Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Respirasi Di Dalam Sel Terjadi Pada Organel Sel?

Respirasi Di Dalam Sel Terjadi Pada Organel Sel?

Hai sobat semua, berjumpa lagi dengan jafarull.com. Pada Kesempatan kali ini kami akan paparkan materi mengenai respirasi di dalam sel. Materi kali ini menyangkut Respirasi Di Dalam Sel Terjadi Pada Organel Sel? proses respirasi sel, perbedaan respirasi seluler dengan ekstra seluler, tahapan-tahapan respirasi sel di mitokondria, dan makalah tentang respirasi sel. Untuk lebih jelasnya, silakan simak materi berikut ini.
Respirasi Di Dalam Sel Terjadi Pada Organel Sel?
Respirasi Di Dalam Sel Terjadi Pada Organel Sel?

Proses respirasi sel

Respirasi sel yakni proses penggalian energi berbentuk ATP dari glukosa pada makanan yang kita makan. Seperti apa proses respirasi bisa berlangsung? Berikut penjabaran lengkap berkenaan dengan proses respirasi sel. Respirasi sel memiliki beberapa tahapan atau proses.. Step pertama, glukosa dibagi menjadi sitoplasma sel dalam proses glikosis. Selanjutnya pada step ke-2 , molekul piruvat diangkut ke dalam mitokondria. Apakah yang dimaksud mitokondria? Mitokondria ialah organel yang umum dikenal dengan istilah energi "powerhouses" dari sel-sel.

Dalam mitokondria, piruvat yang dirubah jadi molekul dua karbon selanjutnya masuk transisi krebs. Mitokondria mempunyai membran sisi dalam dengan beberapa lipatan, lipatan tersebut dikenal dengan krista. Krista bisa menambah luas permukaan membran di mana banyak reaksi respirasi seluler terjadi. Selanjutnya step ke-3 ialah energi berjalan menuju rantai transpor elektron. Pada cara ini energi dipakai untuk menciptakan ATP. Oksigen amat dibutuhkan untuk menolong proses perubahan glukosa jadi ATP. Cara pelepasan pertama hanya dua molekul ATP untuk tiap glukosanya, dan langkah seterusnya akan semakin banyak melepas ATP.

Contoh proses respirasi seluler pada glukosa,

C6H1206 + 6 02 à 6 H2O + 6 CO2 + energi

Reaksi perubahan glukosa jadi H20 + CO2 + Energi, lewat empat step yakni glikosis, dekarboksilasi oksidatif, daur krebs, dan mekanisme transpor elektron respirasi.

Perbedaan respirasi seluler dan ekstraseluler

Respirasi ekstraseluler adalah proses respirasi yang dijalankan lewat aliran tanpa melalui beberapa sel tertentu, misalnya seperti pernafasan yang sering dilakukan oleh manusia, saat inspirasi dari hidung ke arah paru-paru sampai ke alveolus. Nah, sedang respirasi seluler, respirasi berlangsung dalam sel di mana organel mitokondria amat berperan besar dalam proses respirasi ini. misalnya seperti transportasi oksigen oleh eritrosit ke arah semua sel-sel yang ada dalam tubuh manusia.

Tahapan respirasi sel di mitokondria 

1.    Struktur mitokondria

Mitokondria adalah tempat terciptanya respirasi sel. Mitokondria memiliki pembungkus yang berlapis ganda dengan membran membran luar dan dalam. Di mana membran dalam dilipat untuk membuat ekstensi yang dikenal dengan krista, krista ini yang memberi tempat permukaan besar untuk perlekatan struktur yang umum dikenal dengan partikel stalked.

2.    Link reaksi

Proses ini sebuah jalinan reaksi atau dekarboksilasi piruvat, yang secara terbatas berjalan dalam matriks mitokondria. Dalam link reaksi ini sejumlah besar organisme berperan selaku penyambung di antara glikosis dan transisi asam sitrat.

3.    Siklus krebs

Siklus ini penting dalam semua sel hidup khususnya yang memakai oksigen menjadi sisi dari respirasi seluler. Siklus ini berlangsung dalam matriks mitokondria dan berperan dalam alterasi karbohidrat, lemak, protein jadi karbondioksida dan air untuk menciptakan wujud energi yang bisa dipakai.

4.    Fosforilasi oksidatif

Fosforilasi oksidatif merupakan lintasan metabolisme dengan penggunaan energi yang dilepaskan oleh oksidasi nutrien untuk menghasilkan ATP, dan mereduksi gas oksigen menjadi air. Fosforilasi oksidatif ini berlangsung di krista mitokondria.

Makalah Respirasi Sel di sini

Nah demikian pembahasan kita kali ini tentang Respirasi Di Dalam Sel Terjadi Pada Organel Sel. Sekarang kita dapat mengetahui bahwa untuk sekali reaksi aerob bisa menhasilkan 38 ATP dari 1 molekul glukosa. 

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. terima kasih telah mampir ke mari dan membaca hingga selesai. jangan lupa tinggalkan komen di bawa ya.

Post a Comment for "Respirasi Di Dalam Sel Terjadi Pada Organel Sel?"