Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Amalan Sunnah Puasa Ramadhan

Amalan Sunnah Puasa Ramadhan

Jafarull.com - Puasa Ramadhan 2021 / 1442 H masih diwarnai dengan pandemi covid 19. Memang puasa kali ini akan terasa sedikit sama dengan tahun 2020 lalu, dimana kita harus tetap menjelankan protokol kesehatan guna mengurangi penyebaran covid 19.

Meski demikian, Bulan puasa menjadi bulan penih berkah untuk semuanya. Dunia kuliner akan terbantu karena kebanyakan masyarakat akan banyak berbelanja untuk kebutuhan berbuka dan sahur. Selain itu, untuk umat islam yang menjalankan juga akan terlimpah keberkahan dan karunia yang amat besar.

Amalan Sunnah Puasa Ramadhan
Amalan Sunnah Puasa Ramadhan

Jika kita mengerjakan suatu amalan yang baik, maka akan dilipatgandakan pada bulan tersebut. Jika kita mengerjakan ibadah sunnah, maka pahalanya diganjar pahala ibadah wajib. Sedangkan jika kita melakukan ibadah wajib, maka ganjarannya dilipatgandakan.

Pada bulan ramadhan, sering kita memperbanyak ibadah dan rajin menjalankan ibadah sunnah. Dengan demikian maka keimanan dan ketakwaan kita akan meningkat. Hal ini juga sangat dianjurkan oleh rasul, yang memerintahkan untuk memperbanyak amalan-amalan di bulan ramadhan. Lalu kira kira apa saja si Amalan Sunnah Puasa Ramadhan?

12 Amalan Sunnah Puasa Ramadhan Yang wajib kita ketahui

1.    Membaca Al-Qur'an

Al-qur'an sebagai kitab petunjuk bagi umat islam memberikan banyak sekali manfaat dan keistimewaan. Memegang dan mendengarkannya saja sudah menjadi nilai ibadah, apalagi jika kita membacanya. Jika kita membacanya di Bulan ramadhan tentu akan melipat gandakan pahala yang diperoleh. 

Membaca Al-quran sangat dianjurkan oleh nabi, seperti pada hadist berikut ini.

"Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya. (H.R. Bukhari No. 3220)

2.    Makan Sahur

Makan sahur dilakuakn ketika seperempat malam hingga waktu imsak datang. Orang yang berpuasa dianjurkan makan sahur agar kuat menjalani hari. Orang yang makan sahur tentu akan lebih fresh dan terhidar dari penyakit karena nutrisi tubuh tercukupi. Hadist tentang anjuran makan sahur yakni sebagai berikut.

"Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah 'Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur. (HR. Ahmad dari Dari Abu Sa'id Al Khudri radhiallahu 'anhu)

3.    Bersedekah

Bersedekah dapat menghindarkan kita dari mara bahaya yang datang. Sebagai seorang muslim, kita juga diperintahkan untuk bersedekah. Apalagi jika dilakukan ketika bulan ramadhan, wah pasti akan juah lebih bermanfaat dan mendapatkan pahala yang berlimpah. Bersedekah juga dicontohkan langsung oleh nabi, seperti pada hadist berikut ini.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan dia bertadarus Al Quran bersamanya. Maka, Rasulullah benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus." (HR. Bukhari No. 3220)

4.    Memberi Makan Kepada Mereka yang Berpuasa

Tujuan puasa sendiri agar kita bisa tahu bagaimana rasanya kelaparan dan kehausan bak orang yang tak mampu membeli makanan. Untuk itu, jika kita memiliki harta lebih, maka coba sisihkan untuk memberi makan orang yang berpuasa. Hal ini tentu diajarkan oleh Nabi dalam hadistnya sebagai berikut.

"Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu. (HR. At Tirmidzi No. 807, Ahmad No. 21676, An Nasai dalam As Sunan Al Kubra No. 3332, Al Baihaqi dalam Syuabul Iman No. 3952).

5.    Menyegerakan untuk berbuka

Ketika sudah memasuki waktu berbuka, alangkah baiknya jika kita segera berbuka kemudian shalat mahrib. Menyegerakan berbuka bukan berarti kita rakus atau nafsuan, tetapi untuk membatalkan puasa yang sunnahnya segera berbuka. Seperti perintah nabi sebagai berikut.

"Para sahabat Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya". (HR. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 7916. Al Faryabi dalam Ash Shiyam No. 52. Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf No. 9025)

6.    Banyak-banyak Berdoa

Berapa banyak kamu berdoa dalam sehari? hemm, ketika bulan ramadhan nanti baiknya perbanyak berdoa ya. Karena bulan ramadhan merupakan bulan ampunan dan doa setiap makhluk diijabah oleh Allah SWT. Apa dalilnya? simak di bawah ini.

"Ada tiga manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: (1) Doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka (2). Pemimpin yang adil (3) Doa orang teraniaya". (HR. At Tirmidzi No. 2526, 3598, Ibnu Hibban No. 7387. ishahihkan oleh Imam Al Baihaqi).

7.    I'tikaf di masjid

I'tikaf yakni berdiam diri di masjid, biasanya diisi dengan dzikir dan shalawat. Menjalankan I'tikaf merupakan perbuatan sunnah yang perlu kita lakukan. Seperti pada hadist berikut ini.

"Bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam beri'tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sampai beliau diwafatkan Allah, kemudian istri-istrinya pun iktikaf setelah itu". (HR. Bukhari, No. 2026, Muslim No. 1171, Abu Daud No. 2462. Ahmad No. 24613, dan lainnya)

8.    Shalat Tarawih

Shalat tarawih sangat identik dengan bulan ramadhan. Shalat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid. Walapun boleh dilakukan sendiri di rumah. Akan tetapi melaksanakan solat tarawih sendiri pasti akan ngantuk ya. Maka dari itu, lakukanlah secara berjamaah di masjid.

9.    Shalat Malam sebelum sahur

Jika kalian bangun sahur pukul 03:00 pagi, sebaiknya coba shalat tahajud terlebih dahulu sebelum sahur. Hal ini untuk meningkatkan iman dan takwa setra memadangkan hati kita.

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu. (HR. Bukhari No. 37, Muslim No. 759)

10.    Umrah

Ibadah yang satu ini memang tidak dapat dilakukan oleh semua oang, karena membutuhkan biaya yang amat besar. Oleh karena itu, jika kalian mampu silakan untuk mengerjakan ibadah umrah di tanah suci. Melaksanakannya tentu akan mendapat berlipat-lipat kebaikan dan keberkahan.

"Sesungguhnya umrah ketika bulan Ramadhan sama dengan menunaikan haji atau haji bersamaku." (HR. Bukhari No. 1863, Muslim No. 1256)

11.    Menjauhi Perbuatan dosa

Godaan di bulan puasa memang sangat besar. Kita diharuskan untuk menahan nafsu dan menjauhi dosa-dosa. 

"Betapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar saja. (HR. Ahmad No. 9685, Ibnu Majah No. 1690, Ad Darimi No. 2720)

12.    Istiqomah mengamalkan sunnah

Orang yang beruntung yakni orang yang mampu istiqomah dalam hidupnya. Mulai sekarang kita harus lebih istiqomah dengan ibadah-ibadah yang kita lakukan, meski ibadah tersebut berupa perbuatan kecil, tapi akan sangat bernilai di mata Allah jika kita istiqomah.

Nah demikianlah ulasan singkat tentang Amalan Sunnah Puasa Ramadhan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah di bulan ramadhan dengan lancar.

Post a Comment for "Amalan Sunnah Puasa Ramadhan"