Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Backlink merupakan salah satu contoh dari?

Pengertian Backlink

Backlink merupakan salah satu contoh dari penerapan optimasi SEO - Backlink ialah sebuah link dari satu website yang diarahkan ke website lain. Dalam praktiknya, backlink mempunyai nama lain yaitu inlink, link masuk, incoming links, dan inbound link. Untuk lebih memudahkannya, sederhananya gini misalkan jafarull.net menanam backlink di jafarull.com. Jadi ketika link yang ada di website misal jafarull.com diklik, maka akan mengarah ke web jafarull.net.
backlink
Backlink merupakan salah satu contoh dari penerapan optimasi SEO - Backlink ialah sebuah link dari satu website yang diarahkan ke website lain. Dalam praktiknya, backlink mempunyai nama lain yaitu inlink, link masuk, incoming links, dan inbound link. Untuk lebih memudahkannya, sederhananya gini misalkan jafarull.net menanam backlink di jafarull.com. Jadi ketika link yang ada di website misal jafarull.com diklik, maka akan mengarah ke web jafarull.net.

Manfaat Backlink

Backlink tentu sangat bermanfaat untuk situs web. Website yang memiliki banyak backlink tentu akan lebih SEO friendly di mata search engine. Selain itu, backlink memiliki beberapa manfaat penting yang perlu kita ketahui, diantaranya:
  • Meningkatkan Authority Domain atau kepercayaan dari website 
  • Meningkatkan trafik
  • Mudah untuk masuk page one google
  • Percepat proses indexing
  • Website jadi lebih terpercaya
  • Seo offpage healthy

Jenis-Jenis Backlink

Mungkin selama ini kita hanya tahu beberapa backlink yah. Hemm tapi ternyata ada beberapa jenis dari backlink loh. Apa saja si itu? yuk simak ulasan beberapa jenis backlik yang harus kita ketahui.

1. Backlink Kontekstual

Backlink kontekstual merupakan backlink yang ditanamkan di dalam artikel atau konten. Misalnya saja kita menulis di web Kompasiana, lalu kita menyisipkan link menuju web kita. Maka hal tersebut merupakan backlink kontekstual. Backlink kontekstual juga biasa disebut dengan backlink guest post.

2. Backlink Komentar

Backlink ini berada di kolom-kolom komentar website. Ada yang bilang jika kebanyakan backlink dari komentar, maka spam skor website kita akan naik. Yahh, ada betulnya juga si. Oleh karena itu jangan terlalu banyak nanam backlink komentar. Kalau mau main backlink komen ya ada caranya sendiri. 

3. Backlink Profile

Backlink profile umumnya dapat kita dapatkan pada halaman profile anggota dari sebuah situs komunitas. Beberapa backlink profile biasanya cuman berbentuk URL tanpa anchor teks yang dapat kita optimasi. Tetapi beberapa halaman situs profile cukup memungkinkannya kita untuk masukkan anchor teks saat menanam backlink didalamnya. contoh website yang dapat dipakai untuk backlink ini adalah behance.net, pinterest, dan lai-lain.

4. Backlink Pada Dokumen Share

Sesuai namanya, Backlink ini dalam bentuk dokumen yang telah kita buat yang kemudian kita share ke website. Kita menanamkan link / backlink di dalam dokumen. Dokumen tersebut berisi artikel atau ulasan yang membahas suatu topik dan kemudian disisipkan link yang menuju ke website kita. Contoh website yang dapat dipakai untuk backlink ini adalah academia.edu.

5. Blogroll Backlink

Blogroll backlink merupakan backlink yang disisipkan pada widget halaman web. Backlink ini dianggap "berbahaya" karena dapat memungkinkan kena pinalti dari google. Backlink tipe ini juga agak mengganggu pengunjung yang sedang membaca artikel di web kita. Contoh backlink ini yaitu kita membuat anchor teks di widget dan kemudian kita sisipkan link yang menuju web lain. 

6. Backlink Dari Gambar

Saat kita mengunggah sebuah gambar ke artikel, karena itu saat itu juga gambar itu akan hasilkan sebuah URL yang ke arah domain punya kita. Dalam masalah ini, bila seorang memakai URL gambar itu untuk tampilkan sebuah gambar pada situsnya, karena itu secara automatis domain punya kita akan memperoleh sebuah backlink gambar dari website itu. Tetapi harus diingat, untuk Anda yang memakai basis blogger sebagai media situs, Anda tidak memperoleh URL exact ke arah domain Anda, sekalinya Anda mengunggah gambar pada artikel yang Anda posting.

7. Backlink Footer

Bcaklink tipe ini biasanya disisipkan di bagian footer web. Umumnya sebuah link yang ke arah website developer theme. Sebenarnya backlink ini sama saja dengan blogroll, hanya penempatannya saja yang berbeda. 

8. Backlink Website Partner

Backlink website partner merupakan backlink yang didapat dari bertukar backlink dengan teman. Penempatan backlink dapat dimana saja sesuai dengan perjanjian. Misalnya saja perjanjiannya di post, footer, atau bahkan widget. Nah rasanya sangat pas jika kita memiliki banyak partner, kita saling tukar backlink. Coba bayangkan, jika ada 100 partner, berarti sudah ada 100 bcklink free. Kita tak perlu keluarkan duit lagi.

9. Backlink Sosial Media

Salah satunya tipe backlink yang dapat kita optimasi ialah backlink dari media sosial. Walau bukan memiliki sifat dofollow, tetapi dengan kata-kata yang menarik maka, backlink tipe ini lumayan mampu menarik pengunjung ke halaman situs sedang kita bangun.

Syarat Situs yang Baik Untuk Backlink

Menanam backlink tentu harus teliti dan tidak boleh asal-asalan. Bukannya kesehatan situs yang didapat malah dapat menjadi bumerang untuk situs sendiri. Untuk itu kenali syarat situs yang baik untuk backlink sebagai berikut:
  • Mempunyai keterkaitan tinggi dengan halaman situs Anda
  • Website dengan rekam jejak baik di mesin perayap (contoh: Wikipedia)
  • Halaman situs yang mempunyai sedikit external link
  • Mempunyai domain peringkat yang bagus (yaitu: tinggi)
  • Mempunyai DA (domain authority) dan PA (page authority) yang bagus (yaitu: tinggi)
  • Spam Skor (SS) domain rendah (optimal 1)
  • Content halaman unik (bukan hasil plagiat/copas)
  • Bukan website yang menyalahi guidelines Google, misalnya : website judi, atau pornografi.

List Ribuan Backlink Terbaru 2021

Nah untuk kamu yang bingung mencari backlink gratis dimana, jangan khawatir. Saya punya ribuan backlink mulai dari backlink profile, web 0.2, sosial media, file sharing, dan lain sebagainya. Oh iya untuk penanda mana yang sudah dan mana yang belum, maka saya kasih warna biru dan merah. Biru artinya bisa, merah artinya tidak bisa. Langsung saja sedot di bawah ini.


Nah demikianlah pembahasan kita kali ini tentang backlink. Sekarang kita jadi tahu Backlink merupakan salah satu contoh dari penerapan SEO. Dengan adanya backlink maka Web kita menjadi lebih SEO friendly. Terima kasih telah berkunjung sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

Post a Comment for "Backlink merupakan salah satu contoh dari?"