Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Human Resources Department Adalah

Human Resources Department

Human Resources Department adalah
Human Resources Department

Human Resource Department adalah salah satu komponen penting di dalam sebuah peruahaan untuk mengatur dan meningkatkan sumber daya manusia (pegawai) yang ada pada sebuah perusahaan. HRD akan memimpin perusahaan dan berdedikasi untuk memajukan perusahaan yang ia pimpin. Tgas seorang HRD mulai dari pekerjaan rencana yang kerap dikenal dengan rencana SDM, recruitment dan penyeleksian, training dan peningkatan, manajemen kerja, upah, dan tumbuhkan jalinan kerja. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa HRD adalah satu serangkaian aktivitas dalam organisasi yang dilaksanakan secara terorganisir dan dalam kurun waktu tertentu dengan arah untuk tingkatkan kualitas kerja dan kekuatan pegawai.

Menjadi seorang HRD tentu harus memiliki kriteria dan syarat yang harus dipenuhi. apa saja si?

1.    Background pendidikan

Latar pendidikan seorang HRD harus sesuai dengan pekerjaannya untuk mengurus SDM, umumnya seorang HRD diwajibkan mempunyai background pedidikan psikologi. Hal ini mempunyai tujuan supaya proses komunikasi interpersonal bisa berjalan secara lancar baik sepanjang proses mengurus SDM mulai dari penerimaan pegawai sampai peningkatan pegawai.

2.    Bisa Pahami Watak Manusia

Dalam suatu perusahaan pasti tiap pegawai mempunyai watak dan background yang bermacam baik background pendidikan, Keluarga, Pertemanan. Pokoknya tiap orang mempunyai personalitasnya masing masing, karena itu seorang HRD diharuskan agar bisa pahami watak dari tiap pegawai. Sebab kekuatan seorang HRD untuk pahami watak pegawai bisa bermanfaat dalam usaha penerimaan atau pengendalian pegawai dalam sebuah perusahaan.

3.    Pahami Seluk Beluk Perusahaan Dengan Baik

Kekuatan untuk mengerti dan memahami sangkut-paut sebuah perusahaan pada intinya masih terkait dengan kekuatan penyesuaian. Ini penting sebab tiap perlakuan yang akan dilaksanakan HRD harus berdasar keadaan perusahaan. Jika seorang HRD bisa pahami perusahaan secara baik, pasti semua jenis proses akan jadi lebih baik khususnya saat penerimaan pegawai dan pengutaraan info dari dan ke perusahaan.

Peranan Human Resources Department dalam Sebuah Perusahaan

Umumnya seorang HRD memiliki dua peran di dalam sebuah perusahaan, yakni peran internal dan peran eksternal. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan simak ulasan berikut ini.

1. Peranan Intern

Peranan intern Human Resource Department (HRD) untuk lakukan rencana SDM, penerimaan, tujuan, peningkatan SDM, manajemen performa, penetapan upah atau ganti rugi, dan tumbuhkan jalinan kerja. Disamping itu, faksi HRD bertanggungjawab atas penyediaan aktivitas training pada sumber daya manusia agar bekerja sesuai keinginan perusahaan.

2. Peranan External

Sedang peranan external Human Resource Department (HRD) ialah sediakan konseling di luar perusahaan ke tenaga kerja. Tetapi, dalam realisasinya sudah pasti harus memerhatikan tingkat kekuatan dan tekad dari faksi yang akan mengikut konseling itu.

Nah demikianlah pembahasan kita kali ini tentang pengertian Human Resources Department , syarat menjadi Human Resources Department , dan peran di dalam sebuah organisasi. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua sob. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca.

Post a Comment for "Human Resources Department Adalah"