Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Jelaskan Ciri-ciri Bahasa dan Kalimat pada Iklan

Jelaskan Ciri-ciri Bahasa dan Kalimat pada Iklan

Iklan merupakan media komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa sehingga masyarakat tahu tentang produk atau jasa yang diiklankan. Iklan memiliki peran penting yakni mengajak masyarakat untuk melakukan suatu tindakan berupa membeli produk atau memakai jasa.
ciri-ciri bahasa dan kalimat pada iklan
Sebuah iklan pasti memiliki ciri-ciri tersendiri. Hal yang paling mudah dikenali dari iklan yaitu melihat dari ciri-ciri penggunaan bahasa dan kalimat yang terdapat pada sebuah iklan. Dengan demikian kita bisa tahu itu termasuk iklan atau bukan.

Ciri-ciri bahasa dan kalimat pada Iklan yaitu:

1.    Singkat

Bahasa dan kalimat pda sebuah iklan harus singkat, hal ini karena untuk menghemat biaya produksi iklan sekaligus sebagai langkah agar iklan dapat dibaca secara cepat dan habis tetapi informasinya tetap tersampaikan. Coba bayangkan jika iklan bertele-tele seperti teks laporan, pasti pembaca akan malasuntuk melihat iklan tersebut.

2.    Padat

Bahasa iklan harus padat, hanya berisi informasi tentang produk saja. Informasi juga dapat berupa kebutuhan masyarakat tentang produk tersebut dan alasan mengapa masyarakat harus membeli produk tersebut.

3.    Jelas

Bhasa dan kalimat yang digunakan pada iklan harus jelas, artinya hanya bercerita mengenai produk yang diiklankan saja. Selain itu bahasa iklan harus jelas tentang maksud dan tujuan dari iklan tersebut mengajak masyarakat untuk apa dan melakukan apa.

4.    Mudah dipahami

Penggunaan bahasa iklan harus yang sesederhana mungkin agar iklan dapat mudah dipahami oleh setiap orang dari kalangan manapun, sehingga orang tua, anak muda, hingga yang masih anak-anak bisa tahu tentang maksud iklan.

5.    Menarik

Iklan haruslah menggunakan bahasa yang menarik perhatian orang-orang. Untuk lebih memberikan kesan menarik, biasanya akan dipadukan dengan gambar.

Ciri-ciri iklan

1.    Mengandung ajakan

Setiap pesan yang disampaikan pada sebuah iklan bertujuan untuk mengajak orang-orang untuk membeli produk atau memakai jasa dari yang diiklankan.

2.    terdapat unsur gerak, kata-kata, dan gambar

Untuk memudahkan orang mengerti tentang sebuah produk, biasanya iklan akan dibarengi atau dipadukan dengan unsur gambar dan gerak.

Sebagai informasi tambahan, Iklan merupakan media komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa sehingga masyarakat tahu tentang produk atau jasa yang diiklankan. Iklan memiliki peran penting yakni mengajak masyarakat untuk melakukan suatu tindakan berupa membeli produk atau memakai jasa.

Contoh iklan berupa produk: Produk makanan, minuman, pakaian, barang, dan lainnya.

Contoh iklan berupa jasa: Jasa ojek online, Jasa pijat, Jasa sedot wc, Jasa potong rambut, Jasa ketik dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan kita terkait ciri-ciri bahasa dan kalimat pada iklan. semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua. terima kasih sudah berkunjung dan membaca. jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin didiskusikan, silakan tulis di kolom komentar ya.

Post a Comment for "Jelaskan Ciri-ciri Bahasa dan Kalimat pada Iklan"