Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Madu Hutan Sumbawa: Ciri-ciri, Manfaat, Rasa, Proses Pembuatan, dan Harga Madu Hutan Sumbawa

Madu Hutan Sumbawa

Madu hutan Sumbawa adalah madu yang diambil dari hutan di Sumbawa. Madu ini terdapat banyak di hutan, salah satunya hutan di gunung batulanteh. Pencari madu biasanya harus naik ke gunung, melewati batuan terjal dan aliran sungai. Demi mendapatkan madu hutan yang kaya akan manfaat.

Madu hutan Sumbawa berasal dari lebah jenis Apis Dorsata yang menghasilkan madu kualitas terbaik dan berwarna agak kehitaman. Lebah ini biasanya menghasilkan madu dari nektar yang berasal dari pohon kopi, pohon cendana dan pohon bidara. Maka tak heran jika warna madunya agak kehitaman.

Madu hutan Sumbawa

Untuk mengambil madu hutan Sumbawa harus memerlukan perjuangan ekstra. Tak hanya jarak dan medan yang jauh serta terjal. Untuk mencari sarang madu hutan Sumbawa juga harus naik ke atas pohon. Karena sarang madu berada di atas pohon yang sangat tinggi. Biasanya pencari madu tak memakai pengaman sama sekali. Mereka hanya mengandalkan tali dan peralatan seadanya.

Jaringan Madu Hutan Sumbawa

Di Sumbawa juga terdapat organisasi bernama Jaringan Madu Hutan Sumbawa (JMHS). Organisasi ini merupakan organisasi usaha yang bergerak di bidang melestarikan madu hutan di Kabupaten Sumbawa. Organisasi ini juga anggota dari organisasi Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI). Peran JMHS tentu saja di bawah naungan dari JMHI.

Usaha madu hutan Sumbawa anggota JMHS telah dikelola dengan cara yang lebih khusus. Cara memanennya juga lebih modern. Sehingga kualitas madu hutan Sumbawa tetap terjaga. Sedangkan masyarakat umum, biasanya mencari madu di hutan sebagai usaha utama. Meski begitu, muara dari hasil madu hutan akan tetap dipasarkan melalui JMHS. Adapun yang memasarkan sendiri biasanya merupakan usaha rumahan.

Ciri-ciri Madu Hutan Sumbawa Asli

Umumnya semua jenis madu memiliki ciri-ciri yang sama, diantaranya lebih kental, tidak mudah larut dalam air, tidak lengket, lebih mengalir tanpa hambatan ketika di angkat menggunakan sendok, dan lain sebagainya. Namun yang menjadi ciri-ciri madu hutan Sumbawa asli yaitu teksturnya sedikit kasar. Hal ini karena nektar yang diambil lebah dalam memproduksi madu berasal dari nektar bunga pepohonan yang ada di hutan. Selain itu warnanya juga agak gelap tapi tidak terlalu gelap.

Rasa Madu Hutan Sumbawa

Rasa madu Sumbawa sangat manis. Manisnya terasa alami dan menyegarkan. Selain itu, ketika madu meleleh di mulut, akan terasa agak kasar. Ya hal ini wajar karena ciri khas madu hutan memang seperti ini.

Madu hutan Sumbawa juga sangat pas untuk dijadikan selai atau teman makan roti. Dicampur teh juga nikmat.

Madu hutan Sumbawa asli

Manfaat Madu Hutan Sumbawa

Madu Hutan Sumbawa memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Sudah sejak lama madu yang berasal dari hutan di Sumbawa ini dipercaya masyarakat sekitar mampu mengobati banyak penyakit. Lalu apa saja si manfaatnya?

1. Meningkatkan stamina

Madu mengandung gula alami yang cukup baik untuk tubuh. Kadar gula alami dari madu inilah yang dapat meningkatkan stamina. Apalagi jika kita melakukan aktivitas fisik yang berat, pasti stamina akan turun. Oleh karena itu, kalian dapat menggunakan madu hutan Sumbawa untuk memulihkan stamina tubuh.

2. Menyembuhkan otot lesu, kelelahan, dan pegal-pegal

Masyarakat Sumbawa meyakini jika mereka beraktivitas berat dan badan terasa nyeri pegal-pegal, mereka akan mengonsumsi madu hutan Sumbawa agar energi mereka cepat pulih.

3. Mencegah penyakit jantung, kanker, tumor

Madu hutan Sumbawa mengandung flavonoid yang berguna untuk mencegah terkena kanker dan penyakit jantung. Selain itu ada juga kandungan Karsinogen yang dapat mencegah terjadinya tumor.

