Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Hewan yang mendapatkan julukan mamalia berkantung adalah

Hewan yang mendapatkan julukan mamalia berkantung adalah

Hewan yang mendapatkan julukan mamalia berkantung adalah
kanguru mamalia berkantung
Knguru merupakan hewan marsupialia dari benua Australia. Kanguru mempunyai nama ilmiah, Macropus. Berasal dari 2 kata Yunani yang berarti kaki panjang (makros pous). Marsupialia yaitu golongan mamalia yang betinanya mempunyai marsupium atau kanting perut. 

Contoh hewan yang dikenali sebagai binatang berkantung ini ialah Kanguru. Ciri-khas mereka yang paling unik yaitu kaki belakangnya yang besar, kaki yang panjang, dan ekornya yang besar. Kanguru itu unik karena mereka merupakan hewan yang senang melompat sebagai pergerakannya.

Ciri-Ciri Fisik Kanguru

Kanguru memiliki dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar dirancang untuk meloncat. Kanguru biasa meloncat dengan kecepatan 20-25 km/jam. Bahkan mereka mampu meloncat dengan kecepatan 70 km/jam. Kanguru dapat hidup sekitar 9-18 tahun, meski demikian ada juga kanguru yang mampu berusia 28 tahun.

peranan kantung Kanguru

1.    Tempat membawa anaknya
Kantung pada Kanguru atau hewan marsupial lainnya, dipakai untuk bawa anaknya. Ini karena kehamilan induk Kanguru benar-benar singkat.
Kanguru mempunyai periode kehalmilan tidak kurang dari lima minggu. Bahkan juga Kanguru termasuk hewan yang berkembang biak secara vivipar. Maknanya tidak mempunyai tali pusar.
 
2.    Kantung makanan untuk anak Kanguru
kantung kanguru  berperan sebagai tempat makanan anak Kanguru. Dibalik kantung induk Kanguru ada puting susu, hingga anak yang ditempatkan dalam kanting dapat menyusu dan mendaptkan gizi yang cukup. Umumnya anak hewan marsupial akan ada dalam kantung induknya sepanjang 235 hari. Selama itu, anak hewan marsupial akan kerap keluarkan kepalanya dari kantung untuk menyaksikan kondisi di luar.
 
3.    Tempat teraman anak Kanguru
anak Kanguru akan merasakan aman karena terlindung oleh induknya. Saat ada bahaya datang, beberapa anak dapat masuk di dalam kantung untuk menghindariinya. Kantung induk Kanguru dapat mengendalikan beban yang berat. Ini membuat anak kanguru dapat terasa dalam kantung dalam waktu lama.

Cara Kanguru bersihkan kantungnya

Kanguru memakai kaki depannya untuk buka kantongnya lebar-lebar selanjutnya masukkan kepala dan menjilat-jilati kantongnya sampai bersih. Sesudah sang induk melahirkan anak, diperlukan beberapa usaha untuk melindungi kebersihan kantong itu. Karena anak Kanguru tinggal didalamnya beberapa bulan. Anak Kanguru akan masuk di dalam kantung sampai badannya tak lagi muat didalamnya atau sampai sang induk tidak lagi memberikan tempat untuk kehadirannya. Apa sich yang dibikin bersih dari kantungnya? Deputi Kepala Penelitian National Zoological Prk, Miles Roberts memberitahukan jika bertepatan dengan kelompok dari sisa kulit yang ada, tercipta elemen seperti lilin dalam kantong itu yang ingin dilepaskan Kanguru.

Spesies Kanguru ada tiga jenis :

1.    Kanguru Merah
Kanguru merah ini adalah salah satunya hewan marsupialia paling besar yang ada dan masih hidup sampai sekarang. Bila kanguru merah ini berdiri, hewan tersebut sanggup menggapai tinggi lebih dari 2 mtr.. Untuk beratnya sendiri juga dapat capai 90 kg. Untuk kangguru dengan tipe ini umumnya bergerak dalam sebuah barisan besar. Hewan ini akan tidur di siang hari yang mempunyai hawa yang sangat panas. Saat tidak ada air, kangguru ini akan cari kelembapan dari tumbuhan hijau. Kangguru Merah ini akan memulai berkembang biak bila ada hujan, dan mulai muncul tanaman baru.
 
2.    Kanguru Abu-Abu Timur
Tipe kanguru ini kemungkinan yang kerap disaksikan dan dijumpai orang- orang biasanya. Karena kanguru ini mempunyai warna abu-abu. Sama dengan warna koala yang sebagai salah satunya hewan ciri khas Australia. Kanguru Abu-abu timur ini dapat diketemukan di Australian sisi timur yang mempunyai wilayah yang subur.

3.    Kanguru Abu-abu Barat
Tidak cuma di Australia sisi timur saja yang mempunyai kanguru abu-abu. Karena di Australia sisi barat juga ada mamalia berkantung ini yang abu- abu. Hewan mamalia berkantung ini dapat diketemukan didekat basin Sungai Darling dan pantai. Hewan mamalia berkantung ini mempunyai jumlah yang banyak. Mamalia berkantung ini hidup di rimba Eukaliptus yang terbuka dan hidup di wilayah berumput. Karena makanan hewan ini ialah

Nah demikian pembahasan kita mengenai Kanguru Hewan yang mendapatkan julukan mamalia berkantung. Dengan keunikannya kanguru mrnjadi hewan yang istimewa. Selain itu, kita juga jadi lebih tahu bahwa jenis dari kanguru ternyata ada tiga. 

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua sobat. Terima kasih telah membaca hingga selesai dan jangan lupa untuk mampir kembali ya.

Post a Comment for "Hewan yang mendapatkan julukan mamalia berkantung adalah"