Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Cara untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan adalah

Cara untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan adalah?

Cara untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan adalah
persaudaraan dan persatuan

Semakin hari rasanya semakin "gemrungsung" saja. Melihat kondisi Indonesia saat ini yang semakin gaduh antar bangsa. Sesama masyarakat saling caci-maki, saling ribut, saling hina, dan saling salah menyalahkan. Merasa diri sendiri dan kelompoknya paling benar dan menganggap yang beda itu salah. 

Kita tidak bisa menutup mata, bahwa ekonomi sekarang turu drastis. Bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di berbagai negara. Saat kondisi ekonomi seperti ini tentu membuat banyak sekali pengangguran dan tindakan kriminal juga meningkat.

Hal seperti ini sangat dikhawatirkan oleh pemerintah dan pendiri bangsa. Bangsa Indoenesia ini tidak akan bisa dihancurkan dari "luar" karena masyarakat Indonesia terkenal dengan kebersamaannya yang kuat. Meski berbeda agama, suku, ras, dan bahasa, tetapi tetap bersama dan tetap satu.

Namun melihat kondisi sekarang ini, rasa-rasanya kita perlu untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan antar sesama bangsa. Bukan hanya di kehidupan nyata saja, tetapi juga di kehidupan maya. Ketika bermedia sosial juga harus dijaga agar tidak ada yang tersinggung dan tersakiti.

Berikut ini Cara untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan adalah sebagai berikut:

1.    Saling menghormati dan menghargai

Untuk memperkuat tali persaudaraan tentu kita harus saling menghargai. Masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku agama bahasa harus mampu menghormatu satu sama lain. Tidak ada yang paling dan tidak ada yang lebih. Semuanya sama, menjadi warga Indonesia yang baik yang berdasar Pancasila.

2.    Jangan egois

Egoisme merupakan sifat dasar manusia. Namun alangkah baiknya jika kita mampu meredam dan mengendalikan sifat egois ini. Karena sifat egois dapat merusak hubungan dan persaudaraan antar bangsa.

3.    Tidak mencela satu sama lain

Seringkali saya lihat di komentar-komentar media sosial seperti youtube, instagram, facebook, hingga twetter yang saling caci satu sama lain. Gara-gara beda pandangan, beda dukungan, dan beda pemahaman mereka saling caci saling benci, saling sarkas. Alangkah baiknya hal semacam ini kita hindari guna menjaga persatuaan sesama bangsa dan menjaga kesehatan batin kita.

4.    Rendah hati

Rendah hati dengan rendah diri itu beda loh ya. Rendah hati lebih mengarah ke sikap sopan, baik, dan tidak merasa paling. Dengan rendah hati, maka kita akan terhindar dari sifat iri dengki hingga lebih legowo dengan permasalahan yang ada.

5.    Tidak Sombong

Sifat sombong dapat meruntuhkan tali persaudaraan dan persatuan antar saudara sebangsa setanah air. Karena pada dasarnya orang yang sombong akan merasa dirinya lbih unggul dibandingkan dengan orang lain. Sifat ini juga tidak baik untuk kesehatan mental dan jiwa kita sendiri.

Nah demikian yang dapat kita lakukann untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan. Semua manusia pasti dapat hidup rukun dan berdampingan meski berbeda latarbelakang. Kita sebagai makhluk yang berakal hendaknya menjaga hubungan tersebut agar tidak dilumpuhkan oleh bangsa lain. 

Akhir kata cukup sekian perjumpaan kita kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih telah membaca dan berkunjung di situs kami. Mohon tinggalkan komentar ya, untuk melanjutkan diskusi kita tentang materi kita tentang Cara untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan. 

Post a Comment for "Cara untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan adalah"