4. Mengatasi jerawat

Madu hutan Sumbawa dipercaya dapat mengatasi masalah kulit wajah, terutama masalah jerawat. Kalian hanya perlu melulurkan madu ke wajah atau gunakan madu sebagai masker selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengatasi wajah berminyak

Kamu memiliki wajah yang berminyak? Pasti sangat mengganggu ya. Tapi tenang saja, kalian dapat memanfaatkan madu hutan Sumbawa untuk mengatasinya. Kandungan aktif dari madu akan mengangkat minyak dan memberikan kulit wajah lebih bebas untuk bernafas. Hasilnya, kulit wajah akan terhindar dari masalah berminyak.

6. Menghaluskan kulit wajah

Madu memang memiliki segudang manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh tetapi juga untuk kecantikan. Bagi kamu yang ingin mendapatkan kulit wajah yang lebih halus, bisa nih memanfaatkan madu hutan Sumbawa sebagai masker. Perawatan yang rutin akan menghasilkan kulit wajah cerah dan lebih halus.

7. Sebagai obat batuk

Batuk biasanya terjadi karena ada mikrobakteri yang ada di tenggorokan. Nah madu ini dapat membantu menghilangkan mikrobakteri jahat yang ada di tenggorokan. Hasilnya tentu saja batuk akan teratasi.

8. Perlindungan dari Bakteri

Madu dapat membunuh mikro bakteri yang ada dalam tubuh. Bahkan Nabi Muhammad dulu juga mengobati demam, meriang, batuk, pilek, menggunakan madu. Apalagi jika madu yang digunakan adalah madu hutan. Pasti akan memberikan manfaat yang lebih.

9. Menurunkan berat badan

Madu hutan Sumbawa memang terasa manis, tetapi manis ini sangat alami. Tidak terlalu banyak kandungan glukosa dari madu ini. Bahkan program diet juga menyarankan untuk menggunakan madu sebagai energi.

10. Meningkatkan imunitas tubuh

Madu hutan Sumbawa mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu terdapat juga nutraceuticals yang dapat membantu melawan radikal bebas.

Madu hutan Sumbawa asli

Proses Pembuatan Madu hutan Sumbawa

Proses pembuatan madu hutan Sumbawa sebenarnya cukup gampang. Biasanya setelah madu diambil dari hutan, madu akan di bawa ke rumah untuk diperas. Kemudian madu disaring dan langsung dimasukkan ke dalam botol. Tetapi ada juga pencari madu yang langsung memeras madunya di dalam hutan. Ya kalo ini si sesuai selera saja. Pembuatan madu hutan Sumbawa ini tanpa campuran apapun. Murni 100% madu asli, maka tak heran jika rasanya sangat enak, manis, dan menyegarkan.

Ada tips nih untuk menjaga khasiat dari madu tetap utuh. Yakni dengan cara mengunyah madu dengan sarangnya. Karena sarang madu hutan Sumbawa mengandung kadar propolis sekitar 100%. Jika melalui tahap pemerasan kadar propolis akan turun drastis hingga tersisa 10% saja.

Tempat yang Jual Madu Hutan Sumbawa Asli

Jika kalian tertarik dengan Madu Hutan Sumbawa, kalian dapat mencarinya di marketplace. Tersedia banyak sekali olahan madu hingga madu murni. Harga yang ditawarkan juga lumayan terjangkau, sepadan dengan beragam manfaat yang kita dapatkan.

Harga Madu Hutan Sumbawa

Harga satu botol berukuran satu liter dijual antara Rp. 150.000 – 250.000 saja. Harga yang cukup murah mengingat terselip segudang manfaat yang ada di dalamnya. Jika kurang greget ya kalian bisa datang ke Sumbawa, melihat bagaimana panennya hingga pengemasannya.

Nah itulah sekilas tentang madu hutan Sumbawa. Madu memang dipercaya dapat memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Apalagi madu hutan yang jelas terjaga kealamiannya, pasti membuat rasa dan manfaatnya menjadi sangat tinggi.

Memanfaatkan madu memang boleh-boleh saja ya. Tetapi tidak boleh rakus. Jangan sampai karena keserakahan manusia, membuat habitat madu hutan menjadi punah. Yang merugi malah kita sendiri kan.

Sekian untuk Artikel kali ini, semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar ya.

Post a Comment for "Madu Hutan Sumbawa: Ciri-ciri, Manfaat, Rasa, Proses Pembuatan, dan Harga Madu Hutan Sumbawa"