Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

✔15 Peralatan Wajib Naik Gunung yang Harus Kamu Bawa

15 Peralatan Wajib Naik Gunung yang Harus Kamu Bawa

Siapa si yang tidak suka naik gunung? Olahraga yang satu ini memang sedang digemari oleh anak-anak muda jaman sekarang. Kegiatan naik gunung tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita, karena tubuh kita bergerak sehingga mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat dan otak serta hati kita akan merasa fresh menyaksikan keindahan alam yang luar biasa.

Sebelum mendaki tentu kita harus mempersiapkan peralatan yang wajib dibawa untuk keperluan di perjalanan dan di puncak gunung nanti. 

1. Sepatu Hiking
Sepatu hiking didesain khususu untuk melintas di medan tanah, becek, hingga berbatu. Sepatu ini wajib banget untuk kamu bawa nih, karena sepatu ini dapat meminimalisir kamu tergelincir dan cedera karena medan yang susah untuk dilewati.

2. Gaiter
Gaiter terpasang di bagian kaki yang menyambung atau dikaitkan ke sepatu. Fungsinya yakni untuk melindungi kaki dari goresan batu, lumpur, air, hingga semak berduri. Tanpa adanya gaiter ini kakimu dapat terluka dan melepuh loh.

3. Tenda
Apa jadinya naik gunung tanpa tenda? Wah pasti akan sangat menyulitkan ya. Tenda menjadi alat yang wajib dibawa ketika naik gunung karena berfungsi untuk temat kita menginap di puncak gunung. 

4. Tas Gunung
Tas gunung didesain dan dirancang untuk dapat menampung banyak peralatan sekaligus. Jadi kamu tidak perlu repot-repot bawa banyak tas, cukup menggunakan satu tas saja. Lagipula jika kamu menggunakan tas biasa, kamu akan capek dan lelah sendiri karena kesulitan membawa barang bawaanmu.
15 Peralatan Wajib Naik Gunung yang Harus Kamu Bawa
15 Peralatan Wajib Naik Gunung yang Harus Kamu Bawa
5. Sleeping Bag
Sleeping bag didesain menyerupai kepompong dan hanya muat untuk satu orang saja. Fungsinya tentu untuk memberikan kehangatan di pucak gunung yang dingin serta memberikan rasa aman dari gangguan makhluk liar. Ketika kamu hendak membeli sleeping bag, pastikan pilih yang sesuai dengan tinggi badanmu dan pastikan memiliki penutup kepala, selain itu pilih yang terbuat dari campuran bahan polar dan dacron untuk memberikan kehangatan. 

6. Jaket Gunung/ Jaket Parasut/ JaketTebal
Di puncak gunung memiliki suhu yang sangat dingin dan kadar oksigen yang sedikit. Jika kamu tidak memakai pakaian yang hangat, maka kamu dapat terserang penyakit. Oleh karena itu jangan lupa membawa jaket gunung/ Jaket parasut yang tebal agar tubuhmu selalu hangat dan nyaman.

7. Jas Hujan
Jas hujan dibawa untuk berjaga-jaga ketika di tengah perjalanan naik/ turun terjadi hujan. Jika tanpa jas hujan maka tubuh dan barang bawaan kita akan basah semua. Hal ini tentu dapat mempengaruhi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan kamu ketika mendaki. 

8. Pakaian Ganti
Pakaian ganti dapat kamu kenakan ketika berada di atas puncak. Biasanya pendaki akan selfie menggunakan baju/ pakaian ganti agar lebih terasa nyaman. Selain itu, pakaian yang sudah digunakan unuk mendaki juga pasti sudah berkeringat sehingga akan kurang nyaman untuk dipakai.

9. Peralatan Masak 
Bayangkan jika kamu naik gunung tanpa membawa peralatan masak? Wah pasti kebingungan ketika di puncak mau makan apa kan? Peralatan masak yang biasa dibawa yakni kompor kecil, panci kecil, gelas, mangkuk, dan teko. 

10. Bahan Makanan
Apa jadinya ketika kamu tidak bawa bahan makanan? Pasti kamu tidak akan bisa melanjutkan perjalanan turun gunung karena kelelahan dan kehabisan energi. Bahan makanan menjadi hal yang wajib dibawa ketika kamu naik gunung. Umumnya bahan makanan yang dibawa tidak memberatkan namun sangat cukup untuk mengisi energi tubuh.

11. Senter
Senter digunakan untuk menerangi jalan ketika mendaki sekaligus menerangi malam di puncak gunung. Tanpa adanya senter, kamu akan kesulitan mengambil jalan mana yang harus dilalui.

12. Korek Api
Ketika berada di puncak gunung pasti kita perlu api untuk memasak ataupun merokok. Benda kecil yang satu ini wajib kamu bawa dan simpan untuk persiapan di puncak gunung. Jangan sampai lupa membawa korek yang berujung tidak bisa memasak, kan sangat tidak lucu.

13. Peralatan Medis
Peralatan medis menjadi yang terpenting nih, karena untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan ketika mendaki yang tidak kita sadari. Umumnya peralatan medis yang dibawa yakni obat merah, kapas, perban, antiseptik, hansaplas, koyo, minyak kayu putih, tolak angin, dan lain sebagainya.

14. Kantong Plastik
Menjaga kebersihan lingkungan wajib dilakukan. Ketika kamu telah selesai menikmati keindahan alam, maka jangan lupa untuk membawa sampah yang telah kamu buat. Pastikan membawa kantung kresek besar dan tebal sehingga sampah dapat muat banyak serta tidak mudah robek.

15. Tisu
Tisu menjadi alat yang dapat kamu bawa untuk mengelap keringat atau bersuci ketikak naik gunung. Ketika naik gunung kita harus hemat air sehingga ketika buang air kecil, kamu dapat menggunakan tisu untuk bersuci.

Nah itulah 15 Peralatan Wajib Naik Gunung yang Harus Kamu Bawa, pastikan semua sudah terdaftar dan disiapkan dengan baik ya agar perjalanan naik gunungmu lancar. Dengan adanya peralatan tersebut, kamu juga dapat lebih menikmati proses naik gunung dan akan merasa nyaman.

Post a Comment for "✔15 Peralatan Wajib Naik Gunung yang Harus Kamu Bawa"