Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Singkat Beserta Strukturnya

Sebelumnya kita telah membahas mengenai materi teks laporan hasil observasi, nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai 4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Beserta Strukturnya. Contoh ini dapat kalian jadikan referensi dalam membuat teks laporan hasil observasi. Selain itu juga untuk memudahkan dalam memahami materi teks laporan hasil observasi.

ayam, kelinci, kucing, hewan, komodo, jafarull
teks observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Kelinci

Gambaran Umum

Kelinci merupakan hewan mamalia dari keluarga leporidae yang dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Kelinci memiliki bentuk wajah yang sangat imut, oleh karenanya kelinci sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Deskripsi Bagian

Kelinci memiliki telinga panjang. Pada telinganya inilah, kelinci terdapat jutaan syaraf. Kelinci identik dengan giginya yang tonggos. Gigi ini diginakannya untuk menghancurkan makanan yang keras. Gigi kelinci mampu meremukkan batu bata yang cukup keras. Biasanya kelinci menggigit batu atau kayu agar giginya tidak tumbuh terlalu panjang. 

Kelinci memiliki kumis dan mata yang bulat. Ekor kelinci tidak terlalu panjang. Kaki kelinci bagian belakang cukup panjang yang memungkinkannya untuk melompat dan berlari dengan kencang. Kelinci mampu berlari hingga 50km/jam. Usia kelinci juga dapat mencapai 10 tahun jika dirawat dan dipelihara secara benar.

Simpulan

Hewan pengerat ini banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan karena kelucuannya dan mukanya yang menggemaskan. Kelinci dapat dengan mudah ditemukan di penjuru dunia, kaarena perkembangannya yang sangat cepat.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan kelinci Beserta Strukturnya
contoh observasi hewan kelinci

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Ayam

Gambaran Umum

Ayam merupakan salah satu unggas yang memiliki sayap namun tidak dapat terbang. Ayam juga termasuk hewan omnivora atau pemakan segalanya. Ayam biasa dipelihara auntuk dimanfaatkan daging dan telurnya. Ayam juga termasuk dalam keluarga burung karena memiliki paruh layaknya burung. Oleh karena itu rata-rata ayam memakan biji-bijian.

Deskripsi Bagian

Ayam memiliki jenis yang beragam. Dibedakan dari segi produktivitasnya, ayam ada dua kategori yakni ayam pedaging dan ayam petelur. Ayam pedaging biasanya memakai jenis ayam negeri yang berbulu putih. Ayam jenis ini memang terkenal memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga banyak dibudidayakan sebagai ayam pedaging. Sedangkan ayam petelur biasanya merupakan silangan antara ayam pedaging dengan ayam kampung. Jenis ayam ini memproduksi telur yang lumayan banyak, sehingga dijadikan sebagai ayam petelur.

Ayam biasanya makan biji-bijian seperti jagung, padi. Biasanya ada yang menggunakan dedak atau pur untuk paka ayam. Ayam dapat hidup di berbagai cuaca, karena kemampuan adaptasinya yang sangat cepat.Ayam dapat hidpu hingga 5 - 10 tahun, tergantung dari pola makan, lingkungan, hingga kondisi tubuh ayam.

Simpulan

Ayam menjadi penyumbang protein masyarakat Indonesia. Unggas ini sangat mudah untuk dibudidayakan. Perawatan yang tidak terlalu ribet dan pakan yang mudah dicari membuat masyarakat banyak yang memeliharanya.

contoh observasi hewan ayam
contoh observasi ayam

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Kucing

Gambaran Umum

Kucing merupakan hewan karnivora atau pemakan daging yang banyak dijadikan hewan peliharaan. Kucing memiliki nama ilmiah Felis silvestris catus atau Felis catus merupakan hewan mamalia. Kucing sudah menjadi sahabat manusia sejak 6000 tahun sebelum masehi. Maka tak heran jika hewan ini sangat akrab dan dekat dengan manusia.

Deskripsi Bagian

Kucing meemiliki taring yang tajam. Hewan ini masih kerabat dengan harimau dan singa. Kucing juga memiliki kumis yang berfungsi sebagai petunjuk arah ketika ia berjalan di kegelapan. Kucing memiliki bola mata yang bulat dan tatapan mata yang tajam. Kucing dapat melihat dalam kegelapan malam yang super pekat karena matanya sangat istimewa. 

Kucing dapat hidup hingga 16 tahun, tergantung dari makanan, perawatan, hingga kondisi lingkungan ia tinggal. Kucing memiliki ekor yang panjang, ekor ini berfungsi sebagai penyeimbang ketika ia jalan ataupun berlari. 

Kucing menjadi hewan yang dicintai Rosullullah Saw. Hewan ini sangat jinak dan mudah sekali akrab dengan manusia. Kucing biasa tinggal di rumah-rumah perkampungan. Kucing sangat suka ikan, ikan asin, tulang, hingga pelet/ makanan kucing.

Simpulan

 Hewan berbulu kapas ini sangat ramah kepada manusia. Alangkah baiknya jika kita juga berperilaku ramah kepada hewan. 

hewan kucing, kucing imut, kucing lucu, bulu kapas
observasi kucing

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Komodo

Gambaran Umum

Komodo atau yang biasa disebut dengan Biawak besar komodo adalah reptil terbesar yang masih hidup di bumi. Komodo hanya dapat ditemukan di pulau komodo Nusa Tenggara Timur. Komodo diperkirakan sudah hidup di era dinosurus, maka tak heran jika reptil yang satu ini dikatakan hewan purba terbesar yang masih hidup. 

Deskripsi Bagian

Komodo memiliki bentuk tubuh yang sangat mirip dengan biawak. Hanya saja komodo lebih besar daripada biawak. Meski bertubuh besar dan berbobot lebih dari satu ton, tetapi komodo dapat berlari hingga 20km/jam. Kecepatan berlarinya ini diperoleh dari kaki belakangnya yang kuat dan panjang.

Komodo termasuk hewan pemakan bangkai. Bahkan ia juga dapat memangsa sesamanya jika merasa lapar dan tidak ada makanan. Komodo memiliki lendir yang sangat beracun dan mematikan. Lendir ini dapat membunuh mangsanya dalam sekejap. Komodo menggunakan lidahnya sebagai petunjuk arah dan menangkap bau di sekitar. Karena mata komodo tidak dapat melihat dengan sempurna.

Simpulan

Hewan besar yang satu ini memang keberadaanya terancam punah. Oleh karena itu wajib diselamatkan habitat aslinya. Kelestarian komodo juga dapat menjaga ekosistem di bumi tetap terjaga.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang 4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Beserta Strukturnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca hingga selesai.

Post a Comment for "4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Beserta Strukturnya"