Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh Teks Deskripsi Tentang Kelinci Singkat

Teks deskripsi merupakan teks yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu dengan detail dan rinci. Pembahasan dari awal paragraf hingga akhirnya paragraf hanya satu topik saja.  

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang materi teks deskripsi. Pada kesempatan kali ini kita akan ulas contoh teks deskripsi tentang kelinci.

Deskripsi kelinci atau mendeskripsikan kelinci merupakan bagian dari tugas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV. Baca Juga: Contoh Teks deskripsi tentang hewan

Teks deskripsi Kelinci

Deskripsi Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia yang berasal dari keluarga Leporidae. Sebenarnya Kelinci adalah hewan liar yang hidup di daerah Afrika dan daratan Eropa. Hal ini ditandai dengan bulu yang panjang untuk bertahan di cuaca dingin, tipikal lucu, dan sangat menggemaskan.

Hewan ini memiliki telinga panjang. Panjang dari kedua telinga dapat mencapai lebih dari 10 cm. Melalui telinga panjang, kelinci dapat mendeteksi suara dalam akurasi yang luas dan tepat. Berkat telinga panjang pula, kelinci mampu mempertahankan panas tubuh ketika masuk ke musim dingin. Telinga yang panjang ini dapat menutupi anggota tubuhnya sehingga ia tidak akan merasakan kedinginan. baca juga: contoh teks deskripsi tentang wisata

kaki kelinci sangat kuat, ia dapat berlari dengan cepat dan melompat dengan jauh. Bahkan lompatan kelinci dapat mencapai kurang lebih dua meteran loh. Berkat kaki belakangnya yang kuat pula, kelinci dapat melompat setinggi dua hingga tiga meter.

Selain itu, kaki belakang kelinci yang kuat dan panjang juga memungkinkan ia untuk berdiri. Biasanya hal ini dilakukan untuk mengintai keadaan sekitar apakah ada predator atau tidak. Uniknya lagi, ketika kelinci merasakan ada predator datang, kaki belakangnya ini akan bergetar untuk memberitahu teman-temannya bahwa ada predator yang datang.

Kelinci juga memiliki bulu yang halus dan lembut. Bola matanya cenderung tajam dan indah. Kelinci menjadi hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Ia juga termasuk hewan mamalia atau hewan menyusui. Makanannya di alam bebas hanyalah rerumputan hijau, daun hijau, hingga sayuran hijau.

Siklus reproduksi kelinci tergolong cepat. Dalam satu tahun, ia dapat bereproduksi sebanyak 5 kali. Kelinci biasanya kawin di usia 5 bulan atau 6 bulan. Gigi kelinci juga akan selalu tumbuh. Oleh karena itu, ia biasanya mengonsumsi yang keras atau menggigit kayu & batu untuk mencegah gigi yang terus tumbuh terus menerus.

Teks deskripsi kelinci

Saat ini, kelinci sudah sangat populer di Indonesia. Banyak sekali peternak kelinci yang memelihara beragam jenis kelinci. Meski begitu, kelinci merupakan hewan yang hidup berkelompok. Ia akan hidup bersama dengan kelompoknya agar dapat saling melindungi dari predator. Kelinci biasanya membuat lubang yang lumayan dalam yang berfungsi berbagai tempat penyimpanan dan persembunyian.

Sebagai makhluk sosial yang hidup berkelompok, kelinci dapat berkomunikasi dengan baik. Mereka memiliki berbagai suara yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang berbeda. Misalnya, kelinci akan menyampaikan pesan kasih sayang dengan hum rendah saat berjalan.

Telusuri Lainnya: contoh teks deskripsi tentang sekolah

Nah itulah contoh teks deskripsi tentang kelinci. Semoga artikel kali ini dapat membantu sobat semua dan memberikan manfaat buat sobat semua.

Contoh teks deskripsi tentang kelinci di atas dapat dikembangkan lagi sesuai dengan sudut pandang dari sobat semua. Terima kasih sudah membaca.

Post a Comment for "Contoh Teks Deskripsi Tentang Kelinci Singkat"