Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Modal Kecil Cuan Banyak! Ini Dia Usaha yang Cocok Untuk Mahasiswa yang Wajib Kamu Tahu

Modal Kecil Cuan Banyak! Ini Dia Usaha yang Cocok Untuk Mahasiswa yang Wajib Kamu Tahu
usaha yang cocok untuk mahasiswa

Usaha yang cocok untuk mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa memang dituntut untuk dapat berpikir dan bertindak kreatif. Kreativitas inilah yang akan memberikan banyak pengalaman hidup serta dapat dijadikan sebagai pegangan hidup Ketika lulus kelak. Salah satu bentuk kreativitas yakni dapat menemukan usaha yang cocok untuk mahasiswa.

Mahasiswa yang memiliki usaha sampingan ketika kuliah, akan mendapatkan nilai plus ketika ia lulus dan mendafar kerja. Hal ini karena ia memiliki manajemen waktu yang baik untuk menyelesaikan studinya dan menjalankan usahanya.

Berbicara mengenai usaha, kira-kira apa saja si usaha yang cocok untuk mahasiswa? Berikut ulasan lengkapnya.

1.    Les Privat
Seorang mahasiswa dapat menjadi pengajar privat untuk anak-anak SD, SMP, ataupun SMA. Kamu bisa memulainya dengan membuka jasa les privat atau ikut dengan lembaga yang membuka jasa les privat.

Selain dapat menyalurkan ilmu yang telah diperoleh, kamu juga mendapatkan uang yang bisa ditabung.

2.    Penerjemah
Usaha ini sangat cocok untuk kamu yang mahir berbahasa asing. Jasa penerjemah sekarang ini masih sangat popular loh. Bahkan di web-web manga juga membuka lowongan untuk penerjemah. Tentunya usaha ini tidak akan menyita waktumu karena kamu dapat mengerjakannya kapanpun dan dimanapun.

3.    Freelance Writer
Mahasiswa sangat identic dengan literasi, nah usaha ini pasti akan sangat-sangat cocok. Jasa penulisan sekarang ini terus dibutuhkan loh. Bahkan ada orang yang menjual jasa artikel di grup-grup blogger dan hasilnya juga sangat lumayan.

Selain itu, kamu juga bisa mendaftar menjadi content creator di sebuah perusahaan. Banyak sekali perusahaan yang membuthkan jasa content writer dan copy writing.

4.    Desain Grafis
Kemampuan desain grafis rasa-rasanya tidak dimiliki oleh semua orang. Oleh karena itu jika kamu memiliki skill desain grafis yang mumpuni, jangan sia-siakan skillmu itu. Desain grafis saat ini terus dibutuhkan seiring dengan berkembangnya teknologi. Jadi jika kamu ingin terjun ke dunia desain grafis, lakukan dari sekarang.

5.    Artwork
Jika kamu memiliki kelebihan di bidang seni, usaha ini akan sangat cocok untukmu nih. Kamu dapat menjual karya seni atau juga membuka jasa lukis wajah dan lukis dinding. Harga jual karya seni juga terbilang tinggi, yang terpenting jika kamu menekuni bidang ini haruslah selalu bersabar dan terus sbelajar mengupgrade skill.

6.    Admin Somed
Perkembangan media sosial saat ini yang begitu pesat, membuat semua orang memanfaatkan medsos untuk usaha mereka. Tak jarang pengusaha juga membuthkan orang untuk mengelola agar jualannya terus melejit. Nah, kamu dapat mencoba untuk menjadi admin sosmed nih, tentunya sangat tidak menyita waktu kuliahmu karena dapat dilaksanakan dengan remote.

7.    Reseller
Pengin jualan tapi tidak punya produk? Coba untuk menjadi reseller saja, kamu tidak harus memiliki produk di tangan. Produk bisa kamu dapatkan di took online seperti shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya. Pemasaran juga dapat dilakukan di marketplace atau melalui sosmed.

8.    Membangun Toko Online
Setelah usaha reseller mu berjalan, maka selanjutnya adalah membangun sebuah toko online. Membangun toko online ini mirip-mirip seperti branding, karena jika usaha reseller berjalan lancer, tomatis nama kita akan jadi terkenal juga. Sehingga Ketika membuat toko online diharapkan dapat menjangkau customer lebih luas

9.    Afiliasi
Afiliasi merupakan bentuk kerjasama antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri. Tugas utama kita yakni memasarkan produk dan menjual produk yang harganya sama dengan Lembaga / perusahaan yang bekerjasama. Missal, perusahaan X menjual buku seharga 5000, maka Ketika kita bergabung menjadi affiliet kita memasarkan dan mejual buku tersebut dengan harga sama, yakni 5000. Masih mirip dengan reseller, hanya saja pada program Afiliasi ini kamu mendapatkan komisi setiap produk yang berhasil dijual.

10.    Trading
Saat ini anak muda dari kalangan manapun mencoba peruntungan dengan trading. Memang sangat menggiurkan, karena dalam sekejap uang kita bisa berlipat ganda. Namun kalian harus hati-hati karena jika tidak, uang kalianlah yang akan habis dan modal tidak akan balik lagi.

Nah demikian pembahasan kita mengenai usaha yang cocok untuk mahasiswa. Bagaimana? Sudah ada gambaran akan membuka / memulai usaha apa? Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua ya. 

Oh iya, setiap usaha pasti ada ilmunya. Jangan sungkan untuk terus belajar dan menambah ilmu agar usaha yang sedang digeluti lancar. Terima kasih telah membaca hingga selesai dan jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar ya.

Post a Comment for "Modal Kecil Cuan Banyak! Ini Dia Usaha yang Cocok Untuk Mahasiswa yang Wajib Kamu Tahu"