Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kelapa Sawit Cocok Ditanam di Daerah

Kelapa Sawit Cocok Ditanam di Daerah
kelapa sawit
Kelapa Sawit Cocok Ditanam di Daerah Rendah - Minyak kelapa sawit memang sangat populer karena mempunyai bermacam keunggulan dibandingkan tanaman minyak nabati lain. Maka dari itu peluasan lahan tanaman sawit juga terus dilakukan. Hal ini guna memenuhi kebutuhan minyak nabati dunia.

Wilayah yang cocok untuk tanaman kelapa sawit ialah di wilayah tropis pada altitude 13o Lintang Utara sampai 12o Lintang Selatan dengan curah hujan tinggi. Kelapa sawit juga sangat cocok dengan daerah dengan ketinggian sekitar 0-600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tetapi saat ini kita lihat perluasan lahan untuk tanaman sawit sudah mencapai dataran yang lebih tinggi lagi. Tentu saja resikonya bisa berhasil ataupun gagal, karena bergantung lagi pada berbagai faktor yang ada.

Pohon kelapa sawit dapat tumbuh subur di daerah tropis yang panas selama setahun dengan temperatur maksimal di antara 28 sampai 32 derajat celcius. Jika temperatur turun di bawah 25 derajat celcius, jumlah pelepah sawit akan menyusut dan kerap kali gampang terkena penyakit, maka dari itu sangat berpengaruh pada turunnya produktifitas. Sementara temperatur yang panas, dapat membuat perkembangan pelepah daun yang cukup dan selanjutnya akan hasilkan TBS yang banyak.

Area yang pas untuk kelapa sawit bisa berbentuk hutan primer dan sekunder, semak belukar, sisa perkebunan komoditas lain (karet, kelapa, kakao), padang alang-alang, atau bahkan juga sisa kebun tanaman pangan (jagung, singkong, padi gogo), dan kebun kelapa sawit tua (peremajaan). Tehnik pembukaan tempat menanam sawit bisa dilaksanakan dengan manual, mekanis, kimia atau paduan, bergantung kondisi vegetasinya.

Untuk lebih jelasnya, silakan kalian baca makalah tentang kelapa sawit secara lengkap dan mendalam berikut ini.

Post a Comment for "Kelapa Sawit Cocok Ditanam di Daerah"