Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Hp Masuk Air Tapi Masih Hidup? Lakukan Hal Ini Untuk Selamatkan Hp mu!

Hp Masuk Air Tapi Masih Hidup? Lakukan Hal Ini Untuk Selamatkan Hp mu!

Pernah tidak hp mu masuk ke dalam air tapi masih hidup? Sebuah keberuntungan jika hpmu masih hidup dan tidak langsung mati. Karena biasanya, jika hp masuk ke air, tak lama kemudian pasti akan mati. Jika sudah begini, maka kita akan pusing karena masih banyak data yang belum terbackup atau sesuatu yang penting yang ada di hp.

Nah untuk kamu yang sangat beruntung karena hp tidak langsung mati kaetika masuk ke dalam air, kamu harus cepat-cepat lakukan hal ini untuk menghindari kerusakanyang lebih parah nih. Apa saja si itu? Yak simak ulasan berikut ini.
Hp Masuk Air Tapi Masih Hidup? Lakukan Hal Ini Untuk Selamatkan Hp mu!
Hp Masuk Air Tapi Masih Hidup
1. Angkat Dari Air
Langkah pertama untuk menyelamatkan hp mu yakni dengan segera mengangkat hp dari air. Hal ini untuk mengurangi risiko terjadinya konslet dan kerusakan yang parah akibat air yang menyebar ke dalam komponen hp.

2. Matikan Hp
Jika kamu mendapati hp mu masih dalam kondisi hidup, segera matikan. Hal ini agar tidak terjadi konslet dan kerusakan yang makin parah. Ketika hp dalam kondisi mati, maka baterai hp sebagai sumber daya dapat terjaga dengan baik. 

3. Lepaskan Baterai, Sim Crad, dan Memori Card
Jika hp mu masih menggunakan baterai copotan, maka lepaskanlah baterai terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan sim card dan memori card. Tapi jika baterai hp mu itu baterai tanam, maka yang perlu kamu lakukan yakni hanya melepas sim dan memori card saja. Kemudian lanjutkan ke proses pengeringan.

4. Keringkan
Proses pengeringan dapat dilakukan dengan mesin kompresor, karena dapat mengalirkan udara yang kencang dan mampu membersihkan sluruh kotoran dan air yang ada di dalam hp. Lakukan sampai benar-benar kering, dan air tak tersisa. Perlu diingat, ketika mengeringkan harus hati-hati agar tidak ada komponen yang rusak akibat terkena angin dari kompresor yang terlalu kencang.

5. Rendam dalam Beras
Setelah hp benar-benar kering, langkah selanjutnya yakni merendam hp di ke dalam beras. Beras dapat menyerap air dengan baik, jadi semua air yang ada di dalam komponen hp bisa terserap dengan baik, sehingga komponen dalam hp bisa cepat kering dan meminimalisir kerusakan.

6. Simpan di ruangan tertutup dengan tumpukan silika gel
Pernah lihat bubuk kristal ketika beli sepatu baru? Nah itu adalah silika gel. Silika gel sangat brmanfaat untuk mengeringkan komponen hp yang terkena air karena sifatnya yang reseptif. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan box atau kotak yang dapat tertutup dengan rapat. Masukan hp yang sudah di rendam beras ke dalam kotak, kemudian taruh silikan gel di atasnya. Tunggu hingga beberapa saat agar air terserap semua dan hp benar-benar kering.

7. Hindari penggunaan hair drier
Jika kamu berpikir bahwa hair drier dapat mengeringkan hp, hem itu salah besar. Hair drier memberikan uap panas yang justru dapat merusak komponen hp. Air yang ada di dalam hp juga tidak akan kering dan hanya menguap yang nanti bakal kembali lagi menjadi air/ embuh di dalam hp.

8. Pasang semua komponen
Nah ketika dirasa sudah kering, langkah selanjutnya yakni memasang semua komponen. Pasang secara teratur dan hati-hati. Kemudian berdoa agar diberi kelancaran.

9. Nyalakan
Proses ini akan sangat mendebarkan karena kita tidak tahu apakah nanti bakal hidup atau bisa hidup tapi ada kerusakan. Saran saya, berdoalah. Ketika step by step sudah dilakukan secara benar pasti hasil juga akan baik dan benar.

Nah demikianlah pembahasan kita mengenai hp masuk ke air tapi masih hidup. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan, pasti hp akan kembali normal dan selamat. Terima kasih untuk kunjungannya, semoga artikel yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. 

Post a Comment for "Hp Masuk Air Tapi Masih Hidup? Lakukan Hal Ini Untuk Selamatkan Hp mu!"