Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Sel Darah Merah Disebut Juga

Sel Darah Merah Disebut Juga

sel darah merah disebut juga dengan eritrosit.
sel darah merah
Sel Darah Merah Disebut Juga Eritrosit. Sel darah merah memiliki fungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Di dalam sel darah merah terdapat hemoglobin yang diproduksi oleh sumsum tulang. 

Hemoglobin akan mengambil oksigen dari paru-paru, kemudian oksigen akan dilepaskan saat sel darah merah melewati pembuluh kapiler. Sel darah merah sendiri aktif selama 120 hari sebelum akhirnya dihancurkan dan diganti secara otomatis oleh tubuh dengan sel darah merah yang baru. Jika kita perhatikan, darah merah memiliki warna merah yang mencolok. Warna merah sel darah merah berasal dari warna hemoglobin yang unsur pembentuknya adalah zat besi. 

Umumnya, jumlah sel darah merah dalam tubuh tergantung pada usia dan jenis kelamin. Biasanya jumlah normal sel darah merah pada pria dewasa antara 4,3 – 5,6 juta/mcl (mikroliter), sedangkan pada wanita sekitar 3,9 – 5,1 juta/mcl. Kadar sel darah merah atau eritrosit dapat kita ketahui melalui tes darah. Namun, setiap laboratorium memiliki standar nilai satuan jumlah sel darah merah normal yang berbeda-beda. Bisa saja, tes di rumah sakit A hasilnya berbeda dengan di rumah sakit B. 


Jika kadar sel darah merah dalam tubuh terlalu banyak maka dapat menyebabkan hipertensi atau serangan darah tinggi. Sebaliknya, jika sel darah merah dalam tubuh kurang, maka akan menyebabkan anemia atau kurang darah. Untuk itu, kita perlu menjaga kestabilan sel darah merah dalam tubuh agar terhindar dari penyakit. 

Salah satu cara termudah dan termurah menjaga kestabilan darah merah yakni minum air putih dan berolahraga. Dengan demikian, sel darah merah dalam tubuh akan tetap terjaga sehingga kita tidak akan merasakan lagi yang Namanya ngantukkan, lemes, lesu, hingga nyeri badan.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga sel darah merah dalam tubuh tetap terjaga. Beberapa makanan yang perlu kamu konsumsi harus mengandung zat besi, Vitamin C, asam folat, dan Vitamin B12. Untuk mendapatkan beberapa gizi di atas, ternyata tidak sulit loh. Kita bisa mengonsumsi susu, telur, daging, ikan, bayam, dan lain sebagainya. Tetapi alangkah baiknya jika disesuaikan dengan kantong ya, jangan sampai memaksakan diri tapi berujung bunting. 


Sekian untuk pembahasan kita kali ini tentang nama lain dari sel darah merah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan berkunjung di situs kami.

Post a Comment for "Sel Darah Merah Disebut Juga"