Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Ahli yang berpendapat bahwa administrasi sama dengan manajemen adalah

Ahli yang berpendapat bahwa administrasi sama dengan manajemen adalah

Ahli yang berpendapat bahwa administrasi sama dengan manajemen adalah
administrasi dan manajemen
Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa administrasi dengan manajemen itu sama. Ya, hal ini didasari oleh kedua bagian tersebut sama-sama mengatur bagian penting seperti keuangan, dan masalah administrasi lainnya. Namun, ada juga ahli yang berpendapat bahwa manajemen dan administrasi berbeda karena tugas utamanya beda. Nah dari pada kita dibikin pusing dan ribut masalah ini, lebih baik simak nih para ahli yang berpendapat bahwa administrasi sama dengan manajemen.

1. Dalton E Mc. Farland 

Dalam bukunya yang berjudul "Management, Principles and Practices" membandingkan makna administrasi dan manajemen, tetapi yang satu termasuk bagian dari yang lain dengan menyatakan seperti berikut "administration refers to the determination of mayor aims and policies, were as management refers to the carrying out of operations designed to accomplish the aim and effectuate policies" yang maknanya administrasi diperuntukkan pada penentuan arah dasar dan kebijakannya, sementara manajemen diperuntukkan pada penerapan aktivitas dengan tujuan menuntaskan/menggapai tujuan dan penerapan kebijakan (Handayaningrat, 1982).

2. Ordway Tead 

Menurut Ordway, administrasi sebagai suatu hal yang terdiri dari organisasi dan manajemen. Dia menyatakan jika "administration is the process and agency which responsible for the determination of the aims for which an organization and its management are to strive …etc" artinya kurang lebih sebagai berikut Administrasi ialah satu proses dan bagian yang bertanggungjawab pada penetapan arah, di mana organisasi dan manajemen digariskan dan beberapaya (Handayaningrat, 1982).

3. Albert Lepawsky (1960) 

Menjelaskan bahwa "administrasi use in the broad sense to include organization and management. Management is the force which leads, and dirtects an organization in the accomplishment of a predetermined objek (administrasi dipakai dalam makna luas mencakup organisasi dan manajemen. Manajemen ialah kekuatan pimpin memberikan panduan dan menuntun satu organisasi dalam capai satu arah yang ditetapkan lebih dulu).

4. S.P. Siagian (1977) 

Dalam bukunya dengan judul "Filsafat Administrasi" menyampaikan kalau "manajemen adalah pokok dari administrasi karena manajemen sebagai alat eksekutor inti dari administrasi" Setelah itu beliau memperjelas jika di antara administrasi dan manajemen tidak bisa dipisah-pisahkan, cuman kegiatan-kegiatannya yang bisa diperbedakan. 

Disaksikan dari sisi fungsional administrasi memiliki dua peranan khusus, yaitu: 
(1) menentukan arah secara lengkap apa-apa saja yang akan diraih (organization goal), 
(2) menentukan kebijakan umum yang mengikat semua organisasi (general and overall policies). 

Sedangkan manajemen pada hakekatnya berperan untuk melaksanakan semua kegiatan-kegiatan yang sebaiknya dikerjakan guna mencapai target dan tujuan yang telah ditentukan di tingkat administrasi. 
Dalam jalinan ini, manajemen bisa saja memastikan arah tapi sifatnya departemental atau perbagian. Demikian juga kebiksanaan yang ditetapkan di tingkat manajemen memiliki sifat khusus atau penerapan. Dari sudut pandang ini, Ia memperjelas jika administrasi lebih luas dari manajemen, bahkan juga manajemen itu adalah unsur dari administrasi.

5. Bijakin Abdulrachman (1969) 

Menjelaskan dalam bukunya dengan judul "Leadership", tiap administrasi atau penyelenggaraan kegiatan-kegiatan itu memiliki tiga faktor yang bisa diperbedakan satu-sama lain, yaitu: 
(1) faktor formula kebijakan, 
(2) faktor manajemen, dan
(3) faktor penerapan (operation). 

Setelah itu diterangkan beliau ke-3 faktor itu begini. "formula kebijakan administrasi (administrative policy) dibentuk oleh pimpinan dari bagian administrasi (negara,swasta) dan membuat ketentuan-ketentuan berkenaan target-sasaran dan arah-tujuan dasar yang akan diraih dan beberapa cara penyelenggaraan aktivitas untuk menggapai target dan arah-tujuan dasar yang sudah ditetapkan itu.
 
Manajemen ialah kegiatan-kegiatan untuk capai target-sasaran dan arah dasar yang sudah ditetapkan itu dengan memakai beberapa orang eksekutor. Kegiatan-kegiatan manajemen dan klasifikasi penggolongannya banyak jenis variasinya. Misalkan menurut beliau sendiri ada lima, yakni: 
(1) rencana, (2) koordinasi, (3) Peletakan , (4) pendorongan, dan (5) pemantauan.. 

Sedang aktivitas operation ialah aktivitas yang betul-betul melakukan apa yang sudah diperkirakan oleh manajemen. Kegiatan-kegiatan ini memadankan tenaga kerja (skill), beberapa bahan info, alat kerja, uang, tempat kerja, dan waktu hingga pada akhirnya memiliki produk yang diberi nama kerja hasil (barang dan layanan). Kaarena perannya memadankan beberapa unsur kerja, karena itu operation mempermasalahkan proses kerja, sistem kerja, tehnik kerja atau carakerja. 

Dari sudut berpikir ini , Bijakin Abdulrachman memiliki pendapat jika dalam tiap administrasi ada selalu manajemennya. Bahkan juga manajemen ialah pokok dari administrasi. Seperti penglihatan Siagian, Bijakin Abdulrachman memiliki pendapat jika administrasi itu lebih luas volume kegiatannya dari manajemen, Karena bukan hanya meliputi aktivitas manajemen, namun meliputi kegiatan-kegiatan pengerjaan kebijakan administrasi dan aktivitas operation.

Nah demikian pembahasan kita tentang Ahli yang berpendapat bahwa administrasi sama dengan manajemen. Kita jadi tahu tentang tokoh yang memiliki pandangan berbeda. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua sobat, terima kasih sudah berkunjung dan membaca hingga usai. Oh iya, jika kalian ingin membaca modul tentang hubungan administrasi, organisasi, dan manajemen, silakan klik link di bawah ini.

Post a Comment for "Ahli yang berpendapat bahwa administrasi sama dengan manajemen adalah"