 

Jika kita menikmati keindahan alam dari ketinggian gunung, wah sungguh luar biasa indahnya. Daratan yang terhampar luas sangat indah. Langit terasa sangat dekat bahkan terasa di atas awan. Keindahan alam Indonesia akan terus lestari jika dijaga dengan baik oleh setiap insan.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kucing Singkat

Joni Kucing Peliharaan ku

Aku memiliki kucing bernama Joni. Ia memiliki warna bulu hitam dengan mata kuning menyala. Ekornya panjang bulunya lebat. Joni sekarang berusia 2 tahun. Sudah lama aku memelihara dia sejak dia usia 2 bulan. Sekarang Joni sangat nurut dan senang diajak bermain. 

Joni selalu menunggu ku pulang sekolah di depan rumah. Ketika aku pulang, ia langsung berlari menghampiri ku. Hal ini membuat aku sangat sayang kepada Joni. Terkadang ketika aku sedang mengerjakan tugas sekolah, ia selalu menemaniku dan bahkan terkadang tidur di sampingku.

Aku selalu memandikan Joni tiga kali dalam satu minggu. Aku sangat menyayangi Joni, bahkan keluarga ku juga sudah menganggap Joni sebagai bagian dari keluarga kami. 

Contoh Teks Deskripsi Tentang Orang Singkat

Adikku Sinta

Aku memiliki adik bernama Sinta. Usianya sekarang sudah menginjak 2 tahun. Ya rasanya sangat menggemaskan melihat adikku ini. Ia selalu minta digendong ketika hendak pergi. 

Adikku memiliki rambut yang lurus dan memiliki wajah bulat. Bentuk matanya juga bulat mengikuti bentuk wajah. Kulitnya putih seperti ayahku. Hanya saja giginya masih ompong hehe. 

Ketika pulang sekolah, aku selalu mengajak Sinta bermain. Rasanya menggemaskan banget saat ia manja. Ia senang sekali bermain boneka. Terkadang ia tertawa lepas ketika bermain boneka denganku. Aku sangat menyayangi adikku. Rasanya tak ingin masa-masa seperti ini berlalu dengan cepat.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda di sekitar Singkat

Pulpen

Pulpen adalah benda yang dapat digunakan untuk menulis. Untuk menulis, biasanya memerlukan media berupa buku. Tetapi dapat juga digunakan untuk menulis di benda lain yang permukaannya halus. 

Pulpen memiliki beberapa jenis, dan berbagai macam warna tinta. Namun umumnya yang digunakan adalah warna hitam. Mata pulpen memiliki tingkat ketebalan dan ukuran masing-masing, ada yang 0.1 hingga 0.8. 

Pulpen juga ada yang khusus untuk menggambar. Biasanya harganya jauh lebih mahal karena khusus dan jarang ditemu di toko alat tulis. 

Pulpen memiliki panjang sekitar 5cm. Biasanya rangkanya terbuat dari plastik. Tinta pulpen juga ada yang kental dan ada juga yang tidak terlalu. Hal ini yang memengaruhi tingkat ketebalan dari warna yang dihasilkan pulpen.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Wisata di Malang Singkat

Museum Angkut

Museum angkut terletak di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Destinasi Wisata yang satu ini tidak hanya menyuguhkan hiburan, tetapi juga pengetahuan dan rekreasi. Museum angkut sering dijadikan destinasi tour pelajar maupun wisatawan lokal untuk liburan dan menambah ilmu pengetahuan.

Koleksi di museum angkut sangat beragam. Kendaraan bersejarah mulai dari transportasi yang ditarik dengan kuda, motor, mobil klasik, hingga pesawat. Jenisnya juga sangat banyak sekali. Sangat cocok untuk diabadikan melalui lensa kamera.

Selain itu, di dalam museum angkut terdapat hiburan yang menarik. Teka-teki, permainan seru, dan lain sebagainya. Penataan koleksi museum berdasarkan asal negara koleksi tersebut. Misalkan ada mobil yang berasal dari Jerman, maka akan ditata sesuai suasana Jerman. 

Pengunjung yang datang bervariasi, mulai dari anak-anak, dewasa, orang tua, bahkan wisatawan asing juga banyak yang datang untuk berekreasi. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat tujuan berlibur bersama keluarga. Kita tidak hanya dapat hiburan dan senang saja, tetapi juga dapat pengetahuan tentang kendaraan dan sejarah kendaraan.

Baca Juga: Contoh Teks Deskripsi Tentang Wisata

Contoh Teks Deskripsi Tentang Pantai singkat

Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa Bali merupakan pantai pasir putih yang terkenal di Bali dan wajib dikunjungi jika berlibur ke pulau dewata. Pandawa beach berada di Desa Kutuh, Kabupaten Badung, Provinsi Bali 80361. Nama pantai Pandawa lebih dikenal oleh wisatawan asing dengan sebutan Beach of Bali. Karena Bali identik dengan Pantainya yang bagus dengan ombak yang tenang.

Pemberian nama Pantai pandawa diambil dari kisah Mahabharata. Jika kita memasuki area wisata, maka akan disambut dengan dua tebing yang terjal. Meski begitu, tampak indah ketika diabadikan dengan lensa kamera. Pada tebing tersebut juga terdapat patung panca Pandawa. Patung-patung ini sangat apik jika kita abadikan.

Untuk lokasi pantainya ada dibalik tebing. Jadi kita harus melewati tebing tersebut. Kita akan disuguhi pemandangan apik samudera Hindia yang membentang luas dan berwarna biru cerah. Di lokasi pantai Pandawa terdapat banyak sekali tempat makanan dan minuman, tempat pijat, dan berbagai tempat penunjang lainnya. 

Harga tiket masuk sangat murah. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang 2000 hingga 8000 saja. Tiket ini juga sudah termasuk parkir. 

Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah

Rumahku yang Nyaman

Aku tinggal di rumah yang tak begitu besar. Meski begitu aku sangat senang tinggal di sini. Rumahku bersih, ibu selalu membersihkannya setiap hari. Aku juga selalu membantu ibu untuk membersihkan rumah. 

Rumahku hanya berukuran 8 x 10 meter. Memang kecil si, tapi aku bersyukur. Rumahku memiliki pintu di bagian depan dan bagian belakang untuk keluar masuk rumah. Terdapat empat kamar di rumahku. Ada juga ruang tamu yang berisi kursi dan vas bunga.

Ruang tamu ada di bagian depan. Lumayan luas untuk menerima tamu-tamu yang datang. Di rumah ku juga terdapat dapur yang bisa dibilang cukup. Peralatan memasak masih memakai kayu bakar. Kadang tangan ibu sampai cemong gara-gara kena arang di wajan.

Dekat dengan dapur juga terdapat kamar mandi dengan luas 2 x 3 meter. Belakang rumahku adalah kebun kopi. Tapi ada juga jagung yang, singkong, muntul, yang ditanam. Terkadang aku mencari kayu bakar dari kebun kopi di belakang rumah.

Lantai rumahku masih menggunakan tanah. Kecuali bagian depan, sudah diplester. Atap masih memakai seng, ornamen kayu juga masih kental di rumah ku. 

Aku sangat bersyukur dan senang dengan rumahku ini. Aku merasa nyaman karena selama ini aku aman di rumah. Meski beberapa tahun yang lalu desa kami diterjang angin besar, tetapi rumah ku aman. Tidak ada kerusakan sama sekali. 

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah Singkat

Sekolahku Hijau

Aku bersekolah di SMP Negeri 01 Jakarta. Sekolahan ku terletak di jalan mawar no. 93 yang berada persis di samping perkebunan semangka. Sudah beberapa tahun ini sekolahanku menerapkan Green School atau sekolah hijau yang dipenuhi dengan tanaman. Setiap hari aku selalu melihat pepohonan hijau yang tumbuh di halaman sekolah. Di sekolah ku juga terdapat banyak sekali bunga-bunga yang cantik.

Dari halaman depan sekolah, terdapat taman bunga mini yang ditata rapi. Ada juga air mancur yang setiap hari menyemburkan air dan biasanya burung-burung minum di sana. Selain itu di taman halaman depan sekolah juga terdapat empat pohon besar yang letaknya agak berjauhan. Empat pohon ini sudah ada sejak dulu. Dengan pepohonan ini sekolah kami menjadi sejuk dan nyaman serta udara bersih mengalir setiap hari.

Di lapangan upacara, terdapat beberapa pohon palem dan beringin. Pohon ini sering dimanfaatkan siswa untuk sekedar berteduh sambil membaca buku. Di setiap halaman depan kelas 7 hingga 9 banyak sekali bunga-bunga yang tumbuh subur. Bunga-bunga ini didapat dari siswa yang membawa dari rumah guna keperluan tugas prakarya dan seni budaya. Kami selalu menyirami bunga ini agar tanaman yang ada di sekolah selalu tumbuh. 

Sekolahku juga punya taman bunga hias tersendiri loh. Letaknya berada di depan perpustakaan. Petugas perpustakaan selalu mengajak siswa untuk membaca buku di taman. Udara yang sejuk ditemani bunga yang indah membuat kami senang untuk membaca buku. Apa lagi lingkungan sekolah begitu bersih dan rapi, kami begitu semangat untuk belajar di sekolah. 

Pada halaman kantin juga sangat rapi dan bersih. Siswa begitu tertib untuk tidak membuang sampah sembarangan. Di kantin juga terdapat pepohonan mangga dan kelengkeng yang terkadang berbuah. Pohon yang berbuah ini biasanya dimanfaatkan untuk keperluan tugas seni dan prakarya. Ada juga pohon lain yang masih kecil. Ukurannya hanya sebahuku. 

Aku sangat senang bersekolah di sini. Setiap hari bertemu dengan teman-teman yang ramah serta lingkungan sekolah yang hijau. Aku betah untuk berlama-lama di sekolah karena udaranya adem dan bersih. Meski sekolahanku berada di Jakarta yang super panas, tetapi aku tidak merasakan panas di sekolah. Hal ini karena pepohonan yang tumbuh memberikan kesegaran bagi kami semua.

Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi

Pada contoh teks deskripsi di atas yang berjudul Sekolahanku Hijau, kita dapat menelaah lebih dalam mengenai struktur dan bahasa yang digunakan. Contoh teks deskripsi di atas terdapat enam paragraf yang mendeskripsikan mengenai lingkungan hijau di sekolah SMP Negeri 01 Jakarta.

Struktur pada teks deskripsi sekolahanku hijau

Struktur yang terdapat pada teks deskripsi di atas yakni Identifikasi, Deskripsi Bagian, dan Simpulan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

Identifikasi struktur teks deskripsi

Struktur teks deskripsi Identifikasi terdapat pada paragraf pertama. Mulai dari kalimat “Aku bersekolah di SMP Negeri 01 Jakarta” hingga kalimat “Di sekolahku juga terdapat banyak sekali bunga-bunga yang cantik”.

Paragraf pertama termasuk dalam struktur teks deskripsi Identifikasi karena pada paragraf pertama menjelaskan mengenai gambaran umum lingkungan hijau di sekolah. Contohnya seperti digunakannya kata-kata green school, pohon besar, dekat dengan kebun semangka dan lain sebagainya. 

Deskripsi bagian struktur teks deskripsi

Deskripsi bagian terdapat pada paragraf kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Karena pada paragraf tersebut menjelaskan mengenai bagian-bagian sekolah yang terdapat pepohonan hijau dan tanaman hijau sebagai penanda sekolah tersebut merupakan sekolah green school.

Simpulan struktur teks deskripsi

Simpulan terdapat pada paragraf keenam atau paragraf terakhir. Paragraf keenam menjelaskan mengenai kesan-kesan tokoh Aku mengenai sekolahnya. Tokoh Aku merasa senang bersekolah di SMP Negeri 01 Jakarta.

Bahasa yang digunakan pada teks deskripsi sekolahanku hijau

Setelah menelaah struktur teks deskripsi yang berjudul Sekolahku Hijau, kini kita berlanjut untuk menelaah bahasa yang digunakan.

1. Menggunakan sinonim

Penggunaan sinonim dapat kita cermati pada kata

Menyemburkan = keluar / mengalir

Ramah = Baik / sopan

2. Menggunakan kata ganti orang.

Penggunaan kata ganti orang dapat kita lihat pada kata:

Aku = kata ganti orang pertama

Siswa = Kata ganti orang ketiga

3. Menggunakan majas

Majas yang digunakan menggunakan majas hiperbola. Majas hiperbola merupakan majas yang mengungkapkan sesuatu dengan berlebih-lebihan. Pada teks deskripsi di atas, majas hiperbola ditandai dengan kata:

Sangat rapi dan bersih

Super Panas

4. Menggunakan kalimat rincian

Penggunaan kalimat rincian dapat kita lihat pada:

Pepohonan palem, beringin, mangga dan kelengkeng.

latihan melengkapi dan menelaah teks deskripsi

Berikut ini kami sajikan contoh teks deskripsi yang dapat dijadikan latihan. Kami memberikan kebebasan kepada kalian semua untuk berimajinasi dan berekspresi melengkapi teks deskripsi di bawah ini.

Pohon-pohon di Saat Hujan

Dari balik lebatnya hujan sore hari, pohon-pohon kelapa di seberang lembah itu bak penari yang sedang memainkan tubuhnya dengan lincah. Pelepah-pelepah yang basah menambah keunikan gerakan sang penari. Batang-batang yang ramping dan melambai-lambai oleh angin seperti (1)..................................................................................................................................................................................................................................................................... Ketika angin tiba-tiba bertiup lebih kencang, pelepah-pelepah Pohon-pohon terjulur sejajar satu arah, seperti (2)......................................................

Pepohonan kelapa itu, tumbuh di tanah lereng di antara pohon lain yang rapat dan rimbun. Kemiringan lereng membuat pemandangan seberang lembah itu seperti lukisan (3)......................................................................................................................................................................................

Selain pohon kelapa yang memberi kesan lembut, batang besika yang kurus dan langsing membentuk garis-garis tegak berwarna putih dan kuat. Ada beberapa pohon aren dengan daun mudanya yang mulai mekar, kuning, dan segar. Ada pucuk pohon durian yang berwarna cokelat kemerahan. Ada bunga bungur yang ungu berdekatan dengan pohon dadap dengan kembangnya yang berwarna merah. Dan batang-batang jambe rowe, sejenis pinang dengan buahnya yang bulat dan lebih besar, memberi kesan purba pada lukisan yang terpajang di sana.

Tugas kalian hanya melengkapi sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman kalian. Jika masih bingung silakan simak contoh jawabannya berikut ini:

Contoh Jawaban!

(1) Tarian jaipong

(2) Gerakan tentara berbaris

(3) Lukisan Alam

Latihan Soal Materi Teks Deskripsi

  1. jelaskan pengertian teks deskripsi.
  2. jelaskan struktur teks deskripsi.
  3. sebutkan struktur teks deskripsi.
  4. buatlah sebuah paragraf deskripsi.
  5. buatlah sebuah teks deskripsi.

Referensi:

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (versi aplikasi)
  • Harsiati, Titik, dkk. 2017. Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Post a Comment for "Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Jenis, 20+ Contoh, dan Latihan Soal Lengkap"