Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Bagian Tubuh Ikan yang Digunakan Untuk Melindungi Tubuh dari Gesekan atau Benturan adalah

Bagian Tubuh Ikan yang Digunakan Untuk Melindungi Tubuh dari Gesekan atau Benturan adalah

Bagian Tubuh Ikan yang Digunakan Untuk Melindungi Tubuh dari Gesekan atau Benturan adalah sisik ikan
sisik ikan

Bagian tubuh ikan yang digunakan untuk melindungi tubuh dari gesekan atau benturan adalah sisik. Sisik merupakan bagian terluar atau biasa dikenal dengan lapisan epidermis. Sedangkan bagian terdalam pada tubuh ikan dinamakan lapisan dermis.

Sisik ikan akan selalu basah karena terdapat lender yang melapisi seluruh tubuhnya. Lendir inilah yang berfungsi untuk mengurangi gesekan dengan air sehingga ikan dapat leluasa berendang dengan cepat. Selain itu lender ini juga dapat berfungsi sebagai penutup luka dan pencegah infeksi akibat luka.

Dilihat dari bentuk dan bahan yang ada dalam sisik ikan, maka sisik ikan dapat dibagi menjadi lima, yaitu: 

1. Sisik Placoid

Bentuk sisik ini mirip dengan bunga mawar yang memiliki dasar yang bulat. Sisik ini terdiri dari keping basal yang terbenam di bagian dermis kulit dan suatu bagian lagi yang menonjol berupa duri keluar dari permukaan epidermis. Sisik jenis ini biasa ditemukan pada ikan yang bertulang rawan 

2. Sisik cosmoid

Ssisik jenis ini terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan dari luar adalah vitrodentine, yang kemudian dilapisi semacam enamel, kemudian cosmine yang merupakan lapisan terkuat dan noncellular, terakhir adalah isopedine yang materialnya terdiri dari substansi tulang. Sisik jenis ini ada pada ikan fosil dan ikan primitive

3. Sisik ganoid

Sisik ganoid terdiri dari tiga lapisan, lapisan terluar disebut ganoine yang materialnya berupa garam-garam anorganik, kemudian lapisan cosmine, dan lapisan yang paling dalam yaitu lapisan isopedine. Sisik jenis ini dapat ditemukan pada Garfish atau paddle fish.

4. Sisik Cycloid

Sisik jenis memiliki ciri khas dengan bentuknya yang melingkar. Di dalamnya terdapat garis-garis melingkar disebut circulii, anulii, radii, dan fokus.

5. Sisik Ctenoid

Sisik ctenoid dapat kita kenali karena terdapat gerigi di tepi luarnya dan biasanya dapat ditemukan pada ikan-ikan yang memiliki sirip berduri. Sisik ini mempunyai stenii pada bagian posteriornya dan bentukan sisir pada bagian anteriornya

Jika kita perhatikan, sisik ikan memiliki beragam warna ya. Warna pada sisik ikan ini sebagai penyamaran, pemberitahuan jika ada predator, dan sebagai pngenalan seksual pada lawan jenisnya.

Warna sisik ikan ini diakibatkan oleh schemachrome dan biochrome. Schemachrome merupakan warna yang disebabkan oleh konfigurasi sisik, sedangkan biochrome merupakan warna yang disebkan oleh pigmen pembawa warna.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang sisik ikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca hingga habis. Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar ya.

Post a Comment for "Bagian Tubuh Ikan yang Digunakan Untuk Melindungi Tubuh dari Gesekan atau Benturan adalah"