Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Setiap Teks Memiliki Struktur yang Berbeda Dengan Jenis Teks yang Lain. Jelaskan Struktur Teks Cerita / Novel Sejarah!

setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. jelaskan struktur teks cerita/novel sejarah!

Contoh Soal :

setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. jelaskan struktur teks cerita/novel sejarah!

Jawaban (Pembahasan)

Teks cerita sejarah, seperti cerita lainnya (novel, cerpen, dll) termasuk dalam kategori cerita ulang.

Oleh karena itu, teks cerita sejarah dan novel sejarah memiliki struktur teks yang sama. Struktur teks tersebut yakni: orientasi, pengungkapan peristiwa, konflik, komplikasi, evaluasi, dan koda. Berikut adalah penjabaran atau penjelasan mengenai struktur teks cerita / novel sejarah.

1. Pengenalan situasi cerita (orientasi, exposition)

bagian ini berisi tentang penjabaran atau pengenalan terhadap latar tempat, waktu, suasana, hingga awal mula kejadian. Pada tahapan ini pula, hubungan antara tokoh satu dengan yang lainnya diperkenalkan sesuai kebutuhannya (isi ceritanya).

2. Pengungkapan peristiwa

pada tahapan ini, mulai dijelaskan mengenai peristiwa atau kejadian yang berpotensi menimbulkan konflik atau masalah. Biasanya penulis akan menjelaskan juga mengenai kesukaran tokoh utama dalam cerita.

3. Konflik (rising action)

Di tahapan ini, masalah mulai muncul. Cerita yang tadinya datar, mulai naik. Biasanya akan digambarkan dengan pertikaian antar tokoh. Emosi juga mulai tumbuh.

4. Puncak Konflik (komplikasi)

Puncak konflik merupakan bagian yang menjadi puncak dari sebuah masalah dalam cerita. Bagian ini juga sangat mendebarkan karena pertikaian antar tokoh begitu memuncak, penuh emosi, dan tensi yang tinggi.

5. Penyelesaian (resolusi)

biasanya penyelesaian masalah menjadi bagian akhir (ending) dari sebuah cerita. Pada bagian ini Iainya berupa tokoh-tokoh menghadapi masalah dan menyelesaikannya. Penyelesaian masalah ini dapat berupa penjelasan maupun penilaian sikap terhadap tokoh dalam cerita.

6. Koda

Koda yaitu tanggapan yang membahas kembali isi semua peristiwa dan tokoh yang terlibat. Terkadang bagian ini juga berisi interpretasi berupa amanat, namun hal ini sangat tidak disarankan. Yang lebih tepat yakni membiarkan pembaca menyimpulkan sendiri tentang kandungan dan manfaat dari cerita yang telah dibaca tadi. Bagian Ora merupakan Opsional alias tidak wajib. Bagian ini biasanya digunakan juga untuk teaser buku lanjutan dan lainnya.

Nah demikianlah pembahasan soal kali ini, semoga dapat memberikan pencerahan kepada kalian semua tentang struktur teks cerita. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Setiap Teks Memiliki Struktur yang Berbeda Dengan Jenis Teks yang Lain. Jelaskan Struktur Teks Cerita / Novel Sejarah!"