Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Semua Orang yang Menjadi Penghuni Suatu Negara Disebut

Semua Orang yang Menjadi Penghuni Suatu Negara Disebut?

semua orang yang menjadi penghuni suatu negara disebut rakyat. Rakyat menjadi unsur terpenting dalam sebuah negara karena rakyat yang membentuk sebuah negara. Tanpa rakyat, maka tidak aka nada sebuah negara. Tidak akan ada negara yang tidak ada unsur rakyatnya. Dalam sebuah negara pasti terdapat rakyat.
rakyat

Jafarull.com - semua orang yang menjadi penghuni suatu negara disebut rakyat. Rakyat menjadi unsur terpenting dalam sebuah negara karena rakyat yang membentuk sebuah negara. Tanpa rakyat, maka tidak aka nada sebuah negara. Tidak akan ada negara yang tidak ada unsur rakyatnya. Dalam sebuah negara pasti terdapat rakyat.

Dalam sebuah negara, Rakyat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu penduduk (asli) dan bukan penduduk. 

1. Penduduk (asli), merupakan orang yang tinggal di suatu wilayah atau suatu negara yang menetap dalam jangka waktu yang lama. Contoh: Orang asli Indonesia yang tinggal dan menetap di Indonesia.

2. Bukan penduduk, merupakan orang yang tinggal dalam sebuah negara namun bersifat sementara dan tidak menetap di negara tersebut. Contoh: Orang Inggris yang sedang berlibur di Bali, tinggal di Bali hanya untuk sementara saja. 

Berdasarkan hubungannya dengan pemerintah, Rakyat dibedakan menjadi warga negara dan bukan warga negara.

1. Warga negara, merupakan orang yang secara hukum kenegaraan merupakan anggota dari sebuah negara. Statusnya dapat warga negara asli atau warga negara keturunan asing. 

Contoh: 

  • Andi secara hukum merupakan warga negara Indonesia karena ayah dan ibunya dari Indonesia. 
  • Denis merupakan anak keturunan Indonesia – Belanda, ia menjadi warga negara Indonesia karena ia lahir di Indonesia dan sah secara hukum tentang kewarganegaraannya.

2. Bukan warga negara, merupakan semua orang yang tinggal di sebuah negara namun secara hukum bukan menjadi anggota warga negara tersebut, namun ia tetap mematuhi peraturan yang berlaku di negara tersebut.

Contoh:

  • Alexa warga negara Jerman, ia berlibur di Pantai Bali. Meski ia tinggal di Indonesia, tetapi ia bukan warga negara Indonesia, ia hanya berlibur dan tetap mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia.

Nah itulah ulasan singkat mengenai Rakyat. Rakyat menjadi unsur terpenting karena merupakan peembentuk sebuah negara. Tanpa adanya rakyat maka tidak akan tercipta sebuah negara. Semoga ulasan singkat ini dapat membantu dan menambah wawasan sobat semua. terima kasih telah berkunjung dan membaca, semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua. Jika ada yang perlu ditanyakan, silakan tulis di kolom komentar ya.

Post a Comment for "Semua Orang yang Menjadi Penghuni Suatu Negara Disebut"