Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Latihan Mengangkat Badan Dapat Melatih Otot?

Angkat Badan / Pull Up

Latihan Mengangkat Badan Dapat Melatih Otot Tubuh Bagian Atas seperti lengan, bahu, dada, hingga punggung.
angkat badan

Latihan Mengangkat Badan Dapat Melatih Otot Tubuh Bagian Atas seperti lengan, bahu, dada, hingga punggung. Muangkin sebagian besar dari kita pernah melakukan aktivitas atau kegiatan angkat badan. Mengangkat badan atau yang biasa disebut juga dengan pull up merupakan latihan kekuatan yang sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Kita tidak memerlukan alat yang wah lagi mewah, di pintu juga bisa kok melakukannya (jangan coba-coba xixi).

Meski terbilang mudah, aktivitas yang satu ini tentu harus dilakukan dengan benar dan tepat agar hasil dan manfaat yang didapat juga lebih maksimal. Lalu bagaimana si cara melakukan Pull Up atau angkat badan yang baik dan benar agar manfaat juga lebih maksimal?

Cara Melakukan Angkat Badan atau Pull Up yang Baik dan Benar

Note: Tumpuan atau tempat untuk melakukan pull up harus kuat karena nantinya akan menerima beban tubuh kita sendiri. Setelah yakin tempat tumpuan kuat, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Berdirilah tepat di bawah tumpuan.
  • Bentangkan kaki seluas pundak.
  • Lompat, lalu pegang tumpuan dengan telapak tangan menghadap depan, Pastikan pegang dengan kuat agar kamu tidak jatuh.
  • Angkat badan secara perlahan hingga dada dekati pegangan yang kita pegang tadi, kemudian hembuskan nafas secara perlahan agar tubuh mendapat aliran udara.
  • Tekuk lutut dan silangkan pergelangan kaki supaya seimbang.
  • Turunkan badan secara perlahan hingga tangan menjadi lurus kembali. Saat posisi badan di bawah, hendaknya untuk bernapas agar kamu tidak capek. 
  • Ambil kembali badan ke atas secara perlahan-lahan.
  • Ulangi terus pergerakan tersebut hingga anda merasa lelah (semampunya saja, sekuatnya saja, jangan maksa).

Melakukan Pull Up secra teratur akan memberikan manfaat yang luar biasa. Kmu dapat melakukannya antara 2-3 kali dalam satu minggu. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat agar tubuhmu selalu kuat dan fit. Melakukan Pull Up juga memiliki banyak manfaat loh, pengin tau apa saja manfaat ang akan didapat dari melakukan Pull up? simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Angkat Badan / Pull Up 

1.    Menguatkan otot punggung, lengan, dan bahu

Melakukan aktivitas pull up ternyata dapat melatih dan menguatkan otot-otot tubuh bagian atas loh, terutama otot bahu, lengan, dada, perut bagian atas, hingga bagian punggung. Pull up harus dilaksanakan dengan teratur apabila kamu ingin tingkatkan kemampuan otot tangan, bahu, dada, lengan dan punggung. 

Otot-otot yang dapat ditingkatkan dengan pull up, diantaranya:

- Otot latissimus dorsi, yaitu otot punggung atas yang menghampar dari punggung bagian tengah sampai bawah tulang belikat dan bawah ketiak

- Otot trapezius, yaitu otot yang berada dari leher sampai ke-2 pundak

- Otot erektor spinae bagian atas, yaitu otot-otot yang menghampar di sejauh tulang belakang bagian punggung atas

- Otot infraspinatus, yaitu otot punggung yang berada di tulang belikat

2.    Meningkatkan Kekuatan Cengkraman tangan

Pull Up sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan cengkraman tangan. Bila kamu senang melaksanakan olahraga angkat beban, panjat tebing, golf, atau tenis, tentunya latihan angkat badan atau pull up sangatlah bermanfaat. Begitupun dalam rutinitas setiap hari. Buka stoples, membawa belanjaan, atau bermain gitar akan bertambah gampang dilaksanakan bila kamu mempunyai kekuatan cengkram tangan yang kuat.

3.    Menambah kesehatan fisik

Pull up berguna juga dalam menambah kesehatan fisik kita. Riset menjelaskan jika melaksanakan latihan kekuatan angkat badan atau pull up dapat mengurangi lemak perut yang melekat pada organ dalam, memberikan dukungan kesehatan tulang, dan tingkatkan kesehatan jantung. Jika organ dalam tubuh kita dijaga dengan baik, maka akan mendpatkan kesehatan fisik secara prima.

4.    Berat Badan Jadi Ideal

Ternyata nih sob, Olahraga ini tidak membakar banyak kalori, tapi dia akan tingkatkan metabolisme dan perpanjang proses pembakaran kalori bahkan juga sampai sesudah latihan usai. Dengan demikian, berat tubuh bagus dapat terbangun dan Anda terbebas dari resiko kegemukan.

5.    Kesehatan Mental Terjaga Dengan Baik

Bukan hanya berguna untuk kesehatan fisik, pull up berguna juga untuk kesehatan psikis kamu. Sebuah riset mengatakan jika kita rutin melakukan kegiatan latihan kekuatan tubuh seperti pull up, maka akan berpengaruh positif terhadap kesehatan mental / psikis kita. Manfaat yang didapat kesehatan mental berupa:

- Kurangi tanda-tanda kekhawatiran

- Tingkatkan peranan kognitif, seperti pola pikir, ingatan, dan ketajaman perhatian

- Kurangi resiko stres

- Tingkatkan harga diri (percaya diri)

6. Melatih Persendian

Dengan melakukan Pull up secara rutin dan teratur, persendian kita juga menjadi lebih optimal loh. Terutama prsendian bagian lengan dan tubuh bagian atas, akan mendapat lebih banyak pergerakan dan menerima beban tubuh. Hal inilah yang membuat persendian kita menjadi terjaga dan mengurangi linu atau nyeri akibat permasalahan sendi.

7. Meninggikan Badan

Banyak yang bilang jika melakukan angkat badan dapat membantu meningkatkan tinggi badan. Jika dilakukan oleh anak usia remaja hingga dewasa mungkin ada benarnya, tetapi jika dilakukan oleh orang yang sudah tua ya sepertinya hanya halu. Usia remaja dan dewasa merupakan usia pertumbuhan manusia, tubuh kita berkembang. Jiak disupport dengn latihan pull up, maka tinggi badan kita akan cepat naik dengan optimal.

Nah demikianlah, ternyata Latihan Mengangkat Badan Dapat Melatih Otot tubuh bagian atas. Kita jadi tahu bahwa cara melakukan pull up atau angkat tubuh memiliki tahapan tahapan yang benar yang harus kita lakukan. Mnafaat melakukan latihan angkat badan juga ternyata banyak, oleh karenanya kita tidak boleh malas untuk berolahraga seperti olahraga angkat badan / pull up, sit up, push up, dan lain sebagainya. 

Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka kita akan mendapatkan manfaat yang lebih berupa kesehatan jasmani dan rohani. Sekian untuk artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Terima kasih yang sudah berkunjung dan membaca hingga selesai.

Post a Comment for "Latihan Mengangkat Badan Dapat Melatih Otot?"