Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut

Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut Jaring-jaring makanan. Jaring-jaring makanan ini sangat selalu terkait satu sama lain, sehingga setiap makhluk hidup tidak dapat dipisahkan. Sebelum kita membahas jaring-jaring makanan, terlebih dahulu kita cari tahu tentang rantai makanan.

Rantai makanan ialah momen mangsa dan dimangsa di antara makhluk hidup dengan posisi tertentu. Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperanan sebagai produsen, customer, dan dekomposer. Berikut contoh sebuah rantai makanan. Pada rantai makanan itu terjadi proses makan dan dikonsumsi dalam posisi tertentu yakni rumput dikonsumsi belalang, belalang dikonsumsi katak, katak dikonsumsi ular apabila ular mati akan dirinci oleh jamur yang berperanan sebagai dekomposer jadi zat hara yang bakal digunakan oleh tumbuhan untuk berkembang dan tumbuh. Setiap tingkat dari rantai makanan pada suatu ekosistem disebutkan tingkat trofik. 

Di tingkat trofik pertama ialah organisme yang sanggup hasilkan zat makanan sendiri yakni tumbuhan hijau atau organisme autotrof dalam kata lain kerap disebutkan produsen. Organisme yang menempati tingkat tropik ke-2 disebutkan customer primer (customer I). Customer I umumnya ditempati oleh hewan herbivora. Organisme yang menempati tingkat tropik ke-3 disebutkan customer sekunder (Customer II), ditempati oleh hewan pemakan daging (carnivora) dan selanjutnya. Organisme yang menempati tingkat tropik paling tinggi disebutkan customer pucuk. 

Dengan begitu, pada rantai makanan itu bisa diterangkan jika : 
1. Rumput bertindak selaku produsen. 
2. Belalang sebagai customer I (Herbivora) 
3. Katak sebagai customer II (Carnivora) 
4. Ular sebagai customer III/customer pucuk (Carnivora) 
5. Jamur sebagai dekomposer. 

Rantai makanan sebagai gambar kejadian makan dan dikonsumsi yang simpel. Realitanya pada sebuah ekosistem bukan hanya ada satu rantai makanan, karena satu produsen tidak selamanya jadi sumber makanan untuk satu tipe herbivora, kebalikannya satu tipe herbivora tidak selamanya mengonsumsi satu tipe produsen. Dengan begitu, dalam ekosistem ada rantai makanan yang sama-sama terkait membuat satu jaring-jaring makanan. Jadi apa jaring-jaring makanan itu?  Jaring-jaring makanan sebagai beberapa kumpulan rantai makanan yang sama-sama terkait. 

Lihat contoh jaring-jaring makanan berikut! 
Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut
Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut
Bisakah kalian tentukan ada berapakah rantai makanan penyusun jaring-jaring makanan itu? Betul sekali, ada 18 rantai makanan. Untuk dapat tentukan berapakah jumlah rantai makanan penyusun jaring-jaring makanan, kalian harus tuliskan posisinya satu demi satu dengan cermat.

Jadi bagaimana? kalian sudah tahu bukan tentang jaring-jaring makanan. Ternyata Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut jaring-jaring makanan. Oke semoga artikel kali ini dapat berguna untuk kalian semua ya. 

Post a Comment for "Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut"