Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Di era pandemi sekarang ini, anak-anak diharuskan belajar online. Setiap hari anak tidak lepas dari layar ponsel atau laptop. Hal ini tentu akan mempengaruhi kesehatan mata anak. Bahkan jika dibiarkan dapat berakibat minus atau rabun. 

Sebagai orang tua, tentu kita tidak menginginkan hal demikian. Oleh karena itu, kita harus mengedukasi dan menjaga kesehatan mata anak. Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mata anak? Simak ulasan berikut ini.
Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak
Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak
1. Atur Jadwal Penggunaan Gadget untuk Belajar dan Bermain
Sebagai orang tua yang baik, kita harus pandai mengatur jadwal anak untuk bermain gadget. Misalkan saja kita buat jadwal pagi untuk mengerjakan tugas sekolah, siang bermain dan malam belajar. Dengan penjadwalan yang teratur kesehatan mata anak akan terjaga dengan baik.

2. Konsumsi Buah dan Sayur
Buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh anak. Selain itu dengan mengonsumsi buah dan sayur secara teratur, kesehatan mata anak juga akan terjaga. Sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya rabun atau mata minus.

3. Menggunakan Kacamata Hitam Ketika Keluar Rumah
Sinar matahari yang terlalu silau dapat mempengaruhi penglihatan anak. Jika anak jarang keluar rumah karena kesibukannya belajar online, maka sebagai oraang tua kita wajib memberinya kacamata hitam ketika bepergian. Pakai kacamata hitam ketika pergi di jam 11 siang hingga 15 sore. Hal ini karena di jam tersebut intensitas cahaya matahari sangat terang dan sinar ultraviolet dapat menyilaukan pengliatan.

4. Belajar di Tempat yang Lebih Terang
Ketika anak belajar, jangan biarkan ruangan sekitar gelap. Ruangan gelap akan mempengaruhi kesehatan mata. Mata akan menjadi cepat lelah dan jika dipaksakan dapat mengakibatkan kerabunan. Sebaiknya gunakan lampu belajar agar anak nyaman ketika proses belajar berlangsung.

5. Kurangi Penggunaan Tetes Mata
Perlu kita ketahui, kandungan dasar obat tetes mata yakni saline atau air garam. Sedangkan bahan tambahan obat tetes mata disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja untuk penggunaan pelumas mata agar bersih, sebagai air mata buatan, dan mengatasi mata merah. Perlu dicatat, untuk tidak menggunakan obat tetes mata terlalu sering karena dapat mempengaruhi kesehatan mata. 

6. Pakai Masker Mentimun
Mentimun dikenal mngandung banyak air dan vitamin C. Mentimun dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk menyegarkan mata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian dapat menggunakan masker mentimun ini tiga kali dalam seminggu.

7. Ajak anak keluar rumah untuk berekreasi
Sesekali ajak anak untuk melihat dunia luar agar penglihatan tetap terjaga. Kalian dapat mengajak anak ke tempat wisata, berkebun, atau bahkan main ke rumah saudara. Mengadakan kegiatan seperti ini dapat mengurangi anak lelah pikiran, dan menghindari mata lelah.

8. Rajin Periksa ke Dokter Mata
Banyak berita yang berdar bahwa era pandemi kesehatan mata anak menjadi terganggu. Untuk itu, kita memang wajib rajin-rajin memeriksakan kesehatan mata anak kepada dokter. Jangan sampai karena kita lalai, ujungnya si anak menjadi rabun atau mata minus. 

Nah demikianlah artikel tentang Cara menjaga kesehatan mata anak. Dengan memperhatikan kesehatan mata anak berati kita juga turut menjaga masa depan anak. Tetap lakukan yang terbaik demi anak-anak kita dan jaga kesehatan anak kita agar mereka dapat melihat dunia yang luas. Terima kasih telah membaca hingga akhir, jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar ya.

Post a Comment for "Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak"