Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Secara ekonomis terumbu karang bermanfaat sebagai

Secara ekonomis terumbu karang bermanfaat sebagai tempat wisata. 

Secara ekonomis terumbu karang bermanfaat sebagai
terumbu karang

Terumbu karang biasanya hidup di tepi pantai atau wilayah yang terserang sinar matahari lebih kurang 50 m di permukaan laut. Beberapa type terumbu karang bisa hidup jauh dalam laut dan tidak membutuhkan sinar, tetapi terumbu karang itu tidak bersimbiosis dengan zooxanhellae dan tidak membuat karang.

Terumbu karang menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan di laut. Keberadaan ikan dapat kita ketahui dengan melihat kondisi laut yang terdapat terumbu karang atau tidak. Jika laut tersebut tidak memiliki terumbu karang, maka dapat dipastikan hanya sedikit makhluk hidup yang tinggal di tempat tersebut. Terumbu karang memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan, secara ekonomis terumbu karang bermanfaat sebagai tempat wisata, bahan obat-obatan, wisata pendidikan dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, mari simak fungsi dan manfaat terumbu karang berikut ini.

Fungsi Dan Manfaat Terumbu Karang

1.    Perlindungan Ekosistem Pantai

Terumbu karang akan meredam dan merusak energi gelombang air laut yang bisa menyebabkan abrasi dan kerusakan disekelilingnya. Dari sisi fisik terumbu karang dapat melindungi pantai dari erosi dan abrasi, susunan karang yang keras bisa meredam gelombang dan arus air laut yang dapat mencegah abrasi pantai dan menahan rusaknya ekosistem pantai lain seperti padang lamun dan magrove.

2.    Rumah Untuk Banyak Macam Makhluk Hidup Di Laut

Terumbu karang ibarat oase dipadang pasir untuk lautan. Oleh karena itu banyak hewan dan tanaman yang bergabung di sini untuk cari makan, memijah, berkembangbiak dan berlindung. Terumbu karang juga memiliki manfaat yang besar untuk manusia, yakni mereka dapat mencari ikan nafkah dari terumbu karang. 

terumbu karang yang sehat bisa hasilkan 25 ton ikan /tahunya. Yaitu sekitar 300 juta orang di dunia gantungkan nafkahnya pada terumbu karang.

Terumbu karang adalah sumber perikanan yang tinggi, dari 132 macam ikan yang berharga ekonomi di Indonesia, 32 tipe salah satunya hidup di terumbu karang, bermacam tipe ikan karang jadi komodit export. Terumbu karang yang sehat akan hasilkan 3-10 ton ikan per km persegi /tahun.

3.    Sebagai Sumber Obat-Obatan

Pada terumbu karang terdapat banyak beberapa bahan kimia yang diperhitungkan bisa jadi obat untuk manusia. Untuk sekarang ini banyak riset berkenaan beberapa bahan kimia itu untuk dipakai menyembuhkan bermacam penyakit pada manusia.

4.    Sebagai Object Wisata

Terumbu karang yang baik akan menjadi daya tarik untuk wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing. Banyak yang senang menikmati keindahan bawah laut yang eksotik. Nah hal ini dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk menambah penghasilan mereka. kira-kira 20 juta penyelam, menyelam dan nikmati terumbu karang /tahun.

5.    Sebagai Sumber Pendidikan

Terumbu karang dapat dijadikan sebagai laboratorium alam untuk pendukung pengajaran dan riset. Sehingga ilmu pengetahuan tentang biota laut dan terumbu karang akan lebih maju.

Ancaman Pada Terumbu Karang

Peristiwa alam dan bermacam perbuatan destruktif orang memberikan ancaman kesehatan atau kehadiran terumbu karang. Ancaman pada terumbu karang dikelompokkan menjadi dua kelompok yakni ancaman bencana alam dan ancaman yang diakibatkan oleh manusia. Ancaman yang diakibatkan oleh alam tergolong kerusakan karena badai, peralihan temperatur, Trunami, dan gempa di dasar laut. ancaman yag disebabkan karena manusia diantaranya yakni:

  • Praktik penangkapan dengan toksin (racun), dengan peledak, muroami.
  • Sedimentasi , pencemaran dan sampah
  • Pertambangan
  • Praktik tourism yang tidak berkepanjangan.
  • buang sampah ke laut dan pantai yang bisa mencemarkan air laut
  • bawa pulang atau sentuh terumbu karang saat menyelam, satu sentuhan saja bisa membunuh terumbu karang
  • pemborosan air, makin banyak air yang dipakai karena itu makin banyak juga sampah air yang dibuat dan dibuang ke laut.
  • penggunaan pupuk dan pestisida bikinan, seberapapun jauh letak pertanian itu dari laut endapan kimia dari pupuk dan pestisida bikinan pada akhinya akan terbuang ke laut juga.
  • Buang jangkar pada pesisir pantai secara tidak menyengaja akan menghancurkan terumbu karang yang ada di bawahnya.
  • adanya predator terumbu karang, seperti semacam siput drupella.
  • penambangan
  • pembangunan permukiman
  • reklamasi pantai
  • pencemaran
  • penangkapan ikan secara salah, seperti penggunaan bom ikan

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai manfaat terumbu karang secara ekonomis dan beberapa hal yang mengancam terumbu karang. Dengan menjaga dan melestarikan lingkungan, maka keadaan bumi ini akan terjaga dan anak cucu kita nanti dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa. Ingat ya kawan, jagalah bumi kita ini dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Post a Comment for "Secara ekonomis terumbu karang bermanfaat sebagai"