Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah

Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah

Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah
urutan takson
Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau khususnya pelajaran biologi sering kali menggunakan kata taksonomi. Makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan yang berada di dunia mempunyai kelas pengelompokan yang didasari hierarki (takson) yang paling tinggi sampai yang paling bawah dengan makna detail.

Istilah taksonomi pertama kalinya dikenalkan oleh Carl von Linne, Swedia. Menurut dia, ada 7 hierarki (takson) yang paling tinggi sampai paling rendah untuk mengategorikan makhluk hidup. Berikut Urutan Takson yang Paling Pas untuk Hewan dan Tumbuhan.

- Kingdom/Kerajaan
- Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Sektor untuk tumbuhan
- Classis/Kelas,
- Ordo/Bangsa,
- Familia/Keluarga/Suku,
- Genus/Marga,
- Species/ Tipe/ jenis.

peranan pengelompokan taksonomi makhluk hidup ialah untuk memudahkan mengategorikan hierarki tiap objek yang didalami. Dengan begitu, semakin memudahkan untuk pahami dan mengenali spesies hewan dan tumbuhan di dunia ini yang jumlahnya sangat banyak dan bervariatif.
Dengan mengenali makhluk hidup berdasar Urutan Takson yang Paling Pas untuk Hewan dan Tumbuhan sebagai ilmu dan pengetahuan, tiap makhluk hidup gampang diketahui dan kategorisasi.

Sama seperti yang telah diterangkan barusan, kelas dari yang paling tinggi sampai paling rendah takson hewan dan tumbuhan ialah Kingdom / Kerajaan, Phylum/Filum untuk hewan, Divisio/Seksi untuk tumbuhan, Classis/ Kelas, Ordo/ Bangsa, Familia/ Keluarga/Suku, Genus/Marga, dan Species/Tipe.

Kingdom (Kerajaan) atau Dunia (Regnum)
Kingdom (Kerajaan) atau dapat dikenal dengan Dunia (Regnum) merupakan hierarki yang tertinggi sebagai kelas hewan dan beberapa tumbuhan. Pengelompokkan spesies yang terhitung golongan takson ini sebagai golongan yang terdiri dari beberapa pengolongan.

Misalkan pada hewan dikenali dengan Animalia, beberapa tumbuhan dikenali dengan Kingdom Plantae.
Phylum/Filum untuk hewan, atau Seksio/Seksi untuk tumbuhan
Hierarki taksonomi yang ke-2 ialah Phylum/Filum untuk hewan dan Seksio/Seksi untuk tumbuhan.
Pembagian hewan dan tumbuhan yang ada dalam Kingdom atau Regnum memakai ciri-ciri dan tanda khusus plus tambahan -phyta diakhir nama mereka.
Misalkan Spermatophyta yang mengisyaratkan sebagai tumbuhan berbiji, Ptheridophyta mengisyaratkan sebagai tumbuhan paku, dan Bryophyta mengisyaratkan tumbuhan lumut.

Classis/Kelas
Urutan takson ketiga untuk hewan dan tumbuhan ialah Classis/Kelas. Misalkan Sektor Bryophyta dipisah dalam kelompok-kelompok berlainan, seperti lumut daun, lumut hati dan lain-lain.

Ordo/Bangsa
Posisi taksonomi keempat yang lebih rendah dari Classis ialah Ordo. Pengelompokan hewan dan tumbuhan umumnya memakai ciri-ciri dan tanda khusus pada tambahan -ales. Misalkan kelas Dicotylesonease dengan Ordo Solanales, kelas Dicotylesonease dengan Ordo Solanales.

Familia/Keluarga/Suku

Posisi takson kelima yang lebih rendah ialah Kerabata, keluarga, atau suku. Untuk mengenal hewan atau tumbuhan yang masuk barisan familia tertentu, memakai kata tambahan -aceae. Misalkan Asterceae dan Graminae.

Genus/Marga dan Species/Tipe.
Spesies atau tipe ialah jenjang terendah dalam hierarki posisi takson yang terbaik untuk hewan dan tumbuhan.

Demikian uraian singkat kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua ya. Terima kasih telah datang dan membaca hingga tuntas.

Post a Comment for " Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah"