Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Penulisan Teks Deskripsi: Tanda Baca, Huruf Kapital, Awalan, Sisipan, hingga Contoh Singkat Teks Deskripsi

Teks Deskripsi

Teks deskripsi merupakan teks yang menjelaskan sesuatu atau menggambarkan sesuatu secara rinci. 
Penulisan teks deskripsi

Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks

  1. Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan. Contoh: Pantai Senggigi berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 
  2. Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat. Contoh: (1) Jadi, dengan demikian..... (2) Maka, kita harus.....
  3. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama diri atau nama diri geografi. Contoh: kekhasan budaya ukiran Jepara, sarung Makassar, Ibu Romlah, Bapak Joni,
  4. Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi. Contoh: Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada

Penggunaan Kata Depan di dan Awalan di-

Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jika diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di bagian barat, di samping). Sebagai awalan di ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Dalam hal ini di berfungsi sebagai imbuhan pada kata kerja pasif.

Penulisan Kata Berawalan meN- yang Dirangkai dengan Kata yang Diawali dengan Huruf k, p, t, s

  1. Fonem k, p, t, s luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina), dan sebagainya) 
  2. Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap (misal: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi,)
  3. Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata berimbuhan yang berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: mempertaruhkan, memperluas). Baca Juga: Kata-kata bijak meminta maaf

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Nanas Madu
Nanas madu sangat banyak dijumpai di daerah Pemalang. Nanas madu merupakan buah yang berwarna kuning. Rasanya sangat manis dan banyak disukai masyarakat Indonesia. Nanas madu memiliki ukuran yang beragam, mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Harga nanas madu mengikuti ukurannya. Biasanya ukuran terkecil dihargai 1.500 rupiah. Sedangkan ukuran terbesar bisa mencapai 10.000 rupiah.
Goa Lawa
Goa lawa merupakan tempat wisata yang ada di Desa Siwarak, kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Tempat ini dinamakan goa lawa karena banyak sekali kelalawar yang berada di sana. Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi ketika hari libur tiba. Biasanya pengunjung memadati area goa lawa. Orang yang datang ke goa lawa tidak hanya dari Purbalingga saja, tetapi ada yang dari Purwokerto, Pemalang, Tegal, Brebes, Banjarnegara dan kota-kota lainnya. Udara di goa lawa masih terjaga dengan baik. Oleh karena itu, udara di sana sangat segar dan sejuk. 
Si Bagas, Kelinciku
Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.
Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu. 
Bagas memiliki perilaku unik. Kalau marah, Bagas melakukan atraksi yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam jangkauan yang begitu jauh. Buk! Sering terdengar dia menjatuhkan diri. Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan. Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.

Post a Comment for "Penulisan Teks Deskripsi: Tanda Baca, Huruf Kapital, Awalan, Sisipan, hingga Contoh Singkat Teks Deskripsi"