Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Hewan yang Tidak Bertulang Belakang atau Hewan Invertebrata

Mmebahas mengenai hewan, tentu tidak akan ada habisnya ya. Di bumi kita ini, banyak sekali jenis hewan dengan habitatnya masing-masing. Ada hewan yang hidupnya di air, ada pula hewan yang hidup di darat. Semua memiliki struktur kerangka dan tulang tersendiri. Tapi kalian tahu tidak? kalau di bumi ini ternya ada hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Hewan ini biasanya dinamakan dengan hewan Invertebrata.

Hewan yang Tidak Bertulang Belakang atau Hewan Invertebrata
hewan invertebrata

Hewan Invertebrata

Hewan Invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Rata-rata hewan invertebrate tak bertulang belakang dan memiliki tubuh lunak. Akan tetapi ada beberapa yang memiliki kulit atau cangkang, atau kerangka keras untuk melindungi tubuhnya yang lunak. Contohnya kecoa, ia memiliki tubuh lunak tetapi kerangkanya kuat. 

Hewan invertebrata juga biasa disebut dengan hewan avertebrata. Hewan ini memiliki ruang gerak yang sempit dan juga sulit untuk beradaptasi. Contohnya hewan ubur-ubur yang habitatnya terbatas hanya di laut.

Baca Juga: HewanVeterbrata

Spesies hewan invertebrate jauh lebih banyak dari pada hewan vertebrata. Jadi tak heran, jika kelompok taksonomi hewan invertebrate jauh lebih luas dan pelik. Contoh saja cacing yang merupakan hewan invertebrata, cacing dapat dibagi lagi berdasarkan struktur tubuh atau jenisnya. Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang hewan invertebrate ini, mari kita lihat ciri-ciri hewan invertebrata sebagai berikut. 

Ciri-Ciri Hewan Invertebrata

1. Tidak memiliki tulang belakang atau tulang punggung.

2. Memiliki dinding sela karena termasuk organisme multiseluler.

3. Memiliki rangka luar (eksoskeleton) yang keras, namun rangka dalamnya (endoskeleton) lunak. 

4. Ukuran tubuh kecil dan pergerakannya lamban, hal ini karena struktur kerangkanya begitu sederhana.

5. Sistem pernapasannya mengunakan kulit. Rata-rata hewan invertebrate tidak bernapas dengan paru-paru.

6. Pembagian tubuh hewan invertebrata hanya dibagi menjadi tiga, yaitu kepala, dada, dan perut.

Klasifikasi Hewan Invertebrata

Karena jumlahnya yang sangat banyak, untuk mengelompokkan hwan ini agak sulit. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk dikelompokkan. Nah berikut ini akan kami paparkan pengelompokkan hewan invertebrate yang dibagi menjadi delapan klasifikasi sebagai berikut:

1. Porifera atau Sponsa

Klasifikasi hewan ini memiliki ciri tubuh yang berpori. Contohnya , spons air tawar (spongilla), sycon, dan lain-lain.

2. Coelenterata atau Cnidaria

Klasifikasi hewan ini memiliki ciri tubuh berongga. Contohnya anemon laut, Physalila, Hydram, ubur-ubur, karang dan lain-lain. 

3. Platyhelminthes

Klasifikasi hewan ini memiliki ciri tubuh pipih. Contohnya cacing pita dan cacing hati.

4. Nemathelminthes

Klasifikasi hewan ini memiliki ciri tubuh gilig atau silindris. Contohnya cacing peru dan cacing kremi.

5. Annelida

Klasifikasi hewan ini memiliki ciri tubuh bulat memanjang dan beruas-ruas. Contohnya cacing tanah, lintah, pacet, dll.

6. Mollusca

Klasifikasi hewan ini memiliki ciri tubuh lunak, tapi sebagian hewan molusca memiliki cangkang untuk menutupi tubuh lunaknya. Contohnya cumi-cumi, siput, kerang, gurita, gastropoda, dan lain-lain

7. Arthopoda

Klasifikasi hewan ini memiliki ciri tubuh yang beruas-ruas. Contohnya laba-laba, kalajengking, lobster, kepiting, udang, jangkrik, lebah, semut, nyamuk, belalang, kumbang, dan lain-lain.

8. Echinodermata

Klasifikasi hewan ini memiliki ciri tubuh yang dipenuhi oleh duri. Contohnya bintang laut, teripang, landak laut, dan lain-lain.

Contoh Hewan Inverterbrata 

Setelah kita melihat dan memahami ciri-ciri dan klasifikasi hewan invertebrata, maka akan melihat contoh hewan invertebrata. Berikut ini akan kami sajikan contoh hewan invertebrata sebagai berikut.

20 Contoh Hewan Inverterbrata 

-    Cacing

-    Ubur-ubur

-    Kecoa

-    Kumbang

-    Gurita

-    Cumi-cumi

-    Lebah

-    Belalang

-    Ikan

-    Nyamuk

-    Suput

-    Kerrang

-    Kepiting

-    Rajungan

-    Keong

-    Semut

-    Kalajengking

-    Ulat

-    Belatung

-    Teripang

-    Dan lain sebagainya.

Nah demikianlah pembahasan kita kali ini tentang hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau hewan invertebrata. Kita dapat menemukan hewan-hewan ini di sekitar kita. Meski tak memiliki tulang belakang, tetapi hewan ini dibekali keistimewaan berupa kerangka luar yang kokoh. 

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih telah berkunjung dan membaca hingga akhir. Jika ada yang perlu dipertanyakan, silakan tulis di kolom komentar ya.


FAQ

Untuk lebih memudahkan pembaca dalam memahami materi pada artikel ini, berikut kami berikan tanya jawab sebagai berikut.

Apakah siput tidak bertulang belakang?

Ya, siput tidak memiliki tulang belakang. Kerangka tubuh bagian dalamnya sangat lunak, akan tetapi ia dilindungi oleh cangkang yang keras. Oleh karenanya ia termasuk dalam anggota moluska grastopoda. Anggota grastopoda merupakan klasifikasi hewan yang memiliki cangkang.

Apakah ikan tidak bertulang belakang? 

Ya, ikan tidak memiliki tulang belakang. Ikan termasuk hewan invertebrata yang memiliki jumlah dan spesies sangat banyak. Terdapat sekitar lebih dari 27,000 spesies ikan di seluruh dunia. 

Tuliskan 10 hewan yang tidak bertulang belakang!

- Laba-laba

- Bekicot

- Tawon

- Kelabang

- Kaki seribu

- Lalat

- Kupu-kupu

- Siput

- Ikan air tawar

- Ikan air laut.

Post a Comment for "Hewan yang Tidak Bertulang Belakang atau Hewan Invertebrata